9 hasil serap aspirasi pada komunitas sekolah di Kecamatan Woha dan Bolo

Perkumpulan SOLUD bersama YAPPIKA Action Aid melalui program Pro-InQlued menyelenggarakan Dialog Kebijakan bertema “Serap Aspirasi Pendidikan II Kabupaten Bima”. Dialog kebijakan ini diselenggarakan pada 9 Maret 2021 di Saung Bambu Desa Penapali Kecamatan Woha. Kegiatan yang didanai oleh Uni Eropa tersebut menghadirkan berbagai pihak mulai dari DPRD hingga komunitas sekolah. Pertemuan ini dihadiri oleh Bapak Ilham Yusuf, SH dari Fraksi PKS selaku Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bima, Camat Bolo, Camat Woha, UPTD Dikbudpora Kecamatan Bolo dan Kecamatan Woha, Koordinator Pengawas UPT Kecamatan Bolo dan Woha, 5 Kepala Desa, 5 Kepala Sekolah, komunitas sekolah dari 5 sekolah dampingan Pro-InQlued dilingkungan Kecamatan Woha dan Bolo, Tim Pro-InQlued SOLUD serta media.

Pada dialog kebijakan ini telah didiskusi berbagai isu mulai dari pembahasan IPM, dapodik, pendidikan karakter, anggaran, infrastruktur, hingga persoalan anak kebutuhan khusus. Redaksi Berlian Post telah merangkum beberapa poin penting yang dibahas pada pertemuan ini:

 

  1. Indeks Pembangunan Manusia masih rendah
  2. Data dapodik yang masih kurang valid
  3. Pendidikan karakter harus dijadikan sasaran pendidikan
  4. Anggaran dan orientasi pendidikan dinilai tidak fokus
  5. Kesejahteraan guru honorer sangat memprihatinkan
  6. Basis Data tidak update
  7. Infrastruktur fisik sekolah kurang memadai
  8. Pendidikan inklusif perlu diperkuat di sekolah umum
  9. Pemilihan kepala sekolah seharusnya berbasis kompetensi

Aspirasi yang disampaikan pada dialog kebijakan pada komunitas sekolah di Kecamatan Bolo dan Woha ini telah diserap oleh Komisi IV DPRD Kabupaten Bima. Ketua Komisi IV, Bapak Ilham bersedia menyampaikan aspirasi komunitas sekolah ini kepada DPRD dan instansi pemerintah terkait. Dengan serap aspirasi yang diterima langsung oleh komisi IV ini diharapkan agar dapat ditindak lanjuti serta membawa perbaikan pada pendidikan di Kabupaten Bima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top