Dialog Inovasi Pertanian Bareng SOLUD, Warga Pandai Kecamatan Woha keluhkan pengairan

Perkumpulan SOLUD mengadakan dialog pengembangan inovasi pertanian di desa Pandai Kecamatan Woha. Acara ini mengambil tajuk “petani makmur desa aman”. Dialog yang dimulai pukul 10 tersebut berlangsung kurang lebih selama 1 jam di Sampela Kahawa. Peserta kegiatan berasal dari berbagai kalangan seperti kelompok petani, kelompok pemuda, kelompok perempuan dan dari pemerintah desa. Dalam dialog yang diselenggarakan SOLUD ini dijaring aspirasi dari masyarakat setempat.

Masyarakat menyuarakan kondisi pengairan sebagai masalah utama petani di desa Pandai. Petani desa pandai kesulitan mengairi lahan pertanian mereka. Aliran air dari bendungan sudah tidak sampai ke lahan di desa pandai karena adanya perbedaan ketinggian tanah sehinga tidak dapat mengalir. Melakukan bor air pun kini tetap tidak mudah mendapatkan air untuk pengairan lahan.

Salah seorang warga bernama Said menuturkan bahwa di desa pandai pernah mendapatkan bantuan pompa air dari Kanada. Pom air tersebut mampu menarik air dalam volume besar. Namun penggunaan pompa air ini menyebabkan air sumur dan sumber mata air lainnya mengering. Kini pompa air tersebut sudah tidak digunakan lagi.

Adanya masalah kekurangan air menyebabkan munculnya berbagai permasalahan. Diantaranya menyebabkan petani padi hanya dapat mengandalkan air hujan dan panen satu kali dalam setahun. Untuk mengisi kekosongan waktu tanam padi tersebut, petani memilih untuk menanam jagung atau melakukan ngoho. Ngoho merupakan aktivitas membabat hutan untuk membuka lahan pertanian. Aktivitas ngoho ini menyebabkan hutan menjadi gundul.

Masyarakat berharap agar ada pengairan pertanian yang sampai ke desa Pandai. Hal itu akan membuat masyarakat bisa menanam padi 2 sampai 3 kali setahun atau dapat diselingi dengan tanaman palawija. Diakhir diskusi warga petani menyampaikan harapan agar mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top