Kemen Komimfo Adakan Sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital

Kemen Komimfo Adakan Sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika mengadakan Sosialisasi Gerakan Literasi Digital Nasional selama Bulan Juni secara daring pada 10 kabupaten/kota Se-NTB dalam 44 kali virtual mulai Senin (7/6) sampai dengan Rabu (30/6).
Pada sesi pembukaan, Presiden RI H. Joko Widodo juga turut memberikan sambutan secara daring dalam kegiatan gerakan literasi digital nasional ini.
Bupati Bima yang diwaki Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima Fahrurahman SE, M.Si mengatakan, “penggunaan internet dan ruang digital yang kian massif dan menjangkau hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat memiliki sisi positif dan sisi negatif tidak hanya memberikan manfaat bagi penggunanya, namun juga membuka peluang terhadap beragam persoalan.
“Kurangnya kecakapan digital dalam menggunakan perangkat teknologi informatika dan lemahnya pemahaman akan pentingnya budaya digital berpotensi menciptakan ruang digital yang tidak memberikan kenyamanan karena terdapat banyak konten negatif”.
Oleh karena itu lanjutnya, “sosialisasi Gerakan Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi wahana yang amat penting. Sebab, melalui literasi digital ini seluruh elemen masyarakat akan memiliki kemampuan yang luar biasa untuk berpikir, belajar, berkomunikasi, bekerja sama, serta berkarya”. Urainya.
Webinar Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 mengangkat tema Indonesia Makin Cakap Digital yang dipandu Jhoni Chandra ini menghadirkan beberapa Key Opinion Leader Aflya Fisca Alycia dan empat narasumber yaitu Josephine Brightnessa (Marketing Manager Digital Apps Transportation), Richy Hendra (Senior Security Consultant PT. Maxplus).
Narasumber lainnya, Hj Rostiati Dahlan S.Pd (Ketua TP. PKK Kabupaten Bima/ Ketua Dekranasda) yang memaparkan Tantangan & Solusi Lokal Brand untuk Bersaing Di Pasar Digital dan Suryadin SS. M.Si (Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Diseminasi Informasi Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bima) yang menyajikan topik “Bijak Sebelum Mengunggah di Media sosial)
Sebanyak 4 pilar mencakup keterampilan digital, etika digital, budaya digital dan keamanan digital dengan total 27 topik pembahasan dalam sosialisasi ini.
(Tim Komunikasi Publik Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top