Teori Perusahaan

Teori perusahaan menjadi salah satu pembahasan penting didalam ekonomi industri. Pada dasarnya ekonomi industri akan membahas perilaku dari pada perusahaan. Pada pembahasan teori perusahaan ini akan diulang tentang pengertian perusahaan, tujuan perusahaan dan kendala dalam operasional perusahaan.

 

Pengertian Perusahaan

Pengertian perusahaan adalah organisasi yang mengkombinasikan dan mengorganisasikan sumber daya untuk keperluan produksi barang dan jasa penjualan. (Salvatore, 2004). Dari pengertian perusahaan tersebut dapat diperoleh gambaran bahwa pada dasarnya perusahaan akan memanfaatkan/menggunakan sumber daya yang dimiliki baik itu berupa sumber daya manusia, modal, teknologi dan lainnya untuk melakukan kegiatan memproduksi barang dan jasa.

Terdapat beberapa alasan eksistensi perusahaan Menurut Kantarelis (2007):

  1. Perusahaan mampu mengidentifkasi adanya kebutuhan konsumen dan membangun atau menemukan metode untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan mampu mengidentifikasi kebutuhan konsumen, perusahaan dapat menemukan celah peluang pasar. Pada dasarnya keberadaan perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
  2. Perusahaan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam mengakses input sehinggga mampu berproduksi dengan biaya minimal
  3. Perusahaan menyediakan isentif yang terbaik bagi para stake holders-nya
  4. Perusahaan, secara konsisten dan terencana berupayaa mengembangkan diri dengan menciptakan keunggulan stratejik, operasional, dan kompetitif.

 

Tujuan Perusahaan

1.Maksimalisasi Laba

Pada banyak teori ekonomi yang umum dijumpai menyatakan bahwa tujuan perusahaan adalah untuk memaksimalkan laba. Ketika mempelajari teori ekonomi mikro, kita dapat menjumpai bahwa pada teori perilaku perusahaan menunjukkan perusahaan dalam menjalankan aktivitas produksinya dimotori oleh dorongan untuk memperoleh laba maksimal.

2.Maksimalisasi Penjualan

Maksimalisasi penjualan menjadi pilihan lain tujuan perusahaan selian maksimalisasi laba. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak selalu pilihan yang diambil oleh perusahaan hanya maksimalisasi laba. Terkadang tujuan yang dikejar oleh perusahaan yaitu memaksimalisasi penjualan. Para pemegang kekuasaan diperusahaan terpacu untuk mencari penjualan yang tertinggi. Mengejar penjualan yang tertinggi tidak selalu selaras dengan keuntungan maksimal. Tujuan perusahaan untuk maksimalisasi penjualan bisa saja menjadi tujuan yang diinginkan untuk memperbesar pasar yang mereka miliki. Dengan demikian, pada teori perusahaan ini kita dapat melihat bahwa pada dunia kenyataan, tujuan yang ingin dicapai perusahaan tidak selamanya maksimalisasi laba seperti yang sering dipelajari pada ekonomi mikro.

3.Maksimalisasi Pertumbuhan

4.Motivasi Manajerial

5.Tujuan Perusahaan Lainnya (Berbasis produksi, berbasis persediaan, penguasaan pasar)

 

Kendala dalam Operasi Perusahaan

Kendala perusahaan adalah sesuatu yang membatasi perusahaan untuk mencapai tujuannya.

1.Kendala Pasar

2.Kendala Sumber Daya

3.Kendala Bahan Baku

4.Kendala Pemasok

5.Kendala Finansial

6.Kendala Kompetensi

7.Kendala Kebijakan

 

Demikian pembahasan singkat tentang teori perusahaan, semoga bermanfaat.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply