Perekonomian 4 Sektor (Perekonomian terbuka)

Perekonomian 4 sektor adalah perekonomian yang terdiri atas empat pelaku (sektor) ekonomi. Pelaku ekonomi sendiri dapat dipahami sebagai individu atau lembaga yang terlibat dalam aktivitas ekonomi. Pelaku ekonomi dalam perekonomian 4 sektor melingkupi sektor perusahaan, rumah tangga, pemerintah dan internasional (luar negeri). Dalam ilmu ekonomi memandang bahwa keempat sektor/pelaku tersebut yang dipandang terlibat dalam aktivitas perekonomian.

Pada pembahasan perekonomian 4 sektor ini akan mengulas bagaimana hubungan interaksi diantara ke 4 pelaku ekonomi tersebut. Untuk dapat memahami interaksi antar pelaku ekonomi ini perlu melihat ilustrasi diagram pelaku ekonomi 4 sektor (circular flow diagram). Dari diagram tersebut akan tergambar hubungan interaksi diantara satu pelaku dengan pelaku lainnya. Selain itu, penjelasan lebih mendalam terkait interaksi antar pelaku ekonomi dalam pembahasan ini akan di detailkan dalam 2 bagian pembahasan. Pertama, hubungan interaksi antar pelaku ekonomi dalam perekonomian tertutup. Kedua, hubungan interaksi antar pelaku ekonomi dalam perekonomian terbuka.

 

Diagram Pelaku Ekonomi 4 Sektor (Circular Flow Diagram 4 Sektor)

Circular flow diagram dari pelaku ekonomi 4 sektor dapat digambarkan sebagai berikut:

Circular Flow Diagram Perekonomian 4 Sektor - perekonomian terbuka

Dalam circular flow diagram diatas terlihat interaksi pelaku ekonomi 4 sektor. Untuk interaksi antara rumah tangga, perusahaan dan pemerintah (3 sektor) dapat dikatakan sebagai interaksi dalam perekonomian tertutup. Sedangkan interaksi perekonomian dari 4 sektor (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan internasional) dapat disebut sebagai perekonomian terbuka.

Kami akan menjelaskan yang tergambar dalam diagram interaksi antar pelaku ekonomi secara detail dalam 2 bagian sub bagian. Pertama, mengenai perekonomian dalam negeri. Kedua, interaksi perekonomian dalam perekonomian terbuka.

Sebelum masuk ke penjelasan, yang perlu dipahami dari circular flow diagram diatas bahwa diagram pelaku ekonomi 4 sektor tersebut menggambarkan aliran pembayaran/pendapatan. Artinya tanda panah menunjukkan aliran uang dari satu pelaku ekonomi ke pelaku ekonomi lainnya. Terdapat 8 tanda panah yang menggambarkan hubungan diantara pelaku ekonomi. Contoh: tanda panah no 1 menggambarkan aliran uang/pembayaran dari sektor rumah tangga ke  perusahaan. Alasan aliran uang inilah yang dijelaskan pada bagian-bagian berikutnya.

 

Perekonomian 3 sektor dalam negeri (Perekonomian Tertutup)

 

Perekonomian dengan 3 pelaku ekonomi (rumah tangga, produsen, dan pemerintah) menggambarkan kondisi perekonomian didalam negeri. Bila diasumsikan bahwa dalam perekonomian tersebut tidak memiliki hubungan ekonomi dengan dunia internasional, maka perekonomian dengan 3 sektor ekonomi itu disebut perekonomian tertutup. Didalam perekonomian 4 sektor, ada 3 sektor ekonomi yang berinteraksi didalam negeri. Itulah alasan pembahasan bagian ini dikhususkan untuk interaksi perekonomian dalam negeri. Sedangkan interaksi dengan dunia internasional dikhususkan pada pembahasan sektor ke 4.

Interaksi antar sektor pada perekonomian dalam negeri terdapat 6 gambaran interaksi. Pada diagram pelaku ekonomi 4 sektor (circular flow diagram 4 sektor) diatas memperlihatkan garis no 1 hingga 6 merupakan interaksi ekonomi didalam negeri. Adapun interaksi pada garis 7 dan 8 merupakan aktivitas ekonomi dengan pelaku ekonomi ke 4 yaitu dunia internasional.

 

  1. Interaksi pelaku ekonomi rumah tangga – produsen

Sesuai dengan gambar panah no 1 bahwa terjadi aliran uang dari rumah tangga ke produsen. Pada posisi ini perusahaan menjual barang atau jasa yang mereka miliki di pasar barang atau jasa. Kedudukan rumah tangga yaitu sebagai konsumen (pembeli) barang barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan (produsen). Untuk membayar barang atau jasa yang dibeli tentu sektor rumah tangga akan menggunakan uang. Aktivitas ini menyebabkan uang beralih dari rumah tangga ke perusahaan.

 

  1. Interaksi pelaku ekonomi produsen – rumah tangga

Arah aliran no 2 dalam circular flow diagram diatas memperlihatkan adanya aliran uang/pembayaran dari sektor perusahaan ke sektor rumah tangga. Perusahaan (produsen) harus membayar kepada sektor rumah tangga karena sektor rumah tangga adalah penyedia faktor produksi. Perusahaan membutuhkan faktor produksi untuk dapat menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan harus membayar kepada sektor rumah tangga sebagai balas jasa karena sektor rumah tangga telah menyediakan faktor produksi untuk perusahaan.

Ada 4 jenis balas jasa yang diberikan perusahaan kepada sektor rumah tangga yaitu gaji dan upah, bunga, sewa, dan deviden. Balas jasa dar perusahaan ini akan menjadi sumber penghasilan bagi rumah tangga. Perusahaan akan membayarkan balas jasa berupa gaji dan upah untuk rumah tangga yang telah menjadi tenaga kerja (labor) diperusahaan. Dalam teori perilaku produsen akan tergambar keputusan perusahaan terkait penggunaan tenaga kerja sebagai input.

Sedangkan bunga akan dibayarkan perusahaan karena rumah tangga telah menyediakan faktor produksi berupa peminjaman modal (uang). Adapun sewa dibayarkan untuk persewaan (gedung, tanah, dll) yang diberikan rumah tangga. Yang terakhir yaitu deviden atau pembagian laba perusahaan. Deviden diperuntukkan bagi pemiliki perusahaan karena telah berani mengambil resiko untuk mendirikan bisnis atau perusahaan tersebut.

 

  1. Interaksi pelaku ekonomi pemerintah – rumah tangga

Garis panah ketiga menggambarkan aliran uang/pembayaran mengalir dari pemerintah kepada sektor rumah tangga. Ada 3 jenis aliran pembayaran (uang) yang mengalir dari sektor pemerintah kepada sektor rumah tangga yaitu gaji, bunga dan transfer. Gaji dibayarkan kepada rumah tangga yang bekerja sebagai pegawai pemerintah. Bunga dibayarkan sebagai balas jasa kepada sektor rumah tangga yang menyediakan pinjaman dana untuk pemerintah. Contohnya yaitu surat utang (obligasi) pemerintah. Sedangkan transfer atau subsidi yaitu bantuan yang diberikan pemerintah kepada rumah tangga.

 

  1. Interaksi pelaku ekonomi rumah tangga – pemerintah

Aktivitas perekonomian sebagaimana tergambar garis aliran no 4 bahwa uang mengalir dari sektor rumah tangga ke pemerintah. Interaksi ini dapat terjadi karena sektor rumah tangga memiliki kewajiban membayar pajak kepada pemerintah. Contoh sektor rumah tangga memiliki kewajiban membayar pajak penghasilan. Penghasilan didapatkan rumah tangga harus dibayarkan sehingga uang mengalir dari rumah tangga ke pemerintah.

 

  1. Interaksi pelaku ekonomi perusahaan – pemerintah

Interaksi ekonomi antara perusahaan dengan pemerintah tidak jauh berbeda dari interansi no 4 (rumah tangga ke pemerintah). Aliran uang dapat mengalir dari perusahaan ke pemerintah dalam bentuk pajak. Pajak yang dapat dikenakan pada perusahaan bermacam-macam semisalnya pajak penghasilan atau pajak bumi dan bangunan. Sehingga uang dari sektor perusahaan akan mengalir ke sektor pemerintah.

Pada diagram pelaku ekonomi 4 sektor (circular flow diagram 4 sektor) diatas sebenarnya hanya ilustrasi untuk menyederhanakan dan memudahkan pemahaman. Interaksi rumah tangga dengan pemerintah (garis no 4) dan perusahaan dengan pemerintah (garis no 5), dalam dunia nyata tidak hanya dalam bentuk pajak. Disebutkan pajak sebagai cara menyederhanakan pembahasan serta pajak adalah sumber pendapatan pemerintah terbesar. Aliran uang dari sektor rumah tangga dan perusahaan ke pemerintah dapat disebabkan karena pajak, retribusi, cukai, jasa/pelayanan atau lainnya. Untuk dapat memahami semua uang yang mengalir ke pemerintah perlu mempelajari sumber-sumber penerimaan negara.

 

  1. Interaksi pelaku ekonomi pemerintah – perusahaan

Aliran pembayaran sebagaimana ditunjukkan garis no 6 yaitu mengalir dari sektor pemerintah kepada sektor perusahaan. Aktivitas ini terjadi karena adanya interaksi pembelian barang atau jasa oleh pemerintah kepada perusahaan. Pemerintah didalam menjalankan aktivitas pemerintahan sehari-hari membutuhkan barang dan jasa dari perusahaan. Misalnya, di kantor pemerintah butuh printer, kertas, pulpen, pensil dan lainnya. Barang-barang tersebut tidak dapat dihasilkan sendiri oleh pemerintah. Barang-barang tersebut dihasilkan oleh perusahaan. Oleh sebab itu pemerintah harus membeli barang kepada perusahaan. Akhirnya uang mengalir dari sektor pemerintah kepada perusahaan.

Dari diagram pelaku ekonomi 4 sektor (circular flow diagram 4 sektor) kita dapat melihat ada dua aktivitas yang menyebabkan pemerintah melakukan pembayaran. Garis no 3 menggambarkan uang mengalir dari pemerintah ke sektor rumah tangga, dan garis no 6 menggambarkan uang mengalir dari pemerintah ke sektor perusahaan. Kedua aktivitas pada garis no 3 dan 6 sebenarnya secara riil dapat dipelajari lebih detail belanja pemerintah. Dari belanja pemerintah ini kita akan mengetahui uang dari pemerintah itu dibelanja untuk apa dan kepada siapa saja uang tersebut mengalir.

 

Perekonomian 4 Sektor: Perekonomian Terbuka

Perekonomian 4 sektor dikenal juga sebagai perekonomian terbuka. Pada perekonomian yang hanya ada 3 sektor menggambarkan perekonomian dalam negeri. Bila negara tersebut menutup diri dari perdagangan internasional disebut sebagai perekonomian tertutup (hanya ada 3 sektor). Bila perekonomian dalam negeri (3 sektor) ditambahkan lagi keterlibatan satu sektor lagi yaitu dunia internasional sehingga perekonomian tersebut menjadi perekonomian terbuka (perekonomian 4 sektor).

Interaksi antar pelaku ekonomi pada perekonomian 4 sektor ini mencakup interaksi antar pelaku ekonomi dalam negeri (3 sektor) ditambahkan dengan interaksi dengan dunia internasional. Interaksi dengan sektor ke 4 (dunia internasional) ini tergambar pada garis no 7 dan 8 dari diagram pelaku ekonomi 4 sektor (circular flow diagram 4 sektor).

 

  1. Interaksi pelaku ekonomi rumah tangga – luar negeri (internasional)

Pada garis no 7 tergambar interaksi rumah tangga dengan luar negeri berupa pembayaran impor. Bahasa penyederhanaan alurnya bahwa rumah tangga mengkonsumsi barang impor dari luar negeri. Barang impor tersebut harus dibayar oleh rumah tangga. Hal itu lah yang dilihat dari garis no 7 bahwa uang mengalir ke luar negeri sebagai pembayaran barang atau jasa impor.

 

  1. Interaksi pelaku ekonomi internasional – perusahaan

Interaksi yang tergambar pada garis no 8 bahwa adanya hubungan antara dunia internasional dengan perusahaan dalam negeri. Panah garis no 8 pada diagram pelaku ekonomi 4 sektor (circular flow diagram 4 sektor) menunjukkan adanya aliran uang masuk dari luar negeri kedalam perusahaan dalam negeri. Pada kondisi ini perusahaan dalam negeri menjual barangnya ke luar negeri atau melakukan ekspor. Pihak luar negeri selanjutnya melakukan pembayaran atas barang atau jasa yang diekspor perusahaan dalam negeri. Sehingga terjadi aliran uang dari sektor luar negeri kepada perusahaan dalam negeri.

 

PERSAMAAN PEREKONOMIAN 4 SEKTOR

Penjelasan diatas telah menguraikan bagaimana interaksi ekonomi diantara para pelaku ekonomi dalam perekonomian terbuka. Kita sudah memahami bagaimana interaksi yang terjadi diantara empat pelaku ekonomi. Penjelasan panjang diatas secara matematis dapat dibuatkan didalam bentuk persamaan perekonomian 4 sektor.

Secara matematis, persamaan perekonomian 4 sektor sebagai berikut:

Y = C + I + G + (X – M)

 

Keterangan

Y = Pendapatan Nasional. Pendapatan disini merujuk kepada jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh pelaku ekonomi dalam suatu Negara. Pada perhitungan pendapatan nasional dalam dunia nyata biasanya pendapatan nasional ini akan dihitung per tahun.

C = Konsumsi. Konsumsi disini merujuk kepada konsumsi yang dilakukan rumah tangga.

I = Investasi. Investasi dalam hal ini terkait dengan investasi yang dilakukan oleh perusahaan.

G = Belanja Pemerintah. Belanja pemerintah ini berkaitan pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah. Belanja yang dilakukan oleh pemerintah ini dapat dilakukan, karena pemerintah mendapatkan dana dari pajak yang diambil dari rumah tangga dan perusahaan.

X = Ekspor. Ekspor ini berkaitan dengan transaksi penjualan barang dan jasa keluar negeri

M = Impor. Impor berkaitan dengan transaksi pembelian barang dan jasa dari luar negeri.

2 Comments

Leave a Reply