Inovasi SIMAWAR terus berlanjut, bukti pemerintah serius upayakan perlindungan dan pemberdayaan perempuan

Sistem Informasi Warga atau yang dikenal dengan sebutan SIMAWAR merupakan aplikasi android yang dipergunakan sebagai sistem pelaksanaan pelayanan, perlindungan dan pemberdayaan perempuan. Aplikasi ini awalnya digunakan sebagai bentuk pelaporan, informasi dan data kasus kekerasan perempuan dan anak. Masyarakat dapat melaporkan kejadian kekerasan perempuan dan anak secara real time dan akan ditindaklanjuti oleh pihak terkait. Aplikasi SIMAWAR diperuntukkan bagi masyarakat pelapor dan juga pihak terkait (berwenang) dengan kasus tersebut seperti pihak kepolisian, aparat desa, UPT puskesmas, UPT DP3AP2KB, Dinas Sosial, Satgas PPA Desa, Perempuan Kepala Keluarga, dan lainnya.

SIMAWAR pada awalnya terdiri atas 6 (enam) menu. Keenam menu ini menggambarkan peran dan layanan yang tersedia pada aplikasi SIMAWAR. Menu SIMAWAR terdiri atas Laporan “Kasus Perempuan”; Laporan “Kasus Anak”; Informasi “Usaha Perempuan”; Informasi & data “Difabel”; Informasi & data “Aktifitas Perempuan”; Pendaftaran “Perempuan Inspirasi”.

SIMAWAR telah mengharumkan nama Kabupaten Bima karena berhasil meraih penghargaan top inovasi ditingkat nasional pada tahun 2019. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas upaya keras pemerintah daerah dalam perbaikan pelayanan kepada masyarakat dibidang penangan kekerasan perempuan dan anak.

SIMAWAR yang terlahir sebagai bentuk inovasi tidak akan berhentuk untuk melakukan terobosan. Kini aplikasi SIMAWAR telah diluncurkan versi 2 pada tahun 2020 lalu. SIMAWAR 2.0 merupakan pengembangan sekaligus perbaikan dengan menu dan layanan yang lebih lengkap. Pada SIMAWAR 2.0 tersedia 12 menu yang terdiri atas 6 menu sebagaimana versi sebelumnya, ditambah 6 menu baru berupa menu permintaan KB, Laporan TKI/TKW, Laporan Stunting, Aspirasi Warga, Survey Publik, dan Emergency Call. Selain 12 menu tersbut, SIMAWAR 2.0 juga dilengkapi menu self check up COVID-19 guna mendukung program pencegahan pandemik.

Pemerintah kabupaten Bima berkomitmen kuat mendorong perlindungan dan pemberdayaan perempuan. Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan masyarakat. Berkat inspirasi dari aplikasi SIMAWAR, kini pemerintah telah meluncurkan inovasi KUPU_KUPU. Inovasi KUPU_KUPU merupakan pengembangan dari SIMAWAR yang utamanya ditujukan untuk menunjang ekonomi masyarakat. Inovas tiada henti pada pelayanan public ini menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam mengupayakan perlindungan dan kesejahteraan perempuan di Kabupaten Bima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top