Cara cari jurnal dengan mudah melalui google scholar

Kesulitan cari jurnal? Ada loh cara cari jurnal dengan mudah melalui google scholar. Dengan memanfaatkan layanan google scholar, kalian bisa menikmati mencari jurnal semudah “googling” tulisan. Penasaran dengan apa itu google scholar dan bagaimana cara cari jurnal dengan mudah? Yuk simak tulisan ini.

 

Apa itu Google Scholar?

Google scholar adalah layanan yang dimiliki oleh perusahaan google yang dapat dipergunakan untuk mencari berbagai materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Dalam bahasa Indonesia, google scholar ini disebut juga dengan istilah google cendekia. Dengan Google scholar dapat melakukan pencarian untuk jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah. Bentuk publikasi ilmiah ini dapat berupa makalah peer-reviewed, tesis, buku, abstrak, dan artikel/jurnal.

Publikasi ilmiah ini dapat berasal dari penerbit akademis, komunitas profesional, pusat data pracetak, universitas, dan organisasi akademis lainnya. Format publikasi ilmiah yang dapat terindeks di google scholar seperti file pdf maupun halaman website buku ataupun halaman berisi publikasi ilmiah.

Mantap kan layanan google scholar? Ini cocok banget untuk teman-teman yang mencari sedang mencari artikel jurnal yang berupa file pdf. Dan bukan hanya jurnal saja yang bisa didapatkan melalui google scholar, jika beruntung, teman-teman juga dapat mendapatkan publikasi seperti makalah dan buku yang tersedia online. Layanan google scholar ini sangat cocok sekali untuk keperluan teman-teman yang sedang menulis proposal penelitian, skripsi, tesis, disertasi bahkan jurnal ilmiah.

Layanan google scholar ini dapat teman-teman manfaatkan secara gratis dan tentunya mudah dipergunakan. Untuk dapat menggunakan google scholar, teman-teman cukup mengunjungi URL berikut:

https://scholar.google.com/

https://scholar.google.co.id/

 

Baca juga: Ada loh, software yang memudahkan pengerjaan skripsi

 

Cara cari jurnal dengan mudah melaui google scholar

Untuk cara cari jurnal dengan mudah melaui google scholar, ikuti langkah-langkah berikut:

 

Langkah 1: Kunjungi halaman https://scholar.google.com/ atau https://scholar.google.co.id/

Tampilan halaman google scholar akan tampak seperti pada gambar 1 berikut

 

Langkah 2: Tuliskan kata kunci pencarian pada kotak pencarian yang tersedia.

Pada contoh tulisan ini, kami mencari dengan kata kunci “economics”. Tampilan hasil pencarian google scholar dapat dilihat pada gambar 2 diatas. Hasil pencarian paling relevan akan selalu muncul pada halaman pertama. Cara kerjanya sama persis dengan ketika teman-teman googling bukan?

Pada hasil pencarian diatas, terdapat beberapa bagian yang perlu diperhatikan untuk memudahkan teman-teman didalam mencari jurnal untuk pembuatan skripsi. Perhatikanlah beberap gambar kotak yang diberi warna diatas.

KOTAK MERAH, Pada bagian tersebut teman-teman dapat mengatur waktu publikasi yang dicari. Pernah gak sih, teman-teman di minta dosen untuk mencari jurnal yang diterbitkan 5 tahun terakhir? Nah, pada menu yang diberi tanda merah ini dapat dilakukan pengaturan waktu terbitan yang dicari. Arti dari beberapa menu yang ada:

  • Any time = mencari semua referensi yang ada, tanpa ada batasan waktu.
  • Since 2021= mencari jurnal yang terbit tahun 2021 hingga tahun terkini
  • Since 2020= mencari jurnal yang terbit sejak 2020 hingga sekarang
  • Since 2017= mencari publikasi yang terbit sejak 2017 hingga waktu sekarang. Pada saat gambar di capture, since 2017 ini menunjukkan 5 tahun terakhir.
  • Custom range= waktu terbitan publikasi dipilih sesuai keinginan. Terdapat 2 kotak yang diisi, yang di kiri untuk menuliskan awal tahun terbitan yang dicari, sedangkan yang kanan diisi tahun akhir terbitan yang dicari

KOTAK HIJAU, Pada kotak hijau ini sebenarnya kita ingin melihat lebih jauh keterangan dari hasil pencarian yang ada. Pada contoh yang diberi warna hijau ini, hasil pencarian yang ditampilkan adalah berupa buku. Hal ini terlihat pada keterangan hasil pencarian terdapat tulisan [book]. Namun, terkadang hasil pencarian berupa buku ini, terkadang tidak bisa di download :). Dengan adanya keterangan seperti ini, memudahkan teman-teman mengidentifikasi mana yang sesuai kebutuhan pencarian teman-teman.

KOTAK KUNING, Pada kotak yang diberi warna kuning ini teman-teman dapat melihat ada keterangan tulisan PDF. Hal ini menandakan bahwa hasil pencarian tersebut mengandung file berupa pdf yang dapat teman-teman download. Pada umumnya, hasil pencarian di google scholar mayoritas mempunyai file pdf yang dapat di download.

Sedikit tips, setelah melakukan klik link di google scholar, terdapat beberapa kemungkinan cara mendapatkan file pdf dari hasil pencarian yang ditampilkan oleh google scholar ini. Pertama, ketika teman-teman mengklik link nya akan bisa langsung di download file pdf dari jurnalnya. Kedua, bila setelah klik tidak bisa langsung didownload, biasanya hasil pencarian google scholar akan mengarahkan ke halaman dimana jurnal/dokumen tersebut di terbitkan/dipublish. Yang harus dilakukan adalah mencari tombol download baik berupa icon download atau berupa link dengan kata “DOWNLOAD“. Jika tombol tidak ada, coba dicari “FULLTEXT: PDF” atau “PDF”. Pada beberapa jurnal, biasanya kata tersebut penanda link untuk download. Dengan begitu, teman-teman akan mendapatkan file jurnal dalam bentuk pdf.

 

Langkah 3: Klik pada link hasil pencarian

Langkah-langkah didalam melakukan pencarian jurnal dengan google scholar sebenarnya hanya 3 langkah mudah diatas. Teman-teman sudah bisa mendapatkan jurnalnya. Usahakan cari jurnal yang memiliki file pdf yang bisa didownload ya 🙂

 

Baca juga: Contoh judul skripsi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

Baca juga: Contoh judul skripsi ekonomi islam

 

Tips mencari jurnal dengan google scholar

Bagi teman-teman yang belajar mencari jurnal ilmiah, menggunakan layanan google scholar menjadi salah satu mencari referensi paling mudah. Google scholar menawarkan layanan pencarian jurnal secara GRATIS, MUDAH, dan Database Jurnal terindeks yang sangat besar.

Penggunaan google scholar semudah melakukan pencarian tulisan di google.com. Hal ini tidak selalu bisa anda lakukan jika langsung mengunjungi halaman jurnalnya. Melakukan pencarian di situs jurnal langsung sedikit lebih merepotkan. Hasil pencarian tidak lebih akurat dari yang dimiliki google. Selain itu, langsung mengunjungi halaman jurnal, jumlah artikel jurnal yang ada terbatas hanya mereka publikasikan saja. Bila ada 1000 publisher jurnal, apakah tidak merepotkan jika mengunjungi satu per satu?

Disitulah kelebihan google scholar. Publisher/penerbit jurnal mayoritas telah terindeks oleh google scholar. Google scholar telah mengindeks banyak jurnal sehingga memiliki database jurnal yang sangat besar. Artinya mayoritas jurnal-jurnal yang telah diterbitkan, sudah terindeks (terdata) di google scholar. Cukup dengan mengetikkan kata kunci saja, teman-teman bisa mendapatkan rekomendasi link ke jurnal yang paling relevan sesuai pencarian. Tidak hanya satu jurnal, teman-teman bisa mendapatkan puluhan bahkan ratusan link download jurnal hanya cukup dengan menggunakan layanan google scholar. Dan yang lebih penting, pencarian ini sesuai dengan kata kunci jurnal yang ingin kita cari, dan google merekomendasikan. Sehingga kita bisa mendapatkan jurnal yang lebih akurat. Bayangkan kalau di lakukan secara manual ke web publisher jurnal, anda akan capek mengecek satu per satu jurnal yang terbit.

Bagaimana cara mendapatkan artikel jurnal yang banyak?

Salah satu tipsnya adalah GUNAKAN KATA KUNCI YANG BERVARIASI.

  1. Gunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia

Misalkan, ketika teman-teman mencari dengan kata kunci bahasa Indonesia, mayoritas hasil pencarian google scholar akan merekomendasikan jurnal berbahasa Indonesia. Hasil pencarian ini saja bisa didapatkan puluhan bahkan ratusan jurnal.

Sebaliknya, jika teman-teman menggunakan variasi kata kunci dengan menggunakan bahasa Inggris. Google biasanya akan merekomendasikan jurnal berbahasa Inggris (internasional). Biasanya jurnal yang direkomendasikan dalam bahasa inggris mayoritas berbeda dengan yang berbahasa indonesia. Ini saja bisa mendapatkan tambahan jurnal puluhan hingga ratusan dengan topik yang sama.

 

2. Gunakan Variasi berupa Sinonim atau kata kunci yang bertujuan sama

Contoh dalam jurusan ekonomi pembangunan, anda ingin mencari jurnal tentang ketimpangan. Kata kunci yang akan teman-teman gunakan adalah “ketimpangan”. Ketimpangan ini dalam bahasa lain, bisa juga digunakan kata “disparitas”. Melakukan pencarian dengan kata kunci “ketimpangan” dan “disparitas” dapat memberikan beberapa hasil pencarian jurnal yang berbeda.

Selain dengan sinonim kata, variasi kata kunci bisa juga dengan kata kunci yang bertujuan sama. Misalkan: Disparitas / ketimpangan dapat diukur dari indikator berupa gini rasio (anda bisa gunakan indikator ketimpangan lain, sesuai dengan jenis ketimpangan yang diukur). Melakukan pencarian dengan kata kunci “gini rasio” akan memberikan peluang adanya rekomendasi yang berbeda pula. Gini rasio disini sebagai indikator mengukur ketimpangan. Sehingga maksud akhir dari jurnal ini teman-teman akan menemukan hal yang sama sesuai penelitian yang ingin dicari.

Sederhanya, dengan menggunakan variasi kata kunci, bisa jadi teman-teman dapat menemukan jurnal dalam jumlah yang lebih banyak. Masalah kesulitan cari jurnal referensi bisa diatasi dengan google scholar. Terkadang yang membuat jurnal sulit ditemukan karena kita kurang kreatif didalam menggunakan kata kunci. Tinggal teman-teman mau sedikit usaha mencari dan membaca jurnal saja.

 

Alternatif mencari jurnal selain google scholar

Apakah ada alternatif mencari jurnal selain google scholar?

Jawabannya tentu saja ada. Bahkan ada banyak sekali alternatif diluar sana yang dapat digunakan untuk mencari referensi/jurnal/skripsi/tesis. Untuk mencari referensi yang berbahasa Indonesia misalnya, teman-teman dapat menggunakan pencarian di website researchgate atau garuda kemendikbud. Kedua website tersebut memang memuat hasil riset/publikasi ilmiah. Database publikasi yang terindeks di kedua website ini juga cukup banyak. Sehingga ketika melakukan pencarian, sangat mungkin menemukan artikel-artikel yang teman-teman cari.

Untuk alternatif pencarian jurnal internasional yang berbahasa Inggris teman-teman punya banyak alternatif seperti:

  1. ProQuest
  2. Science Direct
  3. Springer
  4. Springer Nature
  5. Taylor & France
  6. Cambridge Core
  7. Emerald

Nama-nama yang disebutkan diatas, memang institusi besar yang bergerak dibidang publikasi ilmiah. Tidak hanyak sekedar mendapatkan referensi, bahkan publikasi yang diterbitkan di sebagian institusi tersebut merupakan jurnal internasional bereputasi. Publikasi dari website-website tersebut dianggap oleh admin lebih “berbobot”. Jika teman-teman jago bahasa inggris, lebih disarankan untuk mencari referensi di website-website tersebut. Umumnya penggunaan website alternatif berbahasa inggris diatas berbayar. Penggunaan website tersebut biasanya akan banyak menghadapi kendala di masalah biaya.

 

Note:

Pada umumnya, apa yang teman-teman cari di website-website alternatif diatas pada umum sudah terindeks di google. Pencarian di website seperti garuda dan researchgate akan memunculkan hasil yang lebih sedikit dibanding google bahkan kadang kurang relevan hasil pencariannya dibandingkan google. Jurnal-jurnal/publikasi ilmiah umum pasti terindeks google scholar, disitu keunggulan google scholar karena memiliki database yang sangat besar. Dan dengan bermodal kata kunci saja, teman-teman akan direkomendasikan hasil yang paling relevan menurut google.

Bagi teman-teman yang masih pemula, atau sedang belajar membuat skripsi, memang cara yang paling mudah, enak, dan disarankan oleh admin yaitu dengan google scholar.

 

Penutup

Cara cari jurnal dengan google scholar mudah bukan? Tidak sulit menemukan jurnal referensi, dengan google scholar hanya butuh 3 langkah sederhana, Kunjungi GOOGLE Scholar – Ketik KATA KUNCI – lalu Klik LINK untuk download Jurnal. Teman-teman berpotensi mendapatkan ratusan artikel jurnal. Se simple itu guys. Semoga tulisan “Cara cari jurnal dengan mudah melalui google scholar” ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top