Cara Install Mendeley Reference Manager di Laptop

Cara menggunakan mendeley

Pembahasan ini mengulas Cara Install Mendeley Reference Manager di Laptop step by step. Langkah demi langkah menginstall mendeley ini dapat ditiru langsung oleh sobat studiekonomi.com. Sobat tentu sudah tahu dong manfaat menginstall mendeley? Yups, Mendeley berguna membantu kita dalam mengelola referensi/pustaka yang kita gunakan dalam penulisan karya ilmiah seperti artikel jurnal, skripsi, tesis maupun disertasi. Manfaat yang paling diharapkan penggunaan mendeley biasanya untuk membuat daftar pustaka secara otomatis. Keren kan. Teman mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan yang sedang menulis skripsi atau jurnal ekonomi wajib banget nih buat menggunakan software Mendeley Reference untuk penulisan daftar pustakanya.

Agar sobat berhasil cara pasang mendeley, pada pembahasan ini akan dibagi menjadi dua bagian:

  1. Persiapan instal mendeley di laptop. Disini akan dijelaskan perangkat/software/tools yang harus disiapkan agar bisa dilakukan instalasi mendeley
  2. Cara Install Mendeley

 

Baca juga: Cara mencari referensi dengan mudah melalui google scholar

Baca juga: 200 Contoh Judul Skripsi Ekonomi Pembangunan

 

Persiapan instal mendeley di laptop

Persiapan untuk install mendeley di laptop hanya perlu menyediakan beberapa hal berikut ini:

  1. Laptop.
  2. Installer Software Mendeley. Pada kesempatan ini akan diberikan cara install mendeley reference manager. Bagi pengguna mendeley versi lama biasanya akan menggunakan “Mendeley Desktop”. Untuk cara install mendeley desktop dapat sobat studiekonomi.com baca disini: Cara install mendeley desktop. Sedangkan pada panduan ini akan membagi tips cara menginstall mendeley versi terbaru atau yang lebih dikenal dengan nama mendeley reference manager.  Sebelum kita berbagi info tentang cara menginstall mendeley reference manager, silahkan bagi sobat yang belum memiliki softwarenya untuk mendownload terlebih dahulu installer melalui link berikut: Download Mendeley. Installer yang didownload harus disesuaikan dengan jenis sistem operasi yang digunakan pada laptop sobat seperti apakah pengguna Windows, MacOS, atau LinuxDownload Mendeley Reference Manager
  3. Alamat email atau akun mendeley. Pada dasarnya syarat agar sobat dapat menggunakan mendeley harus mempunyai akun Mendeley. Bagi pengguna yang telah memiliki akun sebenarnya tinggal login saja. Namun, bagi yang belum memiliki akun mendeley perlu untuk membuat akun terlebih dahulu. Untuk mendaftarkan akun baru, sobat perlu alamat email. Cara membuat akun, akan dijelaskan pada bagian Cara Install Mendeley Reference Manager di Laptop seperti penjelasan dibawah ini.

Cara Install Mendeley

Ikuti langka-langkah cara install mendeley berikut ini:

Langkah 1. Buka Folder tempat menyimpan installer software Mendeley (semisal di folder download jika baru di download).

Mendeley Reference Manager

 

Langkah 2. Klik kiri 2 kali (untuk memulai install mendeley)

Install Mendeley Reference Manager

 

Langkah 3. Ikuti proses install mendeley sehingga muncul pesan selesai instalasi (“Completing Mendeley Reference Manager Setup”) seperti pada gambar cara menginstall mendeley dibawah ini.

Install Mendeley Reference Manager

Pastikan TANDA CENTANG sudah ada pada “Run Mendeley Reference Manager”. Lalu klik FINISH

 

Langkah 4. Buat akun mendeley (bagi yang belum mempunyai akun)

Install Mendeley Reference Manager

Setelah mengklik FINISIH pada Langkah 4 diatas, software mendeley akan menampilkan halaman untuk pengisian email. Bagi yang telah memiliki akun mendeley sebelumnya bisa memasukkan email yang terdaftar. Namun bagi pengguna baru, dapat memasukkan alamat email yang ingin digunakan untuk mendaftar akun mendeley.

Silahkan masukkan EMAIL dan klik Continue.

Karena dalam contoh ini, kami memasukkan alat EMAIL yang baru/belum terdaftar di akun mendeley, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

Cara mendaftar akun Mendeley Reference Manager

Pada tampilan halaman ini, sobat akan diminta untuk melakukan pendaftaran akun Mendeley. Pada bagian ini, yang perlu sobat studiekonomi.com isi yaitu GIVEN NAME, FAMILY NAME dan PASSWORD. Kemudian di klik REGISTER.

Setelah ini biasanya anda harus mengecek email dan halaman mendeley di browser anda. Tampilan email konfirmasi pembuatan akun mendeley misalnya seperti ini:

Jika sobat ingin mengecek akunnya, silahkan mengunjungi website elsevier sesuai link yang ada. Sobat tidak perlu bingung kenapa emailnya dari elsevier. Karena software mendeley ini memang berasal dari Elsevier.

 

Langkah 5. Login pada akun mendeley

Selanjutnya yang perlu dilakukan, yaitu sobat kembali pada software mendeley. Perlu diingat bahwa software mendeley hanya dapat digunakan jika sobat sudah LOGIN dalam software mendeley. Jadi, tidak cukup hanya diinstall saja, harus memiliki akun dan sudah login. Baru softwarenya dapat dipergunakana.

Untuk LOGIN, kembali pada software MENDELEY. Jika proses installasi sobat sesuai langkah diatas, seharusnya pada software sobat akan tampil halaman login seperti pada langkah 4.

Install Mendeley Reference Manager
Install Mendeley Reference Manager

Karena sobat telah memiliki akun mendeley, disini sobat tinggal memasukkan alamat email. Setelah ini  sobat akan diarahkan ke halaman lain untuk mengisi password seperti pada tampilan dibawah ini

Cara login akun Mendeley Reference Manager

Disini yang perlu sobat perhatikan yakni

  • Memasukkan password
  • Memastikan sudah CENTANG atau mengaktifkan tombol (warna ORANGE) untuk “Stay signed in (not recommended for shared devices). Memberi centang ini gunanya agar anda tidak perlu berulang kali login saat akan menggunakan mendeley kembali.
  • Terakhir klik Sign In.

6. Install mendeley selesai (Aplikasi mendeley siap digunakan).

Setelah sign in, akan diarahkan masuk ke halaman dashboard dari mendeley seperti pada tampilan dibawah ini:

Bagi pengguna baru, biasanya tampilan Mendeley sobat akan terlihat kosong pada bagian isinya. Pada tampilan diatas, karena akunnya telah digunakan sehingga terlihat dokumen-dokumen yang telah dimasukkan/digunakan.

Untuk tutorial cara menggunakan mendeley reference manager akan dibahas pada kesempatan lain.

Semoga tutorial Cara Install Mendeley Reference Manager di Laptop ini bermanfaat bagi teman-teman ekonomi pembangunan yang sedang menulis skripsi.

Be the first to comment

Leave a Reply