Cara menggunakan mendeley (Tutorial Lengkap)

Cara menggunakan mendeley

Pada artikel ini menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menggunakan mendeley mulai dari cara download mendeley hingga cara membuat daftar pustaka / bibliografi otomatis. Mendeley Mendeley merupakan software yang sangat membantu dalam pengelolaan referensi ketika menulis karya ilmiah seperti skripsi, tesis, disertasi dan artikel jurnal. Mendeley adalah perangkat lunak pengelola referensi yang dikembangkan oleh Elsevier. Ini digunakan untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian dan menghasilkan bibliografi untuk artikel ilmiah.

Teman-teman dari jurusan ekonomi pembangunan sebaiknya tidak melakukan sitasi secara manual. Mahasiswa ekonomi pembangunan yang sedang menulis skripsi sebaiknya menggunakan mendeley untuk membantu melakukan sitasi dan pembuatan daftar pustaka otomatis.

Tutorial cara menggunakan mendeley ini berisi cara download mendeley, cara install mendeley, cara daftar mendeley secara gratis, cara menambahkan file di mendeley, cara mengedit data (metadata) di mendeley, cara memasukkan sitasi di microsoft word, cara mengedit sitasi secara manual, dan cara membuat daftar pustaka otomatis.

Untuk menghemat waktu, mari kita langsung saja pelajari bagaimana cara menggunakan mendeley sebagai berikut

 

Cara download Mendeley

Selelum mempelajari cara menggunakan Mendeley, kita perlu memiliki terlebih dahulu aplikasi mendeley desktop. Bagi yang sudah memiliki mendeley dapat skip langkah ini dan membaca sub bagian berikutnya. Agar dapat menggunakan mendeley dan mendapatkan berbagai manfaat dari aplikasi ini, yang teman-teman butuhkan adalah tersedianya aplikasi mendeley. Bagi yang belum memiliki aplikasi harus mengunduh mendeley terlebih dahulu. Berikut langkah cara download mendeley :

Langkah 1: Kunjungi halaman https://mendeley.com/download-desktop-new

Setelah halaman tersebut di kunjungi, tampilan akan kurang lebih seperti gambar berikut ini:

Cara menggunakan mendeley-01 Download Mendeley

 

Langkah 2: Klik pada menu “Download Mendeley Desktop for Windows”

Catatan: Bagi pengguna sistem operasi selain windows dapat mengunduh mendeley melalui tombol “Mendeley Desktop for mac OS” untuk pengguna mac, dan melalui tombol “Mendeley Desktop for Linux” untuk pengguna sistem operasi Linux.

Setelah mengunduh mendeley, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menginstall aplikasi mendeley di desktop/komputer teman-teman.

 

Cara install mendeley

Pastikan terlebih dahulu bahwa teman-teman telah memiliki installer mendeley desktop (yang sebelumnya telah di download). Untuk cara install mendeley, bisa memperhatikan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Pilih file installer mendeley desktop, lalu klik ganda pada file installer tersebut

Caranya cari folder tempat installer mendeley di simpan. Bila baru saja di download dengan menggunakan bantuan aplikasi IDM, file akan terletak di folder program. Semisal di C:\Users\asus\Downloads\Programs.

Contoh tampilan file installer mendeley desktop

Cara menggunakan mendeley-02 Install

Setelah file installer mendeley ditemukan, lakukan klik kiri dua kali pada file tersebut. Dengan melakukan tersebut, proses installasi akan berjalan. Untuk beberapa komputer bisa saja memunculkan konfirmasi untuk installasi sebelum proses install berjalan, teman-teman tinggal Yes / OK sebagai bentuk persetujuan installasi.

 

Langkah 2: Ikuti Proses Installasi

Setelah sebelumnya melakukan double klik pada file installer mendeley, cara install mendeley berikutnya adalah menyelesaikan proses installasi. Selama proses installasi ini akan banyak sekali muncul tampilan konfirmasi. Sebagai berikut tahapan-tahapan installasi yang akan berjalan beserta konfirmasi didalamnya. Berikut ini akan ditampilkan  contohnya pada gambar berikut:

Cara menggunakan mendeley-03 Install Mendeley

Pada gambar diatas telah jelas bagaimana cara install mendeley. Dalam proses installasi ini yang perlu teman-teman lakukan hanya mengklik tombol  “Next” atau “Agree” saja sesuai gambar diatas. Bila proses installasi selesai, akan muncul kotak konfirmasi install mendeley telah lengkap, tinggal mengklik “finish” saja. Beginilah cara install mendeley dan aplikasi mendeley desktop telah terinstall di komputer teman-teman.

 

Cara Daftar Mendeley

Untuk dapat mempraktekka cara menggunakan Mendeley, pada dasarnya kita harus memiliki aplikasi mendeley dan akun mendeley. Sebelumnya kita telah mempelajari cara download dan install, yang berarti kita telah memiliki mendeley terinstall di komputer kita. Agar dapat menggunakan aplikasi tersebut, kita harus memiliki akun mendeley juga.

Langkah selanjutnya adalah teman-teman mendaftar akun mendeley. Bila teman-teman pengguna yang telah memiliki akun, bisa langsung sign in. Namun bagi pengguna baru, harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat menggunakan mendeley. Berikut ini akan dijelaskan cara daftar mendeley.

Untuk cara daftar mendeley, ikuti langkah berikut:

Langkah 1: Buka mendeley. Setelah melakukan install mendeley, sebenarnya akan langsung terbuka aplikasi mendeley desktop. Namun jika sebelumnya telah di tutup, silahkan membuka kembali mendeley (bisa double klik ikon mendeley di desktop anda). Setelah dibuka akan memperlihatkan tampilan sebagai berikut:

Cara menggunakan mendeley-04 Login Mendeley

Langkah 2: Klik pada tombol “REGISTER” sebagai mana pada contoh gambar diatas. Setelah mengklik tombol “REGISTER”, selanjutnya tinggal mengikuti tahapan-tahapan cara daftar mendeley yang terdiri atas pengisian email, pengisian nama (given name dan family name), pengisian password, dan konfirmasi pendaftaran mendeley. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini:

Cara menggunakan mendeley-05 Registrasi Daftar Mendeley

Pada gambar diatas, terlihat tampilan langkah mendaftar mendeley. Setelah sebelumnya mengklik “REGISTER”, maka tampilan mendeley terlihat sebagai pada gambar paling kiri. Disini teman-teman hanya perlu melakukan pengisian email.

Setelah mengisi email, teman-teman akan diarahkan pada halaman pengisian data sebagaimana tampilan pada gambar yang tengah. Disini teman-teman perlu melakukan pengisian nama (given name dan family name), pengisian password, dan konfirmasi pendaftaran mendeley. Setelah teman-teman melakukan konfirmasi dengan klik “REGISTER”, tahapan pendaftaran telah selesai. Setelah mengklik REGISTER, teman-teman hanya akan diarahkan pada halaman WELCOME sebagaimana gambar sebelah kanan. Bila tampilan halaman ini muncul berarti pendaftaran telah selesai.

Setelah melakukan daftar mendeley sebagaimana contoh atas, anda akan diarahkan ke dashboard mendeley pada web browser anda. Browser anda akan terbuka dan akan menampilkan dashboard mendeley web. Contohnya akan tampil seperti gambar berikut:

Cara menggunakan mendeley-06 Dashboard Mendeley

Dengan munculnya tampilan dashboard mendeley pada web browser anda ini menjadi tanda bahwa anda telah berhasil melakukan registrasi mendeley dan akun anda telah aktif. Tahap selanjutnya tingga anda menggunakannya saja.

 

Cara Log in atau Sign In Mendeley

Sebelum anda dapat menggunakan mendeley di desktop/komputer anda, anda terlebih dahulu harus login atau sign ini terlebih dahulu pada mendeley desktop/komputer anda. Cara log in atau sign in mendeley dapat dilakukan dengan langkah berikut:

Langkah 1: Buka Mendeley Desktop Anda

Apabila anda pengguna baru, yang baru saja mengikuti instruksi cara mendaftar mendeley sebagai petunjuk diatas, sebenarnya tampilan mendeley desktop setelah anda mendaftar akan langsung diarahkan kembali pada halaman Sign in pada tampilan mendeley desktop.

Begitu pula jika anda baru saja membuka ulang mendeley desktop akan diarahkan ke halaman sign in sebagaimana tampilan pada gambar di bawah ini:

Cara menggunakan mendeley-07 Install Mendeley di Word

 

Langkah 2: Isi data

Untuk melakukan Sig In pada Mendeley yang perlu dilakukan adalah mengisi data email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Contoh Cara Log in atau Sign In Mendeley sebagaimana ditampilkan pada gambar yang sebelah kiri. Apabila berhasil, anda akan diarahkan ke halaman dashboard mendeley desktop. Namun apabila anda baru menginstall mendeley, umumnya anda akan diarahkan pada halaman penginstallan plugin mendeley untuk microsoft word sebagaimana pada tampilan gambar sebelah kanan.

Agar dapat menggunakan mendeley, anda harus menginstall plugin mendeley for ms word ini. Silahkan klik “install now”. Setelah proses installasi selesai anda tinggal klik close. Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman dashboard mendeley. Tampilan ini yang akan sering teman-teman gunakan setelah sign in sebagaimana tampilan pada gambar di bawah ini:

Cara menggunakan mendeley-08 Tampilan Mendeley

Perkiraan gambar tampilan dashboard mendeley seperti gambar diatas. Apabila anda sebagai penggunaan baru, tampilan akan nampak kosong belum ada file-file. Namun secara umum tampilan mendeley akan seperti diatas.

 

Cara tambah file di Mendeley

Bagaimana cara tambah file di Mendeley? Sebelum dijelaskan cara menambahkan file di Mendeley, akan dijelaskan terlebih dahulu bagaimana cara kerja penggunaan Mendeley agar memahami mengapa cara kerja pertama justru menambahkan file di Mendeley.

Tujuan akhir kita adalah melakukan sitasi dan membuat daftar isi otomatis ketika menulis artikel kita di microsoft word. Namun untuk dapat melakukan sitasi, mendeley perlu data yang dirujuk (dokumen yang ingin disitasi). Dokumen yang ingin disitasi ini perlu dimasukkan terlebih dahulu ke dalam program mendeley agar mendeley dapat melakukan sitasi. Itulah mengapa sebelum belajar cara melakukan sitasi di Mendeley kita perlu belajar cara tambah file di Mendeley terlebih dahulu.

Baca juga: cara mencari jurnal dengan mudah melalui google scholar

Baca juga: Software yang membantu pembuatan skripsi

Sebenarnya terdapat beberapa cara tambah file di Mendeley. Pada kesempatan ini akan dijelaskan 2 cara menambahkan file di Mendeley.

CARA PERTAMA

Langkah 1: Klik menu add files (klik pada panah segitiga kebawah, lalu pilih “add files” sebagaimana contoh gambar dibawah ini).

Cara menggunakan mendeley-09 Menambahkan File di Mendeley

Langkah 2: cari/pilih file yang ada di komputer anda untuk ditambahkan kedalam mendeley. Apabila telah berhasil menambahkan file, dokumen tersebut akan masuk didalam dashboard mendeley sebabagaimana tampilan pada gambar diatas (gambar kanan). Cara tambah file di mendeley sebenarnya cukup sederhana.

 

CARA KEDUA

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk menambahkan file ke Mendeley yaitu DRAG. Misalkan, teman-teman sudah membuka windows eskplorer / folder tempat penyimpanan file/dokumen yang ingin disitasi. File/dokumen tersebut tinggal di DRAG (Klik kiri ditahan dan file di geser ke dalam mendeley) kedalam dashboard mendeley. File akan masuk kedalam dashboard mendeley.

 

Cara mengedit data di Mendeley

Pada bagian ini akan di jelaskan cara mengedit data di Mendeley. Perlu diingat bahwa setelah menambahkan file ke dalam mendeley, yang harus teman-teman pastikan bahwa metadata dari file yang dimasukkan sudah benar.

Coba perhatikan pada gambar tambah file diatas. Setelah file berhasil di masukkan dalam mendeley, lalu teman-teman klik satu kali pada file tersebut, maka pada bilah mendeley di sisi kanan akan memunculkan informasi metadata dari file yang ditambahkan. Informasi metadata di bilah sebelah kanan ini harus teman-teman pastikan benar. Dalam banyak keadaan, metadata ini bisa saja kosong atau bahkan terisi secara salah ataupun penulisan yang kurang tepat. Menghadapi kondisi demikian, teman-teman perlu melakukan pengeditan metadata di mendeley.

Isian metadata ini harus benar karena ini penting agar sitasi dan daftar pustaka yang nanti dibuat benar. Daftar pustaka nanti akan dibuat otomatis, dan kunci daftar pustaka nanti terisi dengan benar yaitu dari metadata yang harus terisi benar terlebih dahulu.

Cara menggunakan mendeley-10 Mengisi dan memperbaiki sitasi di Mendeley

 

Baca juga: 115 Contoh judul skripsi ekonomi syariah

Baca juga: 200+ Contoh judul skripsi ekonomi pembangunan

 

Cara menggunakan Mendeley untuk sitasi

Cara menggunakan Mendeley untuk sitasi/pengutipan dapat langsung dilakukan pada microsoft word. Berikut langkah-langkah Cara menggunakan Mendeley untuk sitasi/pengutipan:

Langkah 1: Buka dokumen (Microsoft word) 

Biasanya kita ingin melakukan sitasi/pengutipan pada dokumen proposal atau skripsi atau artikel jurnal ilmiah yang kita tulis. Langkah pertama cara menggunakan mendeley adalah membuka terlebih dahulu dokumen skripsi/artikel jurnalnya.

 

Langkah 2: Arahkan kursor dimana sitasi/pengutipan ingin dilakukan 

Langkah 3: Masukan sitasi / pengutipan

Misalkan pada skripsi/jurnal yang ditulis, teman-teman telah mengutip (termasuk parafrase) tulisan orang lain. Di akhir kutipan tersebut, teman-teman ingin melakukan sitasi atau memasukkan nama penulis yang teman-teman kutip tulisannya. Cara menggunakan mendeley untuk sitasi ini yaitu dengan klik menu “REFERENCES” –> Klik “Insert Citation”.

Setelah ini akan muncul box dialog konfirmasi dari mendeley untuk memilih sumber tulisan mana yang ingin disitasi. Teman-teman tinggal menuliskan nama penulis, judul atau tahun dari sumber tulisan yang dikutip. Lalu teman-teman memilih sumber tulisan yang tepat, setelah itu tinggal klik “OK”.

Hasilnya akan tampak sebagaimana contoh dibawah ini

Cara menggunakan mendeley-11 Cara sitasi Mendeley di Word

Selamat, teman-teman telah berhasil melakukan sitasi. Sebenarnya, Cara menggunakan mendeley untuk sitasi sangat sederhana banget. Hanya cukup beberapa langkah mudah tersebut. Tutorial ini sangat panjang, karena dikhususkan untuk pengguna baru. Namun Kedepannya, cara menggunakan mendeley untuk sitasi tinggal teman-teman melakukan insert citation dan memilih dokumen sumber yang tepat, dan beres. Simple kan.

 

Baca juga: 70 Judul skripsi manajemen

Baca juga: 100 Contoh Judul Skripsi Manajemen SDM

 

Cara melakukan edit sitasi/kutipan

Cara melakukan edit sitasi/kutipan

 

Cara menggunakan mendeley-12 Cara edit sitasi manual di Word

Baca juga: 100 Contoh Judul Skripsi Ekonomi Sumber Daya Manusia

 

Cara membuat daftar pustaka otomatis dengan Mendeley

Cara membuat daftar pustaka otomatis dengan Mendeley

 

Cara menggunakan mendeley-13 Cara membuat daftar pustaka otomatis dengan Mendeley

 

Demikiannya langkah-langkah teknis cara menggunakan mendeley. Semoga tutorial cara menggunakan mendeley mulai dari cara download hingga cara membuat daftar pustaka ini dapat membantu teman-teman dalam membuat skripsi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*