Cara menggunakan mendeley

Bingung cara menggunakan mendeley? Nah, artikel ini menjelaskan bagaimana cara menggunakan mendeley. Tutorial ini berisi cara download mendeley, cara install mendeley, cara daftar mendeley secara gratis, cara menambahkan file di mendeley, cara mengedit data (metadata) di mendeley, cara memasukkan sitasi di microsoft word, cara mengedit sitasi secara manual, dan cara membuat daftar pustaka otomatis.

Untuk menghemat waktu, mari kita langsung saja pelajari bagaimana cara menggunakan mendeley sebagai berikut

 

Cara download Mendeley

Bagi yang sudah memiliki mendeley dapat skip langkah ini dan membaca sub bagian berikutnya. Agar dapat menggunakan mendeley dan mendapatkan berbagai manfaat dari aplikasi ini, yang teman-teman butuhkan adalah tersedianya aplikasi mendeley. Bagi yang belum memiliki aplikasi harus mengunduh mendeley terlebih dahulu. Berikut langkah cara download mendeley :

Langkah 1: Kunjungi halaman https://mendeley.com/download-desktop-new

Setelah halaman tersebut di kunjungi, tampilan akan kurang lebih seperti gambar berikut ini:

Cara menggunakan mendeley-01 Download Mendeley

 

Langkah 2: Klik pada menu “Download Mendeley Desktop for Windows”

Catatan: Bagi pengguna sistem operasi selain windows dapat mengunduh mendeley melalui tombol “Mendeley Desktop for mac OS” untuk pengguna mac, dan melalui tombol “Mendeley Desktop for Linux” untuk pengguna sistem operasi Linux.

Setelah mengunduh mendeley, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menginstall aplikasi mendeley di desktop/komputer teman-teman.

 

Cara install mendeley

Sebelum kita belajar cara install mendeley, pastikan terlebih dahulu bahwa teman-teman telah memiliki installer mendeley desktop. Untuk cara install mendeley, bisa memperhatikan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Pilih file installer mendeley desktop, lalu klik ganda pada file installer tersebut

Caranya cari folder tempat install di simpan. Bila baru saja di download dengan menggunakan bantuan aplikasi IDM, file akan terletak di folder program. Semisal di C:\Users\asus\Downloads\Programs.

Contoh tampilan file installer mendeley desktop

Cara menggunakan mendeley-02 Install

Setelah file installer mendeley ditemukan, lakukan klik kiri dua kali pada file tersebut. Dengan melakukan tersebut, proses installasi akan berjalan. Untuk beberapa komputer bisa saja memunculkan konfirmasi untuk installasi sebelum proses install berjalan, teman-teman tinggal Yes / OK sebagai bentuk persetujuan installasi.

 

Langkah 2: Ikuti Proses Installasi

Setelah sebelumnya melakukan double klik pada file installer mendeley, cara install mendeley berikutnya adalah menyelesaikan proses installasi. Selama proses installasi ini akan banyak sekali muncul tampilan konfirmasi. Sebagai berikut tahapan-tahapan installasi yang akan berjalan beserta konfirmasi didalam akan ditampilkan pada gambar berikut:

Cara menggunakan mendeley-03 Install Mendeley

Pada gambar diatas telah jelas bagaimana cara install mendeley. Dalam proses installasi ini yang perlu teman-teman lakukan hanya mengklik tombol  “Next” atau “Agree” saja sesuai gambar diatas. Bila proses installasi selesai, akan muncul kotak konfirmasi install mendeley telah lengkap, tinggal mengklik “finish” saja. Beginilah cara install mendeley dan aplikasi mendeley desktop telah terinstall di komputer teman-teman.

 

Cara Daftar Mendeley

Setelah teman-teman menginstall mendeley, langkah selanjutnya adalah mendaftar akun mendeley. Bila teman-teman pengguna yang telah memiliki akun, bisa langsung sign in. Namun bagi pengguna baru, harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat menggunakan mendeley. Berikut ini akan dijelaskan cara daftar mendeley.

Untuk cara daftar mendeley, ikuti langkah berikut:

Langkah 1: Buka mendeley. Setelah melakukan install mendeley, sebenarnya akan langsung terbuka aplikasi mendeley desktop. Namun sebelum telah di tutup, silahkan membuka kembali mendeley (bisa double klik ikon mendeley di desktop anda). Setelah dibuka akan memperlihatkan tampilan sebagai berikut:

Cara menggunakan mendeley-04 Login Mendeley

Langkah 2: Klik pada tombol “REGISTER” sebagai mana pada contoh gambar diatas. Setelah mengklik tombol “REGISTER”, selanjutnya tinggal mengikuti tahapan-tahapan cara daftar mendeley yang terdiri atas pengisian email, pengisian nama (given name dan family name), pengisian password, dan konfirmasi pendaftaran mendeley. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini:

Cara menggunakan mendeley-05 Registrasi Daftar Mendeley

Pada gambar diatas, terlihat tampilan langkah mendaftar mendeley. Setelah sebelumnya mengklik “REGISTER”, maka tampilan mendeley terlihat sebagai pada gambar paling kiri. Disini teman-teman hanya perlu melakukan pengisian email.

Setelah mengisi email, teman-teman akan diarahkan pada halaman pengisian data sebagaimana tampilan pada gambar yang tengah. Disini teman-teman perlu melakukan pengisian nama (given name dan family name), pengisian password, dan konfirmasi pendaftaran mendeley. Setelah teman-teman melakukan konfirmasi dengan klik “REGISTER”, tahapan pendaftaran telah selesai. Setelah mengklik REGISTER, teman-teman hanya akan diarahkan pada halaman WELCOME sebagaimana gambar sebelah kanan. Bila tampilan halaman ini muncul berarti pendaftaran telah selesai.

Setelah melakukan daftar mendeley sebagaimana contoh atas, anda akan diarahkan ke dashboard mendeley pada web browser anda. Browser anda akan terbuka dan akan menampilkan dashboard mendeley web. Contohnya akan tampil seperti gambar berikut:

Cara menggunakan mendeley-06 Dashboard Mendeley

Dengan munculnya tampilan dashboard mendeley pada web browser anda ini menjadi tanda bahwa anda telah berhasil melakukan registrasi mendeley dan akun anda telah aktif. Tahap selanjutnya tingga anda menggunakannya saja.

 

Cara Log in atau Sign In Mendeley

Sebelum anda dapat menggunakan mendeley di desktop/komputer anda, anda terlebih dahulu harus login atau sign ini terlebih dahulu pada mendeley desktop/komputer anda. Cara log in atau sign in mendeley dapat dilakukan dengan langkah berikut:

Langkah 1: Buka Mendeley Desktop Anda

Apabila anda pengguna baru, yang baru saja mengikuti instruksi cara mendaftar mendeley sebagai petunjuk diatas, sebenarnya tampilan mendeley desktop setelah anda mendaftar akan langsung diarahkan kembali pada halaman Sign in pada tampilan mendeley desktop.

Begitu pula jika anda baru saja membuka ulang mendeley desktop akan diarahkan ke halaman sign in sebagaimana tampilan pada gambar di bawah ini:

Cara menggunakan mendeley-07 Install Mendeley di Word

 

Langkah 2: Isi data

Untuk melakukan Sig In pada Mendeley yang perlu dilakukan adalah mengisi data email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Contoh Cara Log in atau Sign In Mendeley sebagaimana ditampilkan pada gambar yang sebelah kiri. Apabila berhasil, anda akan diarahkan ke halaman dashboard mendeley desktop. Namun apabila anda baru menginstall mendeley, umumnya anda akan diarahkan pada halaman penginstallan plugin mendeley untuk microsoft word sebagaimana pada tampilan gambar sebelah kanan.

Agar dapat menggunakan mendeley, anda harus menginstall plugin mendeley for ms word ini. Silahkan klik “install now”. Setelah proses installasi selesai anda tinggal klik close. Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman dashboard mendeley. Tampilan ini yang akan sering teman-teman gunakan setelah sign in sebagaimana tampilan pada gambar di bawah ini:

Cara menggunakan mendeley-08 Tampilan Mendeley

 

Cara tambah file di Mendeley

Cara menggunakan mendeley-09 Menambahkan File di Mendeley

 

Cara mengedit data di Mendeley

Cara menggunakan mendeley-10 Mengisi dan memperbaiki sitasi di Mendeley Cara menggunakan mendeley-11 Cara sitasi Mendeley di Word Cara menggunakan mendeley-12 Cara edit sitasi manual di Word Cara menggunakan mendeley-13 Cara membuat daftar pustaka otomatis dengan Mendeley

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*