Software Skripsi yang memudahkan penulisan proposal/skripsi

Aplikasi software skripsi berikut ini dapat membantu anda didalam pembuatan karya ilmiah. Ada begitu banyak aplikasi yang dapat membantu dan memudahkan pembuatan proposal penelitian, skripsi, tesis, disertasi bahkan jurnal. Penggunaan software skripsi ini dapat membantu anda dalam hal pengelolaan referensi dan sitasi, pengecekan plagiarisme, hingga pengujian statistik.

Pada kesempatan ini kita akan mengulas aplikasi software skripsi yang dapat membantu anda.

 

MENDELEY (Software skripsi pembuat daftar pustaka otomatis)

Salah satu kebutuhan mendasar didalam pembuatan karya ilmiah (proposal/skripsi/tesis/disertasi/jurnal) yaitu melakukan sitasi dan mengelola dokumen referensi. Coba anda bayangkan jika saat melakukan sitasi dengan menulis secara manual dan ketika membuat daftar pustaka anda harus mengecek satu per satu referensi yang anda catumkan. Melakukan hal tersebut sudah cukup merepotkan dan potensi kesalahan dan kelupaan akan sangat besar. Teman-teman butuh melakukan sitasi dan pembuatan daftar pustaka dengan otomatis agar menghindari potensi kesalahan.

Untuk mempermudah pekerjaan kita memerlukan software skripsi untuk membantu melakukan pengelolaan dokumen referensi dan melakukan sitasi secara otomatis. Salah satu software skripsi yang anda perlukan adalah mendeley.

Mendeley adalah pengelola referensi gratis yang dapat membantu menyimpan, mengatur, mencatat, membagikan, dan mengutip referensi dan data penelitian:

1. Membuat bibliografi / daftar pustaka dengan otomatis

2. Kolaborasi dengan peneliti lain secara mudah dan online

3. Impor file dari perangkat lain dengan mudah

4.Temukan makalah yang relevan berdasarkan apa yang Anda baca

5.Akses makalah Anda dari mana saja secara online

 

URL Download Mendeley:

https://www.mendeley.com/download-desktop-new/

 

Software skripsi pengelola referensi sebenarnya bukan hanya mendeley. Anda memiliki alternative software skripsi lainnya selain mendeley diantaranya MSWord Reference, Zotero, EndNote.

Admin sendiri lebih suka menggunakan mendeley dibandingkan software lainnya. Namun bagi teman-teman yang mengerjakan skripsi dengan spesifikasi komputer sangat rendah dan ditambah file skripsi dengan ukuran lumayan, terkadang mendeley bisa menjadi cukup berat. Alternatif bawaan microsoft seperti MSWord Reference bisa menjadi pilihan karena lebih ringan dan sudah menjadi bagian dari microsoft word. Meskipun demikian, dengan spesifikasi komputer yang banyak bertebaran di pasar saat ini, seharusnya menggunakan mendeley tidak memberatkan.

 

Google Scholar untuk mencari jurnal/referensi

Kebutuhan utama dalam pembuatan skripsi, tesis dan disertasi adalah referensi. Pasti pernah dong di minta dosen untuk mencari jurnal untuk referensi/rujukan pembuatan skripsinya? Sangat banyak sekali cara untuk mendapatkan jurnal/refensi. Jika anda mencari alat dalam bentuk software android, maka aplikasi android ipusnas dapat menjadi pilihan. Sebenarnya cukup sulit mencari software mencari jurnal/penelitian/skripsi/tesis/disertasi dalam bentuk aplikasi android maupun software desktop, karena pada umumnya jurnal ini di cari melalui website.

Mencari jurnal/refensi paling enak memang melalui website. Website untuk mencari jurnal ini sangat banyak. Yang paling populer dan sangat memudahkan menurut kami adalah dengan menggunakan google cendekia atau google scholar.

Google Cendekia adalah layanan untuk melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Google Cendekia mencakup jurnal-jurnal daring dari publikasi ilmiah:  makalah peer-reviewed, tesis, buku, abstrak, dan artikel, dari penerbit akademis, komunitas profesional, pusat data pracetak, universitas, dan organisasi akademis lainnya.  Hasil paling relevan akan selalu muncul pada halaman pertama.

Untuk akses ke google scholar dapat melalui URL berikut:

https://scholar.google.com/

https://scholar.google.co.id/

 

Google scholar telah mengindeks banyak sekali jurnal sehingga memiliki database yang besar. Sehingga ketika melakukan pencarian teman-teman akan mendapatkan banyak sekali rekomendasi jurnal yang sesuai. Hal seperti ini tidak dapat anda lakukan jika melakukan pencarian langsung kepada publisher jurnalnya. Cara mencari jurnal paling mudah dan paling enak memang melalui google scholar atau google cendekia.

Selain menggunakan google scholar terdapat berbagai alternatif website yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian jurnal/referensi seperti melaui ProQuest, Science Direct, Springer, Springer Nature, Taylor & France, Cambridge Core, Emerald, Garuda dan researchgate.

 

 

TURNITIN (Layanan pengecekan plagiarisme)

Salah satu tuntutan etika didalam publikasi karya ilmiah adalah dengan tidak melakukan plagiarisme. Syarat tidak melakukan plagiat ini pada umumnya di wajibkan oleh kampus. Seringkali sebelum skripsi/tesis/jurnal di “sah” kan pihak kampus, mahasiswa harus melakukan pengecekan plagiarisme. Salah satu software skripsi untuk melakukan pengecekan plagiarisme yang paling populer adalah turnitin.

Turnitin adalah layanan deteksi plagiarisme berbasis Internet yang dijalankan oleh perusahaan AS Turnitin, LLC. Perangkat lunak Turnitin memeriksa konten yang berpotensi tidak orisinal dengan membandingkan makalah yang dikirimkan ke beberapa basis data menggunakan algoritme kepemilikan. Ini memindai databasenya sendiri dan juga memiliki perjanjian lisensi dengan database kepemilikan akademik yang besar.

Untuk menggunakan turnitin dapat mengunjungi URL berikut:

https://www.turnitin.com/

 

Biasanya ada 2 software yang paling umum yang digunakan oleh pihak universitas/kampus untuk melakukan pengecekan plagiarisme. Kedua aplikasi tersebut adalah turnitin dan plagiarism detector. Biasanya pihak kampus mewajibkan mahasiswa untuk lolos dari pengecekan plagiarisme dari salah satu software tersebut. Beberapa kampus mungkin menggunakan turnitin untuk pengecekan, namun di kampus lain bisa saja menggunakan plagiarism detector. Tergantung kepada kebijakan kampus masing-masing. Namun, turnitin mungkin menjadi yang lebih populer di kalangan mahasiswa.

Perlu di ketahui bahwa kedua aplikasi tersebut merupakan layanan berbayar yang tidak murah. Oleh sebab itu, di beberapa kampus untuk pengecekan plagiarisme dikenakan biaya.

 

Alternative:

  • Plagiarism Detector (berbayar)
  • Plagiarism checker dari searchenginereports.net (gratis). Untuk akses bisa melalui URL berikut: https://searchenginereports.net/plagiarism-checker

 

#Note:

Terdapat banyak sekali alat pengecekan plagiarisme gratis yang tersebar di internet. Berdasarkan pengalaman penulis, alat pengecekan plagiarisme gratis yang tersebar di internet mayoritas jauh dari kata akurat. Kualitasnya jauh dibandingkan layanan berbayar dari turnitin dan plagiarism detector.

Namun jika, teman-teman memerlukan layanan gratis untuk melakukan pengecekan awal sebelum menggunakan layanan berbayar, di rekomendasikan menggunakan Plagiarism checker dari searchenginereports.net. Berdasarkan pengalaman penulis, layanan dari web tersebut memiliki slot kata yang lebih besar hingga 1500 kata dan mempunyai hasil pengecekan plagiarisme yang lebih akurat dibandingkan layanan sejenis yang gratisan. Web tersebut layak dicoba sebelum pengecek plagiarisme sesungguhnya melalui turnitin (layanan berbayar).

 

Eviews (Software statistik/Ekonometrika)

Software skripsi untuk melakukan pengujian statistik menjadi salah satu kebutuhan mahasiswa ketika menulis skripsi. Saat melakukan penelitian untuk skripsi terkadang kita butuh melakukan pengujian-pengujian secara statistik. Diantara pengujian yang bisa saja dibutuhkan seperti metode OLS dengan melakukan uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik, regresi panel, regresi logistik, dan lainnya. Terdapat banyak sekali jenis pengujian didalam statistik/ekonometrika.

Pada umumnya pengujian-pengujian tersebut sudah tidak dilakukan perhitungan secara manual. Semua sudah dilakukan dengan bantuan software. Di jurusan ilmu ekonomi studi pembangunan (ekonomi pembangunan), salah satu software yang populer yaitu dengan menggunakan eviews.

EViews adalah software statistik berbasis Windows yang digunakan utamanya untuk analisis ekonometrik berorientasi deret waktu. EViews menawarkan lembaga keuangan, perusahaan, lembaga pemerintah, dan akademisi akses ke statistik yang kuat, deret waktu, peramalan, dan alat pemodelan melalui antarmuka berorientasi objek yang inovatif dan mudah digunakan.

Dikalangan mahasiswa ekonomi pembangunan, mungkin software sejenis eviews lebih populer. Namun pada jurusan lainnya, mungkin software seperti SPSS yang lebih banyak dikenal. Eviews bukan satu-satunya software yang dapat digunakan untuk melakukan pengujian statistik/ekonometrik. Terdapat banyak alternatif software dan alat untuk melakukan pengujian statistik/ekonometrik seperti SPSS, R, dan Stata.

 

Google Translate (Penerjemah bahasa asing)

Kadang kala kita butuh alat bantu menerjemahkan jurnal dari bahasa Inggris kedalam bahasa Indonesia. Tidak semua kita memahami bahasa asing seperti bahasa inggris. Salah satu yang dapat digunakan untuk melakukan penerjemahan dari bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia yaitu dengan bantuan google translate. Untuk akses google translate dapat melalui URL berikut:

https://translate.google.co.id/

 

Selain google translate terdapat alternatif penerjemah lainnya seperti bing translator, yandex translate, hingga babylon translator.

 

Semoga pembahasan Aplikasi software skripsi ini dapat membantu membuka wawasan teman-teman yang sedang ingin menulis skripsi.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*