Pengertian kerjasama ekonomi internasional

Pengertian kerjasama ekonomi internasional adalah kerjasama yang menunjukkan hubungan antarnegara dalam bidang ekonomi dengan dasar kepentingan tertentu untuk dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan struktur kegiatan ekonomi nasional.

Tiap negara memiliki kondisi geografis dan sumber daya manusia yang berbeda-beda. Karena itu, satu negara tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Inilah kemudian yang menjadi salah satu faktor pendorong bagi negara-negara untuk melakukan kerjasama ekonomi internasional.

Selain menjadi tragedi kemanusiaan, pandemi COVID-19 telah menjadi guncangan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi perekonomian dunia. Output global diperkirakan oleh IMF telah turun 3,5 persen pada tahun 2020, dan semua negara – besar dan kecil, kaya dan miskin – telah terkena dampaknya.

Sekarang ada rute yang semakin jelas untuk mengakhiri krisis dengan mengandalkan program vaksinasi massal dalam kecepatan dan skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tetapi implementasinya tetap kompleks dan berisiko, sementara konsekuensi jangka panjang dari pandemi – dampak pada kesehatan, perolehan keterampilan, dan percepatan penyebaran teknologi – tetap sangat tidak pasti.

Kerja sama ekonomi internasional dapat memainkan peran penting dalam mengamankan kemungkinan keluar langsung yang paling lancar dari pandemi dan dalam meminimalkan risiko bahwa krisis serupa akan terjadi lagi. Ini juga dapat membantu meminimalkan biaya jangka panjang dari warisan luar biasa pandemi dan memaksimalkan manfaat dari upaya nasional untuk membangun kembali dengan lebih baik.

Mengambil pendekatan kooperatif mendukung dan melengkapi tindakan masing-masing negara dan pemerintah dalam tiga cara utama.

Pertama, mengoordinasikan sifat dan waktu tindakan nasional dalam menanggapi krisis ekonomi global dapat meningkatkan dampak gabungannya dengan meningkatkan efek ‘limpahan’ positif dan mengurangi efek negatif. Ini membangun kepercayaan di pasar keuangan dan di antara investor, sementara bertindak bersama dengan orang lain juga bisa menjadi cara yang efektif bagi pemerintah nasional untuk mengatasi oposisi politik domestik.

Kerja sama ekonomi internasional dapat memainkan peran penting dalam mengamankan kemungkinan keluar langsung yang paling lancar dari pandemi dan dalam meminimalkan risiko bahwa krisis serupa akan terjadi lagi.

Kedua, berbagi informasi dan mengumpulkan sumber daya memungkinkan komunitas internasional untuk menemukan solusi bersama untuk masalah global yang lebih efektif, lebih efisien, dan lebih mudah untuk disampaikan daripada hanya mengandalkan langkah-langkah nasional. Hal ini terkadang membutuhkan pembentukan lembaga global baru.

Ketiga, kerja sama internasional adalah cara terbaik untuk memastikan negara-negara miskin dengan kemampuan dan sumber daya yang lebih sedikit tidak tertinggal. Meskipun ini merupakan keharusan moral, ini juga demi kepentingan terbaik negara-negara maju – dan terutama benar dalam krisis saat ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*