Pelaku ekonomi

Pada kesempatan ini kita akan membahas pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian terdiri atas apa saja? Dan bagaimana interaksi pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian?

Pelajaran ini penting, terutama bagi para pembelajar yang baru mempelajari ilmu ekonomi / ekonomi pembangunan. Karena di luar sana akan sangat banyak sekali sebutan untuk berbagai aktor yang terlibat dalam perekonomian. Tentu akan sangat membingungkan kita. Dalam pandangan ilmu ekonomi, pelaku-pelaku ekonomi tersebut telah diklasifikasikan agar lebih sederhana dipahami.

Dengan mempelajari topik pelaku ekonomi ini setidaknya ada dua pemahaman yang akan didapatkan. Pertama, kita mengenal pelaku ekonomi sesuai dengan pandangan ilmu ekonomi. Kedua, kita akan mengetahui bagaimana interaksi dari masing-masing pelaku ekonomi. Dengan mengenal siapa pelaku ekonomi dan bagaimana interaksinya, kita akan mendapatkan gambaran umum mengenai bagaimana perekonomian suatu negara bekerja / berjalan.

Dalam perekonomian suatu negara terdiri atas jutaan orang yang terlibat dalam banyak kegiatan ekonomi seperti membeli, menjual, bekerja, mempekerjakan, memproduksi, dan sebagainya. Untuk memahami bagaimana perekonomian berjalan, kita harus mempunyai cara sederhana tentang bagaimana semua kegiatan ekonomi dari jutaan orang ini bekerja. Itulah yang akan kita pelajari bersama pada kesempatan ini.

 

Pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian terdiri atas 4 pelaku ekonomi

Pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian terdiri atas 4 pelaku ekonomi yaitu rumah tangga, produsen, pemerintah dan luar negeri. Dalam ilmu ekonomi, pelaku ekonomi dikelompokkan kedalam 4 pembagian tersebut.

Adapun penjelasan tentang masing-masing pelaku ekonomi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Rumah tangga berperan untuk membuat keputusan konsumsi dan juga merupakan pemilik faktor produksi. Rumah tangga menyediakan berbagai faktor produksi untuk dipergunakan oleh perusahaan. Selain itu, rumah tangga berperan untuk membeli barang yang dijual produsen. Contoh aktivitas ekonomi yang dilakukan rumah tangga dalam konteks membuat keputusan konsumsi yaitu membeli makanan/minuman, membeli pakaian, membeli hp, membeli voucher game online, dan lainnya.
  • Perusahaan berperan untuk membuat keputusan mengenai produksi. Keputusan produksi yang dibuat oleh perusahaan termasuk tentang barang/jasa apa yang harus diproduksi/dihasilkan, bagaimana barang/jasa tersebut dihasilkan dan berapa harga jual untuk barang/jasa tersebut. Perusahaan mempergunakan berbagai faktor produksi dan mereka menjual barang yang sudah jadi kepada rumah tangga atau pemerintah untuk dikonsumsi. Contoh aktivitas ekonomi dari produsen seperti memproduksi sepatu, memproduksi es krim, memproduksi padi (petani), dan lainnya
  • Pemerintah bertugas mengumpulkan pajak dari rumah tangga, membeli barang dari perusahaan dan mendistribusikan barang tersebut secara mandiri ataupun kolektif. Hal ini juga berarti pemerintah telah membuat mendistribusikan kembali/redistribusi daya beli diantara rumah tangga.

Kita membutuhkan model yang menjelaskan secara umum bagaimana ekonomi diatur dan bagaimana para pelaku ekonomi berinteraksi satu sama lain. Gambar yang dapat menunjukkan bagaimana para pelaku ekonomi ini berinteraksi dan berjalan dapat dilihat dalam suatu diagram yang disebut sebagai circular flow diagram. Adapun gambar dari circular flow diagram sebagai berikut:

Circular Flow Diagram Perekonomian 4 Sektor - perekonomian terbuka

Dari gambar circular flow diatas akan dapat dilihat secara jelas mengenai aliran dana yang keluar dan masuk dari satu pelaku ekonomi ke pelaku ekonomi lainnya. Adapun penjelasan lebih lengkap bagaimana arus uang beredar diantara pelaku ekonomi.

 

Interaksi Pelaku ekonomi

Diagram yang menunjukkan interaksi timbal balik antar pelaku ekonomi disebut circular flow diagram. Ilustrasi dari diagram tersebut terlihat pada gambar diatas. Pada diagram alir ini kita dapat melihat interaksi diantara semua pelaku ekonomi. Pada diagaram interaksi pelaku ekonomi diatas menunjukkan aliran pembayaran yang dilakukan diantara pelaku ekonomi.

Secara lebih jelas dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pada penjelasan kita diawal dikatakan bahwa rumah tangga mempunyai dua peran yaitu 1) konsumsi dan 2) pemilik faktor produksi. Panah no. 1 untuk menggambarkan tugas rumah tangga dalam konsumsi, sedangkan panah no.2 tugas rumah tangga sebagai pemilik faktor produksi.

Coba perhatikan diagram aliran pembayaran dengan panah no. 1. Interaksi pelaku ekonomi antara rumah tangga dengan perusahaan sebagaimana panah no 1 menunjukkan tugas rumah tangga yang melakukan konsumsi. Arah panah dari rumah tangga ke perusahaan tersebut menunjukkan terjadinya aliran pembayaran uang dari rumah tangga kepada perusahaan. Rumah tangga mau memberikan uang untuk kepada perusahaan sebagai harga yang harus dibayarkan karena rumah tangga telah membeli barang/jasa dari perusahaan.

Panah no 2 berkaitan dengan rumah tangga sebagai pemilik faktor produksi. Pemilik faktor produksi disini berarti rumah tangga mempunyai faktor produksi yang dapat dipergunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa.  Contoh sederhananya, untuk membuat sepatu dibutuhkan tenaga kerja yang membuat sepatu. Tenaga kerja ini bukan milik perusahaan, melainkan diambil dari rumah tangga sebagai pemilik faktor produksi. Perusahaan hanya mempekerjakannya. Faktor produksi yang dimiliki rumah tangga dapat berupa tenaga kerja, tanah/gedung, bahkan uang dan kemampuan kewirausahaan.

Pada panah no 2 kita melihat bahwa terjadi aliran pembayaran dari perusahaan kepada rumah tangga. Perusahaan membayar karena rumah tangga telah memberikan faktor produksi yang dimiliki untuk dipergunakan didalam produksi yang dilakukan perusahaan. Contohnya, tenaga kerja yang berasal dari rumah tangga akan dibayarkan gaji/upahnya oleh perusahaan yang mempekerjakannya. Tanah/gedung yang dimiliki oleh rumah tangga dan disewakan kepada perusahaan akan dibayarkan biaya sewanya oleh perusahaan. Bentuk pembayaran yang dilakukan perusahaan kepada rumah tangga dapat berupa gaji, upah, sewa, deviden/profit, dan bunga.

Interaksi pelaku ekonomi sebagaimana panah no 3 menggambarkan aliran pembayaran dari pemerintah kepada rumah tangga. aliran pembayaran dari pemerintah ke rumah tangga ini dapat berupa gaji/upah (bila bekerja untuk pemerintah), bunga (meminjamkan uang kepada pemerintah), atau transfer/subsidi (penerimaan pemberian subsidi/transfer dari pemerintah). Contoh transfer dari pemerintah ini seperti bantuan langsung tunai (BLT).

Panah no 4 dan 5 merupakan aliran pembayaran dari rumah tangga dan perusahaan kepada pemerintah. Dalam hal ini contohnya seperti pajak dan retribusi. Artinya rumah tangga dan perusahaan melakukan aktivitas/kegiatan yang dikenai pajak/retribusi oleh pemerintah, sehingga uang tersebut masuk kepada pemerintah.

Panah no 6 ini merupakan konsumsi yang dilakukan pemerintah. hal ini mirip dengan panah no 1. Pada panah no 6 ini berarti pemerintah membeli barang/jasa dari perusahaan, sehingga pemerintah harus membayarkan kepada perusahaan.

Panah no 7 merupakan interaksi pelaku ekonomi dalam hal impor. Hal ini mirip dengan interaksi rumah tangga yang membeli barang pada perusahaan (panah 1). Hanya saja pada impor sebagaimana panah no 7 ini rumah tangga membeli barang dari luar negeri (impor). Hal ini bukan selalu berarti rumah tangga harus keluar negeri. Dalam hal ini berarti bahwa pihak luar negeri mengirimkan barang kedalam negeri, ini adalah kegiatan impor. Dan rumah tangga membeli barang impor tersebut.

Panah no 8 merupakan kegiatan ekspor, dan merupakan kebalikan dari impor. Pada kegiatan ekspor ini pihak perusahaan dalam negeri menjual barang/jasa keluar negeri. Sehingga terjadid aliran pembayaran dari luar negeri kepada perusahaan dalam negeri (sebagaimana arah anak panah no 8).

 

Dalam kaitannya interaksi pelaku ekonomi ini, terkadang dalam ilmu ekonomi akan lebih spesifik lagi dibahas dalam perekonomian dua sektor, perekonomian tiga sektor dan perekonomian empat sektor. Interaksi pelaku ekonomi memiliki karakteristik tersendiri bila dipelajari lebih dalam.

Demikian pembahasan singkat mengenai pelaku ekonomi. Semoga melalui pembahasan singkat ini kita dapat memahami pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian terdiri atas 4 pelaku yang terdiri atas rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan luar negeri. Serta semoga kita juga dapat memahami interaksi pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top