Pengantar Ekonomi Makro

Pengantar ekonomi makro ini akan memberikan ulasan singkat mengenai ekonomi makro dan kami akan memberikan link / arahan pada pembahasan ekonomi makro lebi detail. Ekonomi makro dari namanya memberikan gambaran cakupan ekonomi yang mengarah pada pembahasan yang bersifat agregat (keseluruhan). Jika ekonomi mikro mempelajari fungsi industri individu dan perilaku unit pengambilan keputusan individu, maka Ekonomi makro adalah yang berkaitan dengan jumlah, atau agregat, dari seluruh keputusan individu ini.

Sebelum membahas lebih lanjut, pada pengantar ekonomi makro ini akan diulas kedalam beberapa bagian:

  • Pengantar ekonomi makro
  • Masalahan ekonomi makro
  • Komponen ekonomi makro

 

Pengantar ekonomi makro

Sebagai pengantar ekonomi makro, kita ingin mulai pembahasan dengan memberikan pengertian ekonomi secara ringkas. Pengertian ekonomi makro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari ekonomi secara keseluruhan (agregat). Karena ekonomi makro membicarakan ekonomi secara agregat maka pembahasan ekonomi makro akan terkait seperti konsumsi semua rumah tangga dalam perekonomian, jumlah tenaga kerja yang disediakan dan diminta oleh semua individu dan perusahaan, dan jumlah total semua barang dan jasa yang diproduksi.

Baca juga: Ilmu Ekonomi

Baca juga: Ekonomi Mikro

Ekonomi makro adalah ekonomi yang berfokus pada faktor penentu total output nasional. Studi ekonomi makro bukan pendapatan rumah tangga tetapi pendapatan nasional, bukan harga individu tetapi tingkat harga keseluruhan. Pembahasan ekonomi makro tidak menganalisis permintaan tenaga kerja di satu perusahaan mobil tetapi total pekerjaan dalam perekonomian.

Ekonomi makro selalu membicarakan sesuatu secara agregat. Agregat digunakan dalam ekonomi makro untuk merujuk pada jumlah. Ketika membicarakan perilaku agregat, yang dimaksudkan adalah perilaku semua rumah tangga dan perusahaan secara bersama-sama. Kita juga berbicara tentang konsumsi agregat dan investasi agregat, yang merujuk pada total konsumsi dan total investasi dalam perekonomian.

Pada mulanya orang-orang mengenal dan mempraktekkan ajaran ekonomi yang dibawa kaum klasik seperti Adam Smith. Namun ketika terjadi great depression di Amerika pada awal abad ke 20, nampaknya apa yang dipelajari dalam ekonomi klasik tidak bekerja saat itu. Ajaran ekonomi kaum klasik nampaknya tunduk dibawah kondisi resesi bahkan depresi tersebut. Dari sinilah lahir pemikiran baru yang dibawa oleh J. M. Keynes. Pandangan ekonomi Keynes inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya ekonomi makro.

Baca juga: Sejarah lahirnya ekonomi makro

 

Masalah Ekonomi Makro

Terdapat 3 fokus utama yang menjadi pemabahasan mengenai masalah ekonomi makro. Tiga topik utama yang menjadi perhatian para ahli ekonomi makro adalah tingkat pertumbuhan output agregat, tingkat pengangguran, dan kenaikan tingkat harga keseluruhan atau inflasi.

Pembuat kebijakan pemerintah ingin memiliki pertumbuhan output tinggi, pengangguran rendah, dan inflasi rendah. Kita akan melihat bahwa tujuan-tujuan ini dapat saling bertentangan dan bahwa satu poin penting dalam memahami ekonomi makro adalah memahami konflik-konflik ini.

Baca juga: Permasalahan ekonomi makro

 

Pertumbuhan Output

Alih-alih tumbuh pada tingkat yang merata setiap saat, ekonomi cenderung mengalami naik turunnya kinerja jangka pendek. Secara teknis, kondisi perekonomian yang naik turun ini menggambarkan kondisi siklus bisnis. Ukuran utama dari bagaimana suatu ekonomi adalah output agregat. Output agregat adalah jumlah total barang dan jasa yang diproduksi dalam perekonomian pada periode tertentu. Dalam istilah teknis, output agregat ini dihitung atau disebut sebagai produk domestik bruto (PDB).

Ketika lebih sedikit diproduksi (dengan kata lain, ketika output agregat menurun), ada lebih sedikit barang dan jasa yang dijual dipasar. Akibatnya standar kehidupan masyarakat akan menurun. Ketika perusahaan mengurangi produksi, maka yang terjadi perusahaan tersebut akan condong memberhentikan pekerja mereka. Hal ini dapat memicu meningkatnya tingkat pengangguran.

Baca juga: Output agregat: PDB, PDRB, dan pertumbuhan ekonomi 

Baca juga: Perbedaan PDB dan PNB

Baca juga: PDB Nominal dan PDB Riil

 

Pengangguran

Seringkali kita mendengar berita di televisi atau radio atau mungkin membacanya melalui koran dan media online, mengenai pembahasan pengangguran. Tingkat pengangguran dipandang sebagai persentase angkatan kerja yang menganggur. Pengangguran seringkali menjadi pemberitaan karena menyangkut soal ekonomi dan juga menjadi bahan politik. Tingkat pengangguran tidak diinginkan oleh semua negara.

Baca juga: Pengangguran

Baca juga: Permintaan tenaga kerja

Baca juga: Penawaran tenaga kerja

 

Inflasi 

Inflasi adalah peningkatan tingkat harga keseluruhan. Menjaga inflasi agar tetap rendah merupakan tujuan kebijakan pemerintah. Terutama yang bermasalah yaitu menyangkut hiperinflasi, atau dikenal dengan periode kenaikan tingkat harga keseluruhan yang sangat cepat.

Hiperinflasi jarang terjadi. Meskipun demikian, para ekonom telah mencurahkan banyak upaya untuk mengidentifikasi biaya dan konsekuensi bahkan dari inflasi yang moderat sekalipun. Adakah yang mendapat untung dari inflasi? Siapa yang kalah? Biaya apa yang dikenakan inflasi pada masyarakat? Seberapa parah mereka? Apa yang menyebabkan inflasi? Apa cara terbaik untuk menghentikannya? Ini adalah beberapa topik perhatian utama para ahli ekonomi makro.

Baca juga: Pengertian Inflasi dan konsepnya

Baca juga: Faktor yang menyebabkan terjadinya inflasi

Baca juga: Hiperinflasi

 

KOMPONEN DARI MAKROEKONOMI

Komponen penting yang dipelajari dalam ekonomi makro yaitu tentang circular flow diagram, pasar terjadinya transaksi, dan peran pemerintah dalam perekonomian.

Pada diagram alir pelaku ekonomi (circular flow diagram) menunjukkan aliran pendapatan yang diterima dan pembayaran yang dilakukan oleh empat pelaku ekonomi dalam perekonomian 4 sektor. Perekonomian 4 sektor terdiri dari rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan seluruh dunia. Bagaimana terjadinya transaksi ekonomi diantara ke empat pelaku ekonomi tersebut yang dijelaskan dalam circular flow diagram. Dari sini kita dapat belajar bagaimana interaksi ekonomi terjadi.

Baca juga: Circular Flow Diagram

Baca juga: Perekonomian 4 sektor

Komponen penting kedua yang dipelajari dalam ekonomi makro yaitu mengenai market arena. Hal ini mengenai dimana terjadinya transaksi ekonomi. Dalam ekonomi, kita mengatakan transaksi ekonomi terjadi dipasar. Ada 3 jenis pasar tempat terjadinya transaksi terjadi. Dengan demikian, pembahasan mengenai pasar akan mengarah pada cara agar mengetahui bagaimana rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan seluruh dunia berhubungan dengan mempertimbangkan pasar di mana interaksi mereka terjadi. Ada 3 jenis pasar tempat interaksi ekonomi terjadi yaitu pada pasar barang/jasa, pasar tenaga kerja, dan pasar uang (finansial).

Baca juga: Jenis-jenis pasar

Baca juga: Pasar input dan pasar output

Komponen ketiga dari ekonomi makro yang menjadi pembahasan yaitu mengenai peran pemerintah dalam perekonomian. Alat yang digunakan oleh pemerintah untuk ikut berperan dalam mempengaruhi perekonomian yaitu melalui kebijakan fiskal dan kebijakan moneter. Kebijakan yang diambil oleh pemerintah pada akhirnya dapat mempengaruhi kondisi perekonomian suatu negara.

Baca juga: Peran pemerintah dalam perekonomian

Baca juga: Kebijakan Fiskal

Baca juga: Kebijakan Moneter

 

Pada pembahasan singkat mengenai pengantar ekonomi makro ini kita ingin memberikan sedikit gambaran apa yang dipelajari dalam ekonomi makro. Untuk uraian lebih lengkap, silahkan kunjungi link-link yang terteta diatas. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top