Peran pengeluaran pemerintah dalam perekonomian neraga yang sedang berkembang

Peran pengeluaran pemerintah dalam perekonomian neraga yang sedang berkembang sangat diperlukan. Dalam ekonomi negara sedang berkembang, Negara harus memainkan peran yang sangat aktif dalam mempromosikan dan mendorong pembangunan ekonominya. Pengeluaran pemerintah adalah instrumen yang digunakan Negara dalam hal ini. Instrumen ini harus digunakan untuk memutus lingkaran setan kemiskinan dan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, ada kepentingan besar pengeluaran pemerintah di negara-negara terbelakang atau sedang berkembang yang menginginkan pembangunan ekonomi yang cepat.

Ada berbagai alasan mengapa Negara harus memainkan peran penting pengeluaran pemerintah dalam mempengaruhi ekonomi negara yang sedang berkembang:

(a) Sebagai instrumen pembentukan modal

Pembentukan modal sangat penting secara strategis dalam hal perkembangan ekonomi yang cepat. Negara dengan ekonomi yang kurang berkembang biasanya mengalami kekurangan modal. Orang-orang di negara-negara yang kurang berkembang cenderung sangat miskin, belum lagi juga mengalami kesulitan membuat tabungan dan investasi. Oleh karena itu, perlu untuk mencapai rasio tabungan yang lebih tinggi terhadap pendapatan nasional, yang merupakan tanggung jawab pemerintah untuk melihat bagaimana tabungan dapat dihasilkan dan pembentukan modal ditingkatkan.

Ini paling baik dilakukan melalui langkah-langkah fiskal. Kebijakan fiskal melalui penggunaan pengeluaran pemerintah akan membantu membentuk modal dalam perekonomian. Peran penting pengeluaran pemerintah untuk meningkatkan pembentukan modal tersebut.

(b) Sebagai instrumen untuk Mengatur Konsumsi dan Produksi

Selain penggunaan pengeluaran pemerintah atau kebijakan fiskal untuk pembentukan modal dapat ditingkatkan, peran lainnya pengeluaran pemerintah misalnya, mengambil berbagai alat produksi di bawah kendali pemerintah. Sistem ini telah diadopsi oleh banyak negara seperti Rusia (Bekas Uni Soviet), Cina, Republik Ceko (bekas Cekoslowakia), Yugoslavia, Mongolia, Kuba, dan Korea Utara. Tetapi sistem terbukti gagal ketika menangani kebutuhan publik. Pada akhir 1980-an, negara-negara sosialis Eropa Timur termasuk Rusia adalah reruntuhan, dengan antrean panjang untuk roti dan kebutuhan lainnya di toko-toko, standar hidup yang rendah dan menurun, teknologi yang ketinggalan zaman, dan kondisi lingkungan yang memburuk.

(c) Mencocokkan Pembangunan Fisik

Dalam setiap rencana pembangunan ekonomi, rencana fisik harus dicocokkan dengan rencana keuangan. Keseimbangan harus dicapai baik secara riil maupun finansial. Penghasilan uang dihasilkan dalam proses produksi dan pasokan digunakan sebagai respons terhadap permintaan uang. Oleh karena itu, penting untuk beroperasi dan memodifikasi aliran pendapatan uang untuk menjaga keseimbangan antara pasokan barang-barang konsumen dan daya beli yang tersedia untuk dihabiskan untuk mereka, antara tabungan dan investasi dan antara penerimaan dan pembayaran di luar negeri.

(d) Mempengaruhi Tingkat Tabungan dan Investasi:

Pengeluaran pemerintah dapat memberikan pengaruh penting dalam meningkatkan tingkat tabungan dan investasi. Sebagai contoh, sistem pajak dapat dirancang sedemikian rupa untuk mencegah konsumsi barang-barang yang kurang penting dan dengan demikian melepaskan sumber daya untuk dipekerjakan di saluran yang lebih produktif. Selanjutnya, sistem pajak dapat digunakan untuk meningkatkan tabungan publik yang pada gilirannya dapat digunakan untuk membiayai peningkatan investasi publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top