Contoh Ekonomi Kreatif di Desa yang Wajib Anda Coba

Contoh Ekonomi Kreatif di Desa yang Wajib Anda Coba – Contoh ekonomi kreatif di pedesaan sangat beragam. Seperti namanya, ekonomi kreatif memang melibatkan kreativitas dalam meningkatkan sektor perekonomian. Oleh karena itu, industri ekonomi kreatif bisa melibatkan kreator dan inovator ini dalam membangunnya. Kreativitas dan inovasi juga mampu menjadikan sistem perekonomian semakin unggul.

Berikut adalah beberapa Contoh Ekonomi Kreatif di Desa yang wajib Anda coba:

Inilah Beberapa Contoh Ekonomi Kreatif di Desa

Dapat dikatakan bahwa kreativitas adalah kemampuan memikirkan sesuatu hal yang baru. Sedangkan inovasi adalah melakukan hal yang bersifat baru. Dengan melibatkan kedua unsur ini, maka ekonomi kreatif dapat memberikan kontribusi terhadap sistem perekonomian. Selain itu, iklim usaha juga dapat terwujud. Pada dasarnya ekonomi kreatif berperan penting dalam membangun jati diri dan citra bangsa.

Ada berbagai sumber daya baru juga dapat dikembangkan dengan baik oleh ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif ini juga mudah ditemui di berbagai tempat, termasuk di desa. Meski di desa, namun potensi yang dimilikinya bagus. Bagi yang penasaran apa saja contoh ekonomi kreatif di desa, bacalah pembahasan dibawah ini. Pastikan mendengarkan dengan sangat cermat agar tidak ada satu poin pun yang terlewat.

Pengembangan Kekayaan Alam

Salah satu contoh ekonomi kreatif di pedesaan yang sangat populer di Indonesia adalah pengembangan sumber daya alam. Sudah bukan rahasia lagi kalau desa mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah. Selain itu, desa ini juga menawarkan beberapa pemandangan alam yang sangat indah dan menyejukkan. Bahkan udara yang ada di desa juga segar karena jauh dari polusi atau penyebab polusi udara lain. Oleh karena itu, kekayaan alam desa dapat dikembangkan dengan menyediakan desa wisata.

Apa Saja Contoh Ekonomi Kreatif di Desa yang Wajib Anda Coba?

Misalnya saja untuk desa yang berada di perbukitan, Anda bisa memanfaatkan danau atau cekungan kecil sebagai wisata air. Lalu bagi desa-desa yang memiliki perkebunan teh atau persawahan bisa dijadikan spot foto. Pastikan membuat aturan bagi wisatawan yang datang agar tidak merusak kekayaan alamnya. Tidak sampai disitu, ekonomi kreatif juga bisa berupa tempat berkemah dengan kearifan lokal.

Kerajinan Tangan

Contoh ekonomi kreatif di desa selanjutnya adalah kerajinan tangan. Masyarakat desa mempunyai kreativitas dan inovasi yang baik sehingga dapat dimanfaatkan untuk menciptakan kerajinan tangan. Kerajinan tangan juga bisa berupa aksesoris, manik-manik, miniatur, dan lain-lain. Anda bisa membuat tas uni dari bahan rotan yang banyak tersedia di desa tersebut. Selain rotan, tas juga bisa dibuat dengan menggunakan bambu. Sudah bukan rahasia lagi kalau bambu ini sangat mudah ditemukan di pedesaan.

Tidak hanya tas dan aksesoris saja, ekonomi kreatif yang satu ini juga bisa melahirkan berbagai kerajinan tangan lainnya dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di pedesaan. Meski bahan-bahannya mudah didapat, namun harganya tidak murah. Pasalnya, membuat kerajinan tangan bukanlah hal yang mudah. Kualitas yang ditampilkan juga tidak main-main. Maka tidak heran jika harganya tidaklah murah.

Budidaya Tanaman Lokal

Budidaya tanaman lokal ini dapat menjadi contoh ekonomi kreatif ydi pedesaan. Pada umumnya ada tumbuhan khusus yang hanya dapat ditemukan di suatu desa. Jika di desa Anda terdapat tanaman yang jarang ditemukan di daerah lain, ada baiknya Anda memanfaatkannya sebagai ekonomi kreatif. Anda bisa mulai membudidayakan tanaman lokal tersebut, mulai dari persiapan lahan hingga saat penjualan.

Untuk mencuri perhatian dan meningkatkan minat terhadap tanaman lokal, Anda bisa mempromosikan berbagai keunggulan yang dimilikinya. Itulah ulasan tentang Contoh Ekonomi Kreatif di Desa yang Wajib dicoba. Semoga bermanfaat untuk Anda dan saya ucapkan banyak sekali terima kasih atas perhatiannya.

Be the first to comment

Leave a Reply