Pokok bahasan dan ruang lingkup ekonomi mikro

Ekonomi Mikro

Tahukah sobat apa saja Pokok bahasan dan ruang lingkup ekonomi mikro? Mahasiswa ekonomi Pembangunan wajib banget nih buat tahu apa saja ruang lingkup ekonomi mikro dan apa saja yang menjadi pokok bahasan dalam ekonomi mikro. Mata kuliah ekonomi mikro menjadi salah satu mata kuliah wajib dan dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa Ekonomi. Nah, pada kesempatan ini kita akan banyak mengulas tentang dua hal tersebut.

Sebelum membahas lebih dalam Pokok bahasan ekonomi mikro dan ruang lingkupnya, mari kita sedikit mengulas pengertian dari ilmu ekonomi mikro.

Ilmu Ekonomi Mikro yaitu cabang ilmu ekonomi yang meneliti fungsi industri individu dan perilaku unit pengambilan keputusan individu — yaitu, perusahaan dan rumah tangga. Pada dasarnya ekonomi mikro banyak berfokus pada unit individu pelaku ekonomi. Dalam hal ini unit individu pembuat Keputusan ekonomi yakni Perusahaan dan rumah tangga.

 

Ruang lingkup ekonomi mikro

Ruang lingkup ekonomi mikro berkaitan dengan fungsi industri individu dan perilaku unit pengambilan keputusan ekonomi individu. Unit pengambil keputusan ditingkat individu yakni terdiri atas perusahaan dan rumah tangga. Sehingga ruang lingkup ekonomi mikro banyak yang berfokus pada pengambilan keputusan ekonomi yang dilakukan oleh perusahaan dan rumah tangga serta fungsi industrinya. Pada ekonomi mikro interaksi ekonomi yang terjadi yakni interaksi ekonomi antara dua pelaku ekonomi yakni perusahaan dan rumah tangga.

Baca selengkapnya: Aktivitas ekonomi dua sektor (perusahaan dan rumah tangga)

Beberapa persoalan yang menjadi ruang lingkup ekonomi mikro contohnya:

  • Perilaku ekonomi perusahaan diantaranya harus membuat keputusan ekonomi berupa pilihan perusahaan tentang apa yang harus diproduksi dan berapa banyak biaya untuk memproduksi barang dan jasa, siapa yang mendapatkan barang dan jasa yang diproduksi. Dalam ekonomi mikro, persoalan tersebut akan dibahas didalam teori penawaran, teori produksi dan teori biaya produksi.
  • Perilaku ekonomi rumah tangga dalam hal konsumsi diantaranya harus membuat pilihan rumah tangga tentang apa dan berapa banyak yang harus dibeli membantu menjelaskan mengapa ekonomi menghasilkan barang dan jasa yang dilakukannya. Hal tersebut akan dibahas pada teori permintaan, elastisitas dan teori perilaku konsumen.
  • Rumah tangga kaya mendapatkan lebih dari rumah tangga miskin, dan kekuatan yang menentukan distribusi output ini adalah menjadi ranah pembahasan ekonomi mikro. Mengapa kemiskinan itu ada? Siapa yang miskin? Mengapa beberapa pekerjaan membayar lebih dari yang lain? Bayangkan lagi tentang apa yang Anda konsumsi dalam sehari, dan kemudian pikirkan kembali pemandangan kota besar.
  • Seseorang memutuskan untuk membangun pabrik-pabrik. Seseorang memutuskan untuk membangun jalan, membangun perumahan, memproduksi mobil, dan merokok. Mengapa? Apa yang terjadi di semua bangunan itu? Sangat mudah untuk melihat bahwa memahami keputusan mikro individu sangat penting untuk bisa memahami kondisi masyarakat.

Ruang lingkup ekonomi mikro mempelajari pada Keputusan ekonomi yang dibuat oleh unit individu pembuatan Keputusan (rumah tangga dan Perusahaan). Perilaku dan interaksi ekonomi yang terjadi antara dua pelaku ekonomi ini beserta bagaimana kondisi yang terjadi dipasar/industri tempat dua pelaku ekonomi ini berinteraksi menjadi bagian ruang lingkup yang dipelajari dalam ekonomi mikro.

 

Baca juga: Ilmu Ekonomi

Baca juga: Ekonomi Makro

 

Pokok bahasan

Berdasarkan pada ruang lingkup diatas, kita dapat memperoleh gambaran bahwa pelajaran ekonomi mikro akan berfokus pada analisis ilmu ekonomi yang dilakukan oleh unit individu pembuat keputusan/kebijakan yakni yang dilakukan oleh perusahaan dan rumah tangga. Aktivitas ekonomi antara perusahaan dan rumah tangga ini memunculkan banyak sekali pokok bahasan. Beberapa diantara pokok bahasan ekonomi mikro yaitu

  1. Ruang Lingkup dan Metode Ekonomi dan Pilihan
  2. Permintaan, Penawaran, dan Ekuilibrium Pasar
  3. Elastisitas
  4. Perilaku Rumah Tangga dan Pilihan Konsumen
  5. Proses Produksi: Perilaku Perusahaan yang Memaksimalkan Keuntungan
  6. Biaya jangka pendek dan keputusan output
  7. Biaya Jangka Panjang dan Keputusan Output
  8. Permintaan Input: Pasar Tenaga Kerja dan Tanah
  9. Permintaan Input: Pasar Modal dan Keputusan Investasi
  10. Keseimbangan Umum dan Efisiensi Pasar Persaingan Sempurna
  11. Kebijakan Monopoli dan Antimonopoli
  12. Oligopoli
  13. Persaingan Monopolistik
  14. Eksternalitas, Barang Publik, dan Pilihan Sosial
  15. Ketidakpastian dan Informasi Asimetris
  16. Distribusi Pendapatan dan Kemiskinan
  17. Keuangan Publik: Ekonomi Perpajakan

 

Demikian pembahasan singkat tentang Pokok bahasan ekonomi mikro dan ruang lingkup ekonomi mikro. Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply