Teori Konsumsi Franco Modigliani dan Hipotesa Siklus Hidup

Teori Konsumsi Franco Modigliani

Teori Konsumsi Franco Modigliani memaparkan konsep konsumsi siklus hidup. Bagaimana hipotesis konsumsi yang dipaparkan Modigliani? Pembahasan ini akan mengulas hal tersebut.

Teori Konsumsi Siklus Hidup Franco Modigliani

Pada tahun 1950-an, Franco Modigliani bersama temannya Albert Ando dan Richard Brumberg menggunakan model perilaku konsumen Fisher untuk mempelajari fungsi konsumsi. Salah satu tujuan mereka adalah untuk memecahkan teka-teki dalam fungsi konsumsi. Puzzle teori konsumsi menampakkan potongan-potongan bukti yang tampaknya saling bertentangan yang terungkap ketika fungsi konsumsi Keynes dihadapkan dengan data.

Menurut model Fisher, konsumsi tergantung pada pendapatan seumur hidup seseorang. Modigliani menekankan bahwa pendapatan bervariasi secara sistematis sepanjang kehidupan orang dan bahwa menabung memungkinkan konsumen untuk memindahkan pendapatan dari masa-masa dalam kehidupan ketika pendapatan tinggi ke masa-masa ketika rendah. Interpretasi perilaku konsumen ini menjadi dasar bagi hipotesis teori konsumsi siklus hidup Modigliani.

 

Hipotesis konsumsi Modigliani

Salah satu alasan penting pendapatan bervariasi sepanjang hidup seseorang adalah pensiun. Kebanyakan orang berencana untuk berhenti bekerja pada usia 65 tahun. Penghasilan mereka akan turun ketika mereka pensiun. Namun mereka tidak ingin penurunan besar dalam standar hidup mereka, yang diukur dengan konsumsi mereka.

Untuk mempertahankan tingkat konsumsi mereka setelah pensiun, orang harus menabung selama tahun-tahun mereka bekerja. Mari kita lihat apa maksud dari motif menabung ini berdampak untuk fungsi konsumsi.

Bayangkan seorang konsumen yang mengharapkan untuk hidup T tahun lagi, memiliki kekayaan W, dan berharap untuk mendapatkan penghasilan Y sampai dia pensiun R tahun dari sekarang. Pada teori konsumsi Modigliani ini, tingkat konsumsi yang dipilih konsumen yaitu untuk mempertahankan tingkat konsumsi yang lancar selama hidupnya.

Sumber daya seumur hidup konsumen terdiri dari kekayaan awal W dan pendapatan seumur hidup R × Y. Untuk kesederhanaan, kita mengasumsikan tingkat bunga nol; jika tingkat bunga lebih besar dari nol, kita perlu memperhitungkan bunga yang diperoleh dari tabungan juga. Konsumen dapat membagi sumber daya seumur hidupnya di antara tahun-tahun sisa hidupnya.

Asumsi yang digunakan bahwa ia ingin mencapai jalur konsumsi semulus mungkin sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, ia membagi total W + RY ini secara merata di antara tahun-tahun T dan konsumsi setiap tahun

C = (W + RY) / T.

Fungsi konsumsi orang ini dapat ditulis sebagai berikut

C = (1 / T) W + (R / T) Y.

Misalnya, jika konsumen mengharapkan untuk hidup selama 50 tahun lebih dan bekerja untuk 30 tahun, maka T = 50 dan R = 30, sehingga fungsi konsumsinya adalah

C = 0,02W + 0,6Y.

Persamaan ini mengatakan bahwa konsumsi tergantung pada pendapatan dan kekayaan. Penghasilan tambahan $ 1 per tahun meningkatkan konsumsi sebesar $ 0,60 per tahun, dan kekayaan tambahan $ 1 meningkatkan konsumsi sebesar $ 0,02 per tahun.

Jika setiap individu dalam ekonomi merencanakan konsumsi seperti ini, maka fungsi konsumsi agregat hampir sama dengan individu. Khususnya, konsumsi agregat tergantung pada kekayaan dan pendapatan. Artinya, fungsi konsumsi ekonomi adalah

C = a W + BY,

di mana parameter a adalah kecenderungan marginal untuk mengkonsumsi di luar kekayaan, dan parameter B adalah kecenderungan marginal untuk mengkonsumsi di luar pendapatan.

 

Implikasi teori konsumsi siklus hidup

Model konsumen siklus hidup ini dapat memecahkan teka-teki konsumsi yang ada sebelumnya. Menurut fungsi konsumsi siklus hidup, kecenderungan mengkonsumsi rata-rata adalah

C / Y = a (W / Y) + b

Karena kekayaan tidak bervariasi secara proporsional dengan pendapatan dari orang ke orang atau dari tahun ke tahun, kita harus menemukan bahwa pendapatan tinggi sesuai dengan kecenderungan konsumsi rata-rata yang rendah ketika melihat data antar individu atau dalam periode waktu yang singkat. Tetapi selama periode waktu yang lama, kekayaan dan pendapatan tumbuh bersama, menghasilkan rasio W / Y yang konstan dan dengan demikian kecenderungan mengkonsumsi rata-rata yang konstan.

Untuk membuat poin yang sama agak berbeda, pertimbangkan bagaimana fungsi konsumsi berubah seiring waktu. Untuk setiap tingkat kekayaan tertentu, fungsi konsumsi siklus hidup tampak seperti yang disarankan Keynes. Tetapi fungsi ini hanya berlaku dalam jangka pendek ketika kekayaan konstan. Dalam jangka panjang, dengan meningkatnya kekayaan, fungsi konsumsi bergeser ke atas. Pergeseran ke atas ini mencegah kecenderungan mengkonsumsi rata-rata dari penurunan ketika pendapatan meningkat. Dengan cara ini, Modigliani memecahkan teka-teki konsumsi yang ditimbulkan oleh data Simon Kuznets.

Model teori konsumsi siklus hidup Franco Modigliani membuat banyak prediksi lain juga. Yang paling penting, ini memprediksi bahwa menabung bervariasi selama masa hidup seseorang. Jika seseorang mulai dewasa tanpa kekayaan, dia akan mengumpulkan kekayaan selama tahun-tahun kerjanya dan kemudian menurunkan kekayaannya selama masa pensiunnya. Menurut hipotesis siklus-hidup, karena orang ingin memperlancar konsumsi sepanjang hidup mereka, kaum muda yang bekerja akan menabung, sedangkan yang tua yang sudah pensiun menggunakan tabungan yang mereka miliki.

Penjelasan pertama adalah bahwa orang tua khawatir tentang biaya tak terduga. Penghematan tambahan yang muncul dari ketidakpastian disebut tabungan pencegahan. Salah satu alasan penyelamatan kehati-hatian oleh orang tua adalah kemungkinan hidup lebih lama dari yang diharapkan dan karenanya harus menyediakan masa pensiun yang lebih lama dari rata-rata. Alasan lain adalah kemungkinan penyakit dan tagihan medis yang besar. Lansia dapat merespons ketidakpastian ini dengan menabung lebih banyak agar lebih siap menghadapi kemungkinan-kemungkinan ini.

Penjelasan pencegahan kehati-hatian tidak sepenuhnya meyakinkan, karena orang tua sebagian besar dapat mengasuransikan risiko ini. Untuk melindungi dari ketidakpastian mengenai masa hidup, mereka dapat membeli anuitas dari perusahaan asuransi. Untuk biaya tetap, anuitas menawarkan aliran pendapatan yang berlangsung selama penerima. Ketidakpastian tentang biaya medis sebagian besar harus dihilangkan oleh Medicare, rencana asuransi kesehatan pemerintah untuk orang tua, dan oleh rencana asuransi swasta.

Penjelasan kedua atas kegagalan lansia untuk menggunakan tabungan adalah mereka mungkin ingin menyerahkan warisan kepada anak-anak mereka. Para ekonom telah mengajukan berbagai teori tentang hubungan orangtua-anak dan motif warisan.

Secara keseluruhan, penelitian pada lansia menunjukkan bahwa model siklus hidup yang paling sederhana tidak dapat sepenuhnya menjelaskan perilaku konsumen. Tidak ada keraguan bahwa menyediakan masa pensiun adalah motif penting untuk menabung, tetapi motif lain, seperti tabungan pencegahan dan warisan, juga tampak penting.

Be the first to comment

Leave a Reply