Merkantilisme: Pengertian, Tujuan, & Contoh Merkantilisme

Merkantilisme

Merkantilisme adalah pandangan ekonomi yang dapat dikatakan mengarah pada nasionalisme ekonomi. Meskipun demikian, untuk perdagangan internasional, merkantilisme ini menjadi sesuatu yang cukup kontroversial. Sebagai mana dapat dilihat dalam sikap presiden Trump. Sikap ekonomi presiden Amerika tersebut mengindikasikan neo-merkantilisme.

Dahulu, merkantilisme menjadi salah satu pandangan ekonomi yang diterapkan oleh negara-negara. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang mengarah pada globalisasi, hal tersebut bertentangan dengan merkantilisme. Pada dunia global sekarang, cenderung mengarah pada perdangan internasional yang bebas.

Lantas seperti apakah merkantilisme sebenarnya? Pada kesempatan ini kita akan membicarakan lebih dalam mengenai topik pembahasan ini.

Baca juga: Perdagangan internasional

Baca juga: Keuntungan absolut

Baca juga: Keuntungan komparatif

 

Pengertian Merkantilisme

Adam Smith, ‘Bapak Ekonomi’ pertama kali menggunakan kata ‘merkantilisme’ dalam bukunya yang terkenal ‘Wealth of Nations’. Pengertian merkantilisme adalah peraturan dari pemerintah tentang urusan ekonomi, khususnya yang terkait perdagangan dan industri. Para eksponen merkantilisme berpendapat bahwa perdagangan adalah kunci bagi kemajuan setiap negara dan dapat dicapai dengan mengorbankan kepentingan negara lain. Meskipun mereka menekankan ekonomi, mereka tidak pernah menginginkan intervensi dalam politik.

Menurut Amadeo bahwa pengertian merkantilisme adalah teori ekonomi yang menganjurkan peraturan pemerintah tentang perdagangan internasional untuk menghasilkan kekayaan dan memperkuat kekuatan nasional. Pemerintah dan pengusaha secara bersama-sama mengupayakan perdagangan yang menguntungkan bagi dalam negeri dengan meningkatkan surplus perdagangan atau memperkecil defisit. Dengan tujuan untuk mendanai pertumbuhan perusahaan, militer, dan nasional.

Baca juga: Ilmu Ekonomi

Baca juga: Ekonomi mikro

Baca juga: Ekonomi makro

Merkantilisme dapat dianggap sebagai bentuk nasionalisme ekonomi. Merkantilisme berupaya mendorong kebijakan perdagangan yang memberi perlindungan industri lokal yang mereka miliki. Dalam merkantilisme, pemerintah memperkuat faktor-faktor produksi untuk pemilik swasta/perusahaan. Terdapat 4 faktor produksi yang diperkuat yaitu kewirausahaan, barang modal, sumber daya alam, dan tenaga kerja. Dalam hal ini pemerintah menetapkan monopoli, memberikan status bebas pajak, dan memberikan pensiun untuk industri yang disukai, membebankan tarif pada impor, juga melarang emigrasi tenaga kerja terampil, modal, dan peralatan. Hal itu tidak memungkinkan sesuatu apa pun yang dapat membantu perusahaan asing.

Pemerintah yang melakukan merkantilisme tentu mengharapkan imbalan dari pihak swasta/perusaahan. Ekspansi ekonomi keluar negeri dan melindungi industry dalam negeri diharapkan dapat memberikan efek penyaluran kekayaan kembali kepada pemerintah melalui pajak. Pajak yang diperoleh dapat digunakan untuk mendorong pertumbuhan nasional serta kekuatan politik.

‘Revolusi Komersial’ yang berlangsung antara 1450 dan 1750 membawa perubahan revolusioner dalam ekonomi Eropa. Banyak negara Eropa mendorong intervensi negara dalam kegiatan komersial untuk meningkatkan kekayaan dan kekuasaan nasional. Ini melahirkan ‘merkantilisme’ yang memainkan peran vital dalam kemakmuran ekonomi suatu negara. Merkantilisme ini menciptakan tonggak sejarah di bidang Ekonomi Eropa.

Saat ini istilah “merkantilisme”, jika diakui sama sekali, dipahami sebagai “pemikiran keliru dalam ekonomi makro”, dan dapat digunakan sebagai cara untuk menangkal lawan doktrinal seseorang. Paragraf berikut dari Landreth dan Collander (hal.45) secara efektif mendefinisikan “merkantilisme bagi kita:

Tujuan dari kegiatan ekonomi, menurut sebagian besar merkantilis, adalah produksi – bukan konsumsi, seperti yang nantinya dimiliki oleh ekonomi klasik. Bagi kaum merkantilisme, kekayaan bangsa tidak didefinisikan dalam hal jumlah kekayaan individu. Mereka menganjurkan peningkatan kekayaan negara dengan secara simultan mendorong produksi, meningkatkan ekspor, dan menekan konsumsi domestik. Dengan demikian, kekayaan bangsa terletak pada kemiskinan banyak orang. Meskipun para merkantilisme sangat menekankan pada produksi, pasokan barang yang berlimpah di suatu negara dianggap tidak diinginkan. Tingkat produksi yang tinggi bersama dengan konsumsi domestik yang rendah akan memungkinkan peningkatan ekspor, yang akan meningkatkan kekayaan dan kekuatan negara. Kaum merkantilis menganjurkan upah rendah untuk memberikan keunggulan kompetitif ekonomi domestik dalam perdagangan internasional. Juga, mereka percaya bahwa upah di atas tingkat subsisten akan mengakibatkan berkurangnya upaya tenaga kerja: upah yang lebih tinggi akan menyebabkan pekerja bekerja lebih sedikit jam per tahun, dan output nasional akan turun. Dengan demikian, ketika tujuan kegiatan ekonomi didefinisikan dalam hal output nasional dan bukan dalam hal konsumsi nasional, kemiskinan bagi individu menguntungkan bangsa.

Baca juga: Teori konsumsi

Baca juga: Teori produksi

Baca juga: Teori biaya produksi

Karenanya, para pedagang merkantakan menganggap klaim keuangan yang cair dan dapat direalisasikan secara internasional (dalam bentuk emas atau perak), daripada barang dan jasa yang dapat dikonsumsi, sebagai kekayaan nasional. Karena kekayaan seperti itu dicapai dengan mengimbangi surplus perdagangan, maka itu adalah peran “negarawan” untuk memfasilitasi penciptaan kondisi dalam ekonomi domestik – dan kerajaan yang terkait, jika ada – yang akan memungkinkan bangsanya untuk menang atas orang lain dalam sebuah kontes untuk supremasi ekspor. (Rankin, 2011)

 

Tokoh

Daftar sepuluh merkantilis teratas yang memengaruhi kebijakan ekonomi: 1. Antonio Serra 2. Sir Thomas Mun 3. Sir Josiah Child 4. Philipp Von Hornick 5. Johannes Nejnrich Gottleb Von’ Justi 6. Joachim George Daries.

 

Sejarah Merkantilisme

Penerapan merkantilisme mendominasi Eropa pada tahun 1500 hingga 1800. Setiap negara memiliki keinginan untuk ekspor yang lebih besar dibanding dengan yang diimpor. Sebagai imbalannya, mereka menerima emas. Contohnya seperti Inggris, Spanyol, Perancis dan Belanda mencoba bersaing pada segi militer dan ekonomi. Mereka berupaya menghasilkan tenaga kerja terampil dan angkatan bersenjata.

Munculnya industrialisasi dan kapitalisme mengatur panggung untuk merkantilisme. Peran pemerintah semakin kuat untuk melindungi pebisnis dalam negeri. Pemerintah membantu para pebisnis agar dapat bersaing dengan pihak luar negeri. Contohnya adalah The British East India Company yang mengalahkan para pangeran India dengan 260.000 tentara bayaran dan kemudian menjarah kekayaan mereka. Pemerintah Inggris melindungi kepentingan perusahaan. Banyak anggota Parlemen memiliki saham di perusahaan. Akibatnya, kemenangannya berjajar di saku mereka.

Merkantilisme bergantung pada kolonialisme. Pihak pemerintah akan memanfaatkan militer sebagai sarana untuk menjajah negara lain. Begitu pula dilakukan para pebisnis. Pengusaha akan berupaya menguasai sumber daya alam dan manusianya sekaligus. Motif keuntungan dari penjajahan ini mendorong perluasan jajahan sehingga membawa keuntungan bagi pebisnis dan bangsanya.

Merkantilisme juga bekerja bergandengan tangan dengan standar emas. Negara-negara saling membayar dalam emas untuk ekspor. Negara-negara dengan emas terbanyak adalah yang terkaya. Mereka bisa menyewa tentara bayaran dan penjelajah untuk memperluas kerajaan mereka. Dengan perluasan wilayah kekuasaan ini mereka dapat mengekspoitasi wilayah jajahan. Akhirnya, semua negara/kerajaan ingin memperoleh keuntungan (surplus) dan mengurangi defisit.

 

Akhir dari Merkantilisme

Merkantilisme pada akhir 1700-an hancur akibat mulai munculnya demokrasi dan perdagangan bebas. Revolusi Amerika dan Perancis meresmikan negara-negara yang diperintah dengan sistem demokrasi. Mereka negara-negara besar yang menjadi pendukung kapitalisme.

Terbitan 1776 buku dari Adam Smirth berjudul “The Wealth of Nations” mengakhiri merkantilisme. Adam Smirth berpendapat perdagangan luar negeri akan memperkuat perekonomian kedua belah pihak (kedua negara) yang berdagang. Setiap negara berspesialisasi dalam apa yang menghasilkan terbaik dan memberikannya keunggulan komparatif. Kapitalisme dengan laissez-faire Smith bertepatan dengan mulai bangkitnya demokrasi di Amerika Serikat dan Eropa.

 

Baca juga: Pengertian perdagangan internasinal

Baca juga: Ekonomi Laissez-Faire Smith

 

Bangkitnya Neomerkantilisme

Kehancuran Perang Dunia II menakutkan negara-negara Sekutu untuk menginginkan kerja sama global. Mereka melihat merkantilisme sebagai berbahaya, dan globalisasi adalah keselamatannya.
Tetapi negara-negara lain tidak setuju. Uni Soviet dan Cina terus mempromosikan bentuk merkantilisme. Perbedaan utama adalah bahwa sebagian besar bisnis mereka adalah milik negara. Seiring waktu, mereka menjual banyak perusahaan milik negara kepada pemilik pribadi. Pergeseran ini membuat negara-negara itu bahkan lebih merkantilisme.

Neomerkantilisme sangat cocok dengan pemerintahan komunis mereka. Mereka mengandalkan ekonomi komando yang direncanakan secara terpusat. Itu memungkinkan mereka untuk mengatur perdagangan luar negeri. Mereka juga mengontrol neraca pembayaran dan cadangan devisa mereka. Para pemimpin mereka memilih industri mana yang akan dipromosikan. Mereka ikut andil pada perang mata uang agar mampu memberikan harga ekspor yang lebih murah. Misalnya, Cina membeli Treasurys A.S. untuk memicu perdagangannya dengan Amerika Serikat. Akibatnya, China menjadi pemilik asing terbesar utang AS.

Kondisi Masa Kini

Merkantilisme meletakkan dasar bagi nasionalisme dan proteksionisme saat ini. Bangsa-bangsa merasa kehilangan kekuatan sebagai akibat globalisme dan saling ketergantungan perdagangan bebas.

Resesi hebat memperparah kecenderungan merkantilisme di negara-negara kapitalis. Misalnya, pada 2016, Amerika Serikat memilih populis Donald Trump sebagai presiden. Kebijakan Trump mengikuti bentuk neo-merkantilisme.
Kebijakan fiskal Trump dilakukan secara ekspansif. Hal yang dilakukan Trump misalnya membantu pebisnis dengan memotong pajak. Pada perjanjian perdagangan kadang dia memaksa kebijakan sepihak. Negara yang kuat akan menekan negara yang lemah agar menerapkan kebijakan perdagangan yang sesuai keinginannya. Trump menyetujui perjanjian multilateral yang memberi keuntungan pada pengusaha meskipun harus mengorban negara masing-masing. Hal ini menjadi ciri atas merkantilisme dan nasionalisme ekonomi.

Merkantilisme menentang imigrasi karena mengambil pekerjaan dari pekerja rumah tangga. Kebijakan imigrasi Trump mengikuti merkantilisme. Misalnya, dia berjanji akan mendirikan tembok di perbatasan Meksiko.
Kebijakan merkantilisme yang dilakukan oleh China dan Amerika Serikat pada tahun 2018 melahirkan perang dagang. Kedua belah pihak mengancam akan menaikkan tarif impor masing-masing. Trump ingin China membuka pasar domestiknya ke perusahaan-perusahaan AS. China mengharuskan mereka untuk mentransfer teknologi mereka ke perusahaan-perusahaan Cina.

Trump juga ingin mengakhiri beberapa subsidi Cina. China berupaya menolong 10 industri prioritas dalam perencanaan “Made in China 2025”. Ini termasuk robotika, kedirgantaraan, dan perangkat lunak. Cina juga berencana untuk menjadi pusat kecerdasan buatan primer dunia pada tahun 2030.
Cina melakukan ini sebagai bagian dari reformasi ekonominya. Ia ingin beralih dari ekonomi komando total yang mengandalkan ekspor. Ia menyadari bahwa ia membutuhkan ekonomi campuran yang didorong oleh domestik. Tetapi ia tidak memiliki rencana untuk meninggalkan adopsi merkantilisme.

 

Ciri-ciri Merkantilisme

Merkantilisme memiliki banyak karakteristik. Itu terlihat sebagian besar di negara-negara Eropa. Di antara negara-negara yang menonjol itu ada Inggris, Prancis, Jerman, Italia, dll.

Ciri-ciri merkantilisme adalah sebagai berikut:

  1. Perdagangan luar negeri

Pada awalnya, para pedagang menekankan pada perdagangan luar negeri. Mereka tahu bahwa emas dan perak tidak banyak tersedia di banyak negara. Mereka ingin mendapatkan emas dan perak dari negara lain dengan mengirimkan produk mereka sendiri kepada mereka.

2. Penekanan pada Uang:

Uang, “lebih cerah dari sinar matahari dan lebih manis dari madu” adalah fitur lain dari Merkantilisme. Para pedagang telah memahami bahwa untuk pengembangan perdagangan, uang diperlukan. Jadi, mereka membuang ‘barter’. Mereka menekan pentingnya uang.

3. Keuntungan dan Bunga

Moon, seorang ekonom terkemuka telah menyarankan untuk mengenakan bunga pada pokok ketika uang dipinjamkan. Itu meningkatkan jumlah uang di dalam suatu negara. Di sisi lain, itu juga mengilhami seorang pedagang untuk bekerja keras demi pembayaran kembali uang yang telah ia pinjam dan juga mendorongnya untuk menjadi kaya. Dengan demikian, keuntungan dan manfaat menjadi dua sisi merkantilisme.

4. Populasi

Merkantilisme menekankan pada populasi. Devenant berpendapat bahwa kekuatan nyata suatu negara adalah populasinya. Kehadiran lebih banyak populasi membantu dalam pertumbuhan industri yang mengarah pada lebih banyak produksi. Benteng Samuel telah menyarankan bahwa jika dibutuhkan, para pengungsi harus dipekerjakan di pabrik yang berbeda dan diberi tempat berlindung di negara itu untuk produksi yang lebih banyak.

5. Media Produksi

Eksponen merkantilisme menekankan pada ‘tanah’ dan ‘tenaga kerja’. Dalam bahasa Peltti, “Buruh adalah ayah…. karena tanah adalah ibu ”. Jadi, merkantilisme menyampaikan pesan bahwa suatu negara harus makmur secara ekonomi. Dengan ini, suatu negara harus swasembada dalam produksi.

6. Peraturan Perdagangan dan Perdagangan

Para pedagang Eropa telah menemukan cara untuk mengatur perdagangan dan perdagangan suatu negara. Setiap Negara Eropa membingkai hukum untuk mengatur perdagangan dan perdagangannya. Dengan undang-undang ini, tidak mungkin mengimpor barang dari luar negeri. Ini membantu dalam mengekspor surplus negara.

7. Dorongan untuk Kapitalisme

Merkantilisme dimaksudkan untuk mendorong kapitalisme. Kaum kapitalis menginvestasikan modal mereka dan membuat merkantilisme lebih mobile. Sulit bagi merkantilisme untuk berkembang tanpa modal. Ini membantu dalam pertumbuhan perdagangan dan perdagangan.

Prinsip Emas:

‘Prinsip Emas’ dari merkantilisme mengandung karakteristik utamanya. Prinsip-prinsip itu adalah kemandirian, industri, tambang, perdagangan, kekuatan angkatan laut, koloni, persatuan, dll. Dipandu oleh prinsip-prinsip ini, kolonialisme mencapai puncak kesuksesan.

 

Baca juga: Pasar Bebas ASEAN

 

Prinsip-prinsip dasar merkantilisme

Prinsip-prinsip dasar dari merkantilisme termasuk

(1) keyakinan bahwa jumlah kekayaan di dunia relatif statis;

(2) keyakinan bahwa kekayaan suatu negara dapat dinilai dengan paling baik dari jumlah logam mulia atau emas yang dimilikinya;

(3) kebutuhan untuk mendorong ekspor atas impor sebagai sarana untuk memperoleh keseimbangan perdagangan luar negeri yang menguntungkan yang akan menghasilkan logam-logam tersebut;

(4) nilai populasi besar sebagai kunci kemandirian dan kekuasaan negara; dan

(5) keyakinan bahwa mahkota atau negara harus menjalankan peran dominan dalam membantu dan mengarahkan ekonomi nasional dan internasional untuk tujuan ini. Dengan demikian, merkantilisme berkembang secara logis dari perubahan yang melekat pada penurunan feodalisme, bangkitnya negara-negara nasional yang kuat, dan perkembangan ekonomi pasar dunia.  (Encyclopedia.com, 2019)

 

Contoh Merkantilisme

Beberapa Praktik Merkantilisme Terburuk Sejak tahun 2000 diantaranya:

1. Contoh Merkantilisme di Cina

Menerapkan 17% PPN untuk sirkuit terpadu (IC) asing yang diproduksi di dalam negeri dan digunakan di industri semikonduktor, dan memberikan potongan sebagian besar PPN hanya kepada perusahaan yang memproduksi IC di Cina untuk ekspor, tetapi tidak untuk perusahaan yang mengimpor IC. Juga, memungkinkan perusahaan domestik dan asing untuk mengurangi biaya produk yang mereka hasilkan di Cina dari pajak penghasilan perusahaan — tetapi hanya jika produk tersebut diproduksi dengan suku cadang lokal.

Pencurian konten properti intelektual A.S. yang merajalela — baik fisik maupun digital.

Mengembangkan standar enkripsi nirkabel (standar Wireless Area Network Authentication dan Privacy Infrastructure (WAPI)) tanpa kolaborasi internasional untuk membatasi akses perusahaan IT asing ke pasar dan memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan domestiknya.

2. Contoh Merkantilisme di Uni Eropa

Klasifikasi ulang beberapa impor TI sehingga tidak lagi dicakup oleh ITA: menerapkan bea 14 persen pada LCD lebih besar dari 19 inci, dan berencana untuk mengizinkan bea pada set-top box dengan fungsi komunikasi serta pada beberapa jenis kamera digital.

3. Contoh Merkantilisme di Perancis

Menggunakan undang-undang hak cipta untuk memaksa perusahaan A.S. agar perlindungan perangkat lunak hak cipta (manajemen hak digital) mereka dapat dioperasikan.

4. Contoh Merkantilisme di India

Menerapkan bea cukai 12 persen pada komputer yang dapat diimbangi oleh produsen lokal terhadap PPN mereka. Pabrikan asing juga membayar 4% countervailing duty (CVD).

5. Contoh Merkantilisme di Italia

Mendiskriminalkan “berbagi file,” yang memfasilitasi pencurian konten digital.

6. Contoh Merkantilisme di Korea

Menggunakan penegakan antimonopoli yang berlebihan untuk merugikan perusahaan TI AS: memaksa Microsoft mengembangkan dua versi berbeda dari perangkat lunak Windows-nya untuk memberikan keunggulan kompetitif pada produsen media player dalam negeri.

Menggunakan subsidi yang tidak adil untuk mendukung Hynix Semiconductor Inc. untuk memberikan keunggulan kompetitif atas pesaing asing — dan khususnya AS —.

7. Contoh Merkantilisme di Rusia

Pembajakan luas atas properti intelektual fisik dan digital A.S.

 

Demikian pembahasan singkat mengenai merkantilisme. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply