Kurs Valuta Asing

Kurs valuta asing tentu sudah sering kita dengar. Kurs valuta asing dalam sinonim nya digunakan juga istilah kurs mata uang asing. Dalam ekonomi, keberadaan kurs valuta asing mempunyai peran penting dan dapat mempengaruhi berbagai sisi kehidupan ekonomi. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan sedikit mengulas mengenai kurs valuta asing dari sisi konsep ekonomi.

Sukirno (2012) menjelaskan bahwa kurs valuta asing atau kurs mata uang asing adalah harga atau nilai mata uang sesuatu negara dinyatakan dalam nilai mata uang negara lain. Kurs valuta asing dapat juga didefiniskan sebagai jumlah uang domestik yang dibutuhkan, yaitu banyaknya rupiah yang dibutuhkan, untuk memperoleh satu unit mata uang asing. Kurs valuta diantara dua Negara kerap kali berbeda diatara satu masa dengan masa yang lainnya. Pada dasarnya terdapat dua cara didalam menentukan kurs valuta asing:

  1. Berdasarkan prmintaan dan penawaran mata uang asing dalam pasar bebas
  2. Ditentukan oleh pemerintah

Sistem kurs secara garis besar dikelompokkan menjadi tiga macam sistem, yaitu; sistem kurs tetap (fixed exchange rate system), sistem kurs mengambang (floating exchange rate system) dan sistem kurs campuran yang merupakan kombinasi dari sistem kurs tetap dan sistem kurs mengambang. Sistem kurs yang diterapkan oleh suatu negara disesuaikan dengan keadaan masing-masing negara.

  1. Sistem Kurs Tetap (Fixed Exchange Rate System)

Pada sistem kurs tetap, kurs mata uang suatu negara dinyatakan sebesar nilai tertentu terhadap mata uang negara lain.

  1. Sistem Kurs Mengambang (Floating Exchange Rate System)

Sistem kurs mengambang ini juga sering disebut sebagai sistem kurs fleksibel. Pada sistem ini, otoritas moneter sama sekali tidak melakukan campur tangan terhadap penentuan kurs mata uang.

  1. Sistem Kurs Kombinasi

Sistem kurs kombinasi ini dapat dipandang sebagai sebuah bentuk kompromi dari berbagai perdebatan atas sistem mana yang dipakai, apakah sistem kurs tetap ataukah sistem kurs mengambang. Ada beberapa sistem kurs yaitu

  1. Sistem kurs batas (wider band).
  2. Sistem kurs “crawling peg”.
  3. Sistem kurs mengambang terkendali (Managed Floating).

 

Demikian pembahasan singkat mengenai kurs valuta asing. semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top