Jumlah penduduk Indonesia 2020 hasil sensus bertambah 32,56 juta

Jumlah penduduk Indonesia 2020 hasil sensus bertambah 32,56 Juta jiwa. BPS melakukan sensus penduduk pada tahun 2020 dengan system online dan verifikasi offline. Berdasarkan pada hasil sensus diperoleh total penduduk Indonesia sebanyak 270,20 juta jiwa. Terjadi pertambahan jumlah penduduk Indonesia sebanyak 32,56 jumlah warga Indonesia dibandingkan hasil sensus pada tahun 2010. Dari data ini kita dapat melihat bahwa jumlah rakyat Indonesia telah bertambah dalam jumlah yang banyak dalam 10 tahun terakhir.

Meskipun demikian, laju pertumbuhan penduduk Indonesia sebenarnya telah mengalami perlambatan. Dari hasil sensus terkini, bila dibuatkan rata-rata laju pertumbuhan penduduk Indonesia adalah 1,25% pertahun untuk periode 2010-2020. Perkembangan jumlah populasi Indonesia tersebut mengalami perlambatan dibandingkan periode sebelumnya. Dari hasil sensus data penduduk Indonesia 2010 diperoleh rat-rata laju pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia sebesar 1,49% per tahun untuk periode 2000-2010.

Jumlah penduduk Indonesia 2020 didominasi oleh penduduk usia produktif terutama dari kelompok generasi milenial dan generasi Z. Indonesia masih menikmati masa bonus demografi dengan jumlah penduduk Indonesia yang berusia produktif sebanyak 70,72%. Berdasarkan kelompok usia, penduduk Indonesia didominasi oleh generasi Z dan generasi milenial. Generasi Z di Indonesia mencapai 27,94%. Sedangkan penduduk yang tergolong generasi milenial sebanyak 25,87%.

Baca juga: Penduduk Indonesia Didominasi Generasi Z Dan Generasi Milenial

Jumlah penduduk Indonesia yang lanjut usia (lansia) mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2020 diketahui bahwa penduduk yang tergolong lansia sebanyak 9,75%. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan sensus sebelumnya yang hanya sebesar 7,59%. Hal ini menandakan bahwa penduduk yang mampu hidup dengan usia panjang semakin banyak di Indonesia. Hal ini tentu menjadi pertanda baik juga bagi rakyat Indonesia.

Dari sisi sebaran penduduk masih terkonsentrasi di pulau Jawa. Persebaran penduduk Indonesia di pulau Jawa mencapai 56,10%. Padahal wilayah Indonesia ini sangat luas, namun jumlah penduduknya mayoritas menempati pulau jawa. Adapun kurang dari 50% lainnya tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Persebaran penduduk paling kecil yaitu diwilaya Maluku dan Papua yang hanya 3,17% dari jumlah penduduk Indonesia tahun 2020.

Nah, sekarang sahabat studiekonomi.com sudah tahu kan jumlah penduduk Indonesia 2020. Warga negara Indonesia semakin banyak ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top