Generasi Z mendominasi penduduk Indonesia, disusul generasi milenial

Istilah generasi milenial, generasi Z (gen Z), generasi X (gen X), dan sejenisnya tentu sudah tidak asing ditelinga sahabat studiekonomi.com. Tahukah sahabat semua berapa populasi mereka di Indonesia? Ternyata di Indonesia didominasi oleh generasi Z dan generasi milenial. Pasti banyak yang penasaran kan berapa populasi mereka di Indonesia.

Pada kesempatan ini, kita ingin mengulas berapa persentase populasi Generasi Milenial, Post Gen Z, Gen Z, Gen X, Baby Boomer dan Pre-Boomer di Indonesia. Penggunaan istilah generasi milenial, Gen Z, Gen X, dan lainnya mungkin akan menemukan klasifikasi yang berbeda dari berbagai sumber. Untuk membahas populasi ini kita akan menggunakan klasifikasi dari William H. Frey sebagaimana yang digunakan oleh BPS. Berdasarkan pada klasifikasi tersebut kita akan menggolongkan penduduk dalam klasifikasi Generasi Milenial, Post Gen Z, Gen Z, Gen X, Baby Boomer dan Pre-Boomer.

Generasi Pre-Boomer merupakan kelompok yang paling kecil persentasenya di Indonesia. Generasi Pre-Boomer berdasarkan pengklasifikasian diatas merupakan mereka yang memiliki perkiraan usia 75 tahun keatas pada tahun 2020. Populasi generasi pre-boomer hanya sebesar 1,87% dari penduduk Indonesia pada tahun 2020.

Generasi baby boomer mempunyai populasi 11,56% pada tahun 2020. Generasi baby boomer ini mereka yang lahir diawal kemerdekaan RI. Perkiraan lahir mereka yaitu pada tahun 1946-1964. Pada tahun 2020, generasi baby boomer mempunyai rentang usia antara 56-74 tahun. Generasi ini bila bekerja di sektor formal, akan segera pensiun atau sudah mulai memasuki masa pensiun.

Populasi generasi X lebih dari seperlima dari penduduk Indonesia. Gen X mempunyai rentang usia 40-55 tahun. Berdasarkan sensus penduduk tahun 2020 diketahui bahwa persentase populasi gen X sebesar 21,88%. Populasi gen X merupakan yang terbesar ketiga di Indonesia.

Populasi generasi milenial merupakan yang terbanyak kedua di Indonesia. Golongan generasi milenial ini adalah mereka yang mempunyai rentang usia 24-39 tahun pada saat dilakukan sensus tahun 2020. Seperempat penduduk Indonesia merupakan generasi milenial. Dengan persentase populasi sebesar 25,87% menjadikan generasi milenial menjadi yang terbanyak kedua di Indonesia.

Populasi Indonesia didominasi oleh gen Z. Generasi Z adalah mereka yang lahir pada tahun 1997 hingga tahun 2012. Persentase gen Z di Indonesia mencapai 27,94% dari jumlah penduduk. Dengan populasi sebanyak itu menjadikan gen Z mendominasi penduduk Indonesia. Penduduk yang tergolong generasi Z ini memiliki rentang usia 8-23 tahun. Pada rentang usia, gen Z akan memasuki usia produktif atau sudah mulai memasuki usia produktif. Generasi Z yang mendominasi di Indonesia ini potensial menjadi angkatan kerja/tenaga kerja.

Baca juga: Pengangguran

Baca juga: Permintaan Tenaga Kerja

Baca juga: Penawaran Tenaga Kerja

Adapun penduduk Indonesia yang tergolong post gen Z di Indonesia mempunyai populasi sebesar 10,88%. Generasi post gen Z ini adalah mereka yang lahir tahun 2013 sampai sekarang. Rentang usia mereka pada tahun 2020 yaitu 7 tahun kebawah.

Melihat komposisi penduduk diatas tidak heran Indonesia akan mengalami bonus demografi. Dalam 10 tahun kedepan, mereka pada generasi Z dan generasi milenial ini akan menjadi penduduk usia produktif. Ditambah juga generasi post Z yang jumlahnya lumayana besar. Tidak mengherankan Indonesia diperkirakan akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030. Generasi Z, generasi milenial, dan post gen Z yang kelak akan menjadi usia produksi kini telah mendominasi komposisi penduduk Indonesia.

Sekarang rasa penasaran sahabat studiekonomi.com sudah terjawab ya. Semoga ulasan ini memberikan kita gambaran mengenai persentase populasi Generasi Milenial, Post Gen Z, Gen Z, Gen X, Baby Boomer dan Pre-Boomer di Indonesia.

 

Sumber data: Berita Resmi Statistik No:07/01/Th.XXIV, 21 Januari 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top