Belanja / pengeluaran Pemerintah Kabupaten-Kota di NTB Berdasarkan Jenis Belanja 2010-2016

Pengeluaran Pemerintah Kabupaten / Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Berdasarkan Jenis Pada Tahun 2010-2016 terus mengalami kenaikan. Belanja Pemerintah di tingkat kabupaten / kota di NTB secara umum mengalami peningkatan namun penggunaan anggaran mayoritas dipergunakan untuk jenis belanja Operasi dan sedikit sekali yang dipergunakan untuk belanja Modal.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak paparan data yang tertuang dalam tesis Muhammad Dzul Fadlli sebagai berikut:

 

Pengeluaran pemerintah daerah kabupaten/kota di NTB bila dilihat dari jenis belanja, menunjukkan bahwa belanja pemerintah didominasi untuk belanja operasional dibandingkan belanja modal. Hal ini terlihat dari belanja pemerintah kabupaten/kota berikut:

  1. Pengeluaran pemerintah Kota Bima berdasarkan jenis belanja Berdasarkan pada jenis belanja, pengeluaran pemerintah Kota Bima terlihat pada gambar berikut:

5.4 Pengeluaran Pemerintah Kota Bima Berdasarkan Jenis Belanja Pemerintah, Operasi, Modal, Tahun 2010-2016

Pada gambar diatas terlihat bahwa secara umum belanja pemerintah Kota Bima mengalami kenaikan setiap tahunnya. Secara total belanja pemerintah mengalami kenaikan setiap tahunnya, hal ini berimbas pada kenaikan secara umum pada belanja operasi dan belanja modal. Namun belanja modal sempat mengalami penurunan pada tahun 2012. Secara porsi belanja terlihat bahwa belanja pemerintah Kota Bima didominasi oleh belanja operasi. Belanja modal dalam hal ini jauh lebih kecil.

 

  1. Pengeluaran pemerintah Kabupaten Bima berdasarkan jenis belanja Berdasarkan pada jenis belanja, pengeluaran pemerintah Kabupaten Bima terlihat pada gambar berikut:

Belanja pemerintah Kabupaten Bima secara umum terus mengalami kenaikan, meskipun sempat menurun pada tahun 2012. Porsi belanja didominasi oleh belanja operasi dibandingkan belanja modal yang jauh tertinggal. Kenaikan belanja operasi lebih besar dibandingkan kenaikan belanja modal. Meskipun demikian, pemerintah Kabupaten Bima pada tahun 2016 mulai mengurangi belanja operasi dan menambah pada belanja modal.

 

  1. Pengeluaran pemerintah Kabupaten Dompu berdasarkan jenis belanja Berdasarkan pada jenis belanja, pengeluaran pemerintah Kabupaten Dompu terlihat pada gambar berikut:

Belanja pemerintah Kabupaten Dompu secara umum terus mengalami kenaikan. Porsi belanja didominasi oleh belanja operasi dibandingkan belanja modal yang jauh tertinggal. Kenaikan belanja operasi lebih besar dibandingkan kenaikan belanja modal.

 

  1. Pengeluaran Pemerintah Sumbawa berdasarkan Jenis Belanja Berdasarkan pada jenis belanja, pengeluaran pemerintah Kabupaten Sumbawa terlihat pada gambar berikut:

Belanja pemerintah Kabupaten Sumbawa secara umum terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Porsi belanja didominasi oleh belanja operasi dibandingkan belanja modal yang jauh tertinggal. Kenaikan belanja operasi lebih besar dibandingkan kenaikan belanja modal.

 

  1. Pengeluaran pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat berdasarkan Jenis belanja

Berdasarkan pada jenis belanja, pengeluaran pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat terlihat pada gambar berikut:

 

Belanja pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat secara umum terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Porsi belanja didominasi oleh belanja operasi dibandingkan belanja modal. Meski belanja pemerintah terus naaik, Perbedaan kenaikan belanja operasi dan belanja modal di Sumbawa Barat terlihat lebih baik dibanding daerah lain.

 

  1. Pengeluaran Pemerintah Kabupaten Lombok Timur berdasarkan Jenis Belanja

Berdasarkan pada jenis belanja, pengeluaran pemerintah Kabupaten Lombok Timur terlihat pada gambar berikut:

Belanja pemerintah Lombok Timur secara umum terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Porsi belanja didominasi oleh belanja operasi dibandingkan belanja modal yang jauh tertinggal. Kenaikan belanja operasi lebih besar dibandingkan kenaikan belanja modal.

 

  1. Pengeluaran Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah berdasarkan Jenis Belanja

Berdasarkan pada jenis belanja, pengeluaran pemerintah Kabupaten Lombok Tengah terlihat pada gambar berikut:

Belanja pemerintah Lombok Tengah secara umum terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Porsi belanja didominasi oleh belanja operasi dibandingkan belanja modal yang jauh tertinggal. Kenaikan belanja operasi lebih besar dibandingkan kenaikan belanja modal.

 

  1. Pengeluaran pemerintah Kabupaten Lombok Barat berdasarkan Jenis belanja

Berdasarkan pada jenis belanja, pengeluaran pemerintah Kabupaten Lombok Barat terlihat pada gambar berikut:

Belanja pemerintah Lombok Barat secara umum terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Porsi belanja didominasi oleh belanja operasi dibandingkan belanja modal yang jauh tertinggal. Kenaikan belanja operasi lebih besar dibandingkan kenaikan belanja modal.

 

  1. Pengeluaran Pemerintah Kota Mataram berdasarkan Jenis Belanja Berdasarkan pada jenis belanja, pengeluaran pemerintah Kota Mataram terlihat pada gambar berikut:

Belanja pemerintah Kota Mataram secara umum terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Porsi belanja didominasi oleh belanja operasi dibandingkan belanja modal yang jauh tertinggal. Kenaikan belanja operasi lebih besar dibandingkan kenaikan belanja modal.

 

  1. Pengeluaran Pemerintah Kabupaten Lombok Utara Berdasarkan Jenis Belanja

Berdasarkan pada jenis belanja, pengeluaran pemerintah Kabupaten Lombok Utara terlihat pada gambar berikut:

Belanja pemerintah Lombok Utara secara umum terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Porsi belanja didominasi oleh belanja operasi dibandingkan belanja modal. Meskipun Kenaikan belanja operasi lebih besar dibandingkan kenaikan belanja modal pada periode tahun 2010-2015. Namun terjadi kenaikan yang besar pada belanja modal tahun 2016 dan belanja operasi dikurangi. Perbedaan belanja operasi dan belanja modal semakin kecil.

 

Dari uraian singkat mengenai Pengeluaran Pemerintah Kabupaten / Kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Berdasarkan Jenis Pada Tahun 2010-2016 dapat disimpulkan bahwa belanja pemerintah di Kabupaten / Kota di NTB terus mengalami peningkatan. Mayoritas dipergunakan untuk jenis belanja operasional dan seringkali peningkatan belanja pemerintah diikuti oleh peningkatan belanja operasional. Artinya belanja modal yang benar-benar diperuntukkan bagi masyarakat cenderung masih kecil dan peningkatannyapun secara umum lebih rendah dibandingkan peningkatan belanja operasional

 

Sumber:

Fadlli, Muhammad Dzul. (2019). ANALISIS INDIKATOR KINERJA UNTUK EVALUASI PEMBANGUNAN DENGAN KERANGKA LOGIC MODEL PADA SEKTOR KESEHATAN, PENDIDIKAN DAN EKONOMI DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT PADA TAHUN 2010-2016. Universitas Brawijaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top