jurusan ekonomi syariah

Jurusan Ekonomi Syariah dan Prospek Kerja nya

Jurusan ekonomi syariah menjadi salah satu program studi yang mulai banyak dilirik seiring mulai berkembangnya kesadaran beragama dikalangan masyarakat. Selain itu, dikalangan masyarakat juga telah tumbuh suburnya lembaga syariah seperti perbankan, asuransi, dan lainnya.

Hal tersebut mendorong mahasiswa untuk berkuliah ekonomi syariah. Untuk mengenal lebih memahaminya, disini akan diuriakan mengenai apa itu jurusan ekonomi syariah, mata kuliah nya, rekomendasi kampus dan prospek kerja nya.

Jurusan Ekonomi Syariah dan Prospek kerja Ekonomi Syariah

Jurusan ekonomi syariah biasanya berada pada fakultas ekonomi. Dan pada umum nya ekonomi syariah yang ada merupakan pecahan dari ilmu ekonomi atau ekonomi studi pembangunan. Jurusan-jurusan tersebut sebenarnya sama-sama mempelajari ilmu ekonomi.

Namun ekonomi syariah mengkhususkan diri pada ilmu ekonomi yang berlandaskan pada nilai islam.

Pada universitas yang tidak memiliki program studi ekonomi syariah secara khusus, maka akan mempelajarinya pada program studi ekonomi pembangunan (ilmu ekonomi). Pada strata satu, seringkali ilmu ekonomi diarahkan pada jurusan yang bernama ekonomi pembangunan.

Sebelum mengenal lebih dalam terkait jurusan tersebut, sebaiknya membaca juga tulisan sebelumnya mengenai jurusan ekonomi pembangunan dan prospeknya. Pada kampus yang telah maju atau pun yang memang ingin memfokuskan diri pada bidang tersebut, maka program studi ekonomi syariah akan berdiri sendiri.

Apa itu jurusan ekonomi syariah?

Jurusan ekonomi syariah secara sederhana dapat dipahami sebagai jurusan yang mempelajari ilmu ekonomi dari sudut pandang islam. Oleh sebab itu pada beberapa kampus, program studi ekonomi syariah merupakan pecahan dari jurusan ilmu ekonomi dan studi pembangunan.

Bahkan pada kampus yang tidak memiliki program studi ekonomi syariah secara khusus, maka minat/konsetrasi ekonomi syariah menjadi salah satu bagian dalam jurusan ilmu ekonomi studi pembangunan. Dengan demikian, ekonomi syariah akan berada pada fakultas ekonomi dan bisnis.

Untuk calon mahasiswa, ada baiknya hati-hati memilih jurusan. Sebab ada beberapa jurusan yang namanya mirip namun sejati nya maksud yang dipelajari sedikit berbeda. Contohnya program studi hukum ekonomi syariah (muamalah). Jurusan hukum ekonomi syariah lebih fokus pada aspek hukum sehingga berada pada fakultas syariah dan hukum.

Hal tersebut berbeda dengan ekonomi syariah atau ekonomi islam yang berfokus pada aspek ekonomi dari sudut pandang islam. Jadi, bagi calon mahasiswa perlu jeli membedakan yang sebenarnya diharapkan tersebut apakah jurusan ekonomi syariah ataukah hukum ekonomi syariah.

 

Mata kuliah

Tiap universitas memiliki mata kuliah jurusan ekonomi syariah yang berbeda untuk beberapa mata kuliahnya. Namun secara umum akan banyak memiliki kesamaan. Sebagai contoh berikut akan dipaparkan mata kuliah jurusan ekonomi syariah di Universitas Brawijaya. Di Universitas Brawijaya, yang mempelajari ekonomi syariah yaitu pada program studi S1 Ekonomi Syariah.  Mata kuliah program studi ekonomi syariah akan terdiri atas 5 kategori. Katerogi tersebut terdiri atas mata kuliah wajib umum sebanyak 11 SKS, mata kuliah wajib universitas sebanyak 15 SKS, mata kuliah wajib fakultas sebanyak 18 SKS, mata kuliah wajib jurusan, mata kuliah wajib program studi sebanyak 54 SKS, dan mata kuliah pilihan program studi sebanyak 9 SKS.

Mata kuliah yang bersifat wajib umum terdiri atas mata kuliah agama islam, kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, dan Pancasila. Mata kuliah yang bersifat wajib universitas yaitu Bahasa inggris, Kapita Selekta Kewirausahaan, Kuliah Kerja Nyata Profesi, dan Skripsi.

Untuk Mata kuliah yang wajib tingkat fakultas adalah pengantar akuntansi, pengantar ekonomi, pengantar manajemen, matematika ekonomi dan bisnis, statistika, dan hukum komersial. Mata kuliah yang wajib jurusan ilmu ekonomi terdiri atas Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, Ekonomi Internasional, Ekonomi Moneter, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Publik, Ekonometrika, Perekonomian Indonesia, Metodologi Penelitian Ekonomi, dan Pembangunan Karakter.

Pada tingkat program studi ekonomi syariah yang menjadi mata kuliah wajib program studi terdiri atas pengantar filsafat ilmu ekonomi islam, fiqh muamalat, Bahasa arab, pemikiran ekonomi islam, ushul fiqh, sejarah pemikiran ekonomi, ekonomi mikro islam, ekonomi makro islam, akuntansi lembaga keuangan islam, ekonomi ZISWAF, Al Qawaid Al Fifhiyah, MAnajemen Bank dan Lembaga Keuangan Islam, Manajemen Keuangan, Statistik Multivariat, Seminar Lembaga ZISWAF, Seminar Keuangan dan Perbankan Islam.

Sedangkan mata kuliah pilihan yaitu Ekonomi Politik Islam, Koperasi Islam, Keuangan Publik Islam, Aplikasi Komputer Keuangan dan Perbankan Islam, Keuangan Internasional, Manajemen Investasi.

 

Universitas yang ada jurusan ekonomi syariah terbaik

Pada kesempatan ini akan coba direkomendasikan universitas yang ada jurusan ekonomi syariah terbaik. Ukuran penilaian universitas yang ada jurusan ekonomi syariah terbaik disini berdasarkan pada akreditasi yang di peroleh program studi tersebut.

Pada daftar rekomendasi yang diberikan yaitu universitas yang memiliki jurusan dengan akreditasi A. Nama program studi di tiap kampus bisa berbeda, ada yang memberi nama ekonomi syariah dan ada juga yang bernama ekonomi islam. Meskipun begitu, nama tersebut memiliki substansi yang sama.

Berikut daftar universitas yang ada jurusan ekonomi syariah terbaik:

Perguruan TinggiProgram StudiStrataPeringkat
Universitas BrawijayaEkonomi IslamS1A
Institut Agama Islam TazkiaEkonomi SyariahS1A
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (stei) TazkiaEkonomi SyariahS1A
Institut Pertanian BogorIlmu Ekonomi SyariahS1A
Universitas Muhammadiyah JakartaEkonomi IslamS1A
Universitas Islam IndonesiaEkonomi IslamS1A
Universitas AirlanggaEkonomi IslamS1A
Universitas Islam Negeri Sumatera UtaraEkonomi IslamS1A
Universitas Islam Negeri Sunan AmpelEkonomi Syari`ahS1A
Universitas Islam Negeri Antasari BanjarmasinEkonomi SyariahS1A
Institut Agama Islam Negeri PurwokertoEkonomi Syari`ahS1A
Institut Agama Islam Negeri PalopoEkonomi Syari`ahS1A

 

Prospek kerja

Terdapat banyak profesi yang menjadi prospek kerja ekonomi syariah. Beberapa prospek kerja tersebut yaitu menjadi Dosen Ekonomi syariah, Peneliti bidang ekonomi dan keuangan syariah, pegawai pemerintah, analis ekonomi syariah, Anggota Dewan Pengawas Syariah, konsultan bidang ekonomi syariah, wirausahawan dan staf ahli.

Dari pemaparan tersebut dapat dilihat bahwa prospek kerja ekonomi syariah sangat beragam. Berdasarkan pada prospek kerja ekonomi syariah yang beragam tersebut tentu akan memiliki gaji yang berbeda. Disini tidak membahas terkait gaji lulusan ekonomi syariah.

Sebab tidak ada standar resmi untuk gaji lulusan ekonomi syariah. Semua itu bergantung pada pekerjaan yang didapat dan di instansi mana bekerja. Tiap profesi dan tempat kerja bisa saja memiliki gaji yang berbeda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top