Keseimbangan Perekonomian Terbuka

Keseimbangan Perekonomian Terbuka

Perekonomian terbuka adalah perekonomian yang terhubung dengan dunia internasional. Perekonomian terbuka disebut juga dengan perekonomian 4 sektor. Terdapat interaksi dari 4 pelaku ekonomi didalam perekonomian terbuka yaitu dari sektor rumah tangga, pemerintah, perusahaan dan dunia internasional.

Pada perekonomian 3 sektor dikatakan sebagai perekonomian tertutup karena hanya terjadi interaksi ekonomi didalam negaranya saja. Sedangkan pada perekonomian 4 sektor dikatakan terbuka. Karena interaksi ekonomi suatu negara telah terbuka dan terhubung dengan negara lainnya didunia.

 

Keseimbangan perekonomian terbuka

Perekonomian tiga sektor kita kenal dengan perekonomian di dalam negeri. Begitu negara membuka diri menjadi perekonomian terbuka, ada tambahan satu pelaku ekonomi baru yaitu sektor luar negeri. Kemunculan sektor luar negeri memberikan dampak pada perekonomian didalam negeri secara keseluruhan.

Terdapat dua aktivitas yang terkait dengan sektor luar negeri yaitu ekspor dan impor. Impor berarti barang atau jasa dari luar negeri akan masuk dalam perekonomian dalam negeri. Sedangkan ekspor berarti barang atau jasa dari dalam negeri akan dijual ke luar negeri. Implikasi dari hal demikian bila diringkas memang kelihatan mudah dipahami, namun bila dijabarkan lebih detail akan sedikit rumit pemaparannya.

Mari kita pelajari pelan-pelan dan santai. Jangan lupa siapkan kopi dan snack ya. Jangan lupa baca juga penjelasan interaksi antar pelaku ekonomi disini:

baca juga: perekonomian 3 sektor

baca juga: perekonomian 4 sektor

Dengan memahami perekonomian 3 sektor, akan sedikit memudahkan memahami pembahasan perekonomian terbuka. Karena sebagian pembahasan disini akan dihubungkan kembali pada pembahasan tersebut.

Pada perekonomian dalam negeri (3 sektor), awalnya kita mempunyai pendapatan nasional sebesar Y. Dari sisi pengeluaran agregat kita mendapatkan bahwa pendapatan nasional dibentuk dari konsumsi produk dalam negeri, investasi dalam negeri, dan pengeluaran pemerintah dalam negeri. Lalu perekonomi dibuka yang membuat munculnya interaksi dengan luar negeri sebagai tambahan.

Untuk mempelajari perekonomian terbuka, mari kita mulai dengan 4 komponen awal dalam perekonomian terbuka:

  1. Konsumsi rumah tangga pada barang yang diproduksi dalam negeri (Cd)
  2. Investasi dalam negeri (Id)
  3. Pengeluaran pemerintah dalam negeri (Gd)
  4. Ekspor (X)

Dari keempat komponen tersebut dapat dirumuskan dengan:

Y = Cd + Id + Gd + X          ………….. 1

Dari persamaan Cd, Id, dan Gd kita mengetahui bahwa hal tersebut merupakan komponen pendapatan nasional yang berasal dari dalam negeri. Dan ekspor sebagai komponen interaksi dengan luar negeri.

Selanjutnya kita akan sedikit memodifikasi persamaan diatas agar lebih bermanfaat. Karena ada interaksi dengan luar negeri tentunya akan ada komponen impor yang masuk. Karena ada komponen impor kita ingin membuat persamaan baru untuk konsumsi, investasi dan pengeluaran pemerintah secara agregat. Sehingga dapat kita rumuskan sebagai berikut:

C = Cd + Cf           ………………… 2

I = Id + If               ………………… 3

G = Gd + Gf         ………………… 4

Simbol C pada persamaan diatas, akan melambangkan pengeluaran konsumsi secara agregat. Konsumsi (C) terdiri dari konsumsi dari produk yang dihasilkan dalam negeri (Cd) dan konsumsi dari barang impor (Cf).

Adapun I sebagai symbol investasi secara agregat. Investasi (I) dibentuk dari Investasi yang berasal dari dalam negeri (Id) dan investasi yang berasal dari luar negeri (If).

Pengeluaran pemerintah secara agregat akan dilambangkan dengan G. Dimana G terbentuk dari pengeluaran pemerintah dari dana berasal dari dalam negeri (Gd) dan pengeluaran pemerintah yang dananya berasal dari luar negeri (Gf).

Bila persamaan C, I, G agregat pada persamaan 2,3,4 diatas, disubstitusikan pada persamaan 1, maka akan kita dapatkan persamaan baru yaitu:

Y = (C-Cf) + (I-If) + (G-Gf) + X        …………… 5

Dari persamaan diatas dapat ditemukan ada Cf, If, dan Gf. Ketiga komponen tersebut merupakan komponen impor (M) yang berasal dari luar negeri. Sehingga impor (M) diperoleh dari:

M = Cf + If + Gf                  ……. (6)

Sehingga, bila komponen impor pada persamaan 5 kita satukan akan diperoleh persamaan sebagai berikut:

Y = C + I + G + X – (Cf+If+Gf)         .…… (7) atau

Y = C + I + G + X – M                        .…… (8)

Dari persamaan 8 diatas, dapat diketahui bahwa C, I, G masih mengandung unsur impor dari luar negeri. Dan barang atau jasa yang diimpor bukan merupakan bagian dari output nasional, maka pengeluaran agregat harus dikurangi dengan impor. Oleh karenanya, aktivitas dengan pihak luar negeri dibuat menjadi ekspor neto (NX). Sehingga:

Y = C + I + G + NX                             .…… (9)

Pada persamaan tersebut, aktivitas ekonomi dengan pihak luar negeri telah dibuat menjadi ekspor neto. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui pendapatan nasional yang berasal dari output yang dihasilkan dalam negeri. Persamaan 9 diatas juga dikenal sebagai persamaan identitas. Dengan demikian, pendapatan nasional terdiri dari komponen konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah dan ekspor neto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top