Profil Dan Pemikiran Ekonomi John Maynard Keynes

Hai sahabat studiekonomi.com, Topik profil Keynes dan bagaimana pemikiran ekonomi John Maynard Keynes akan menjadi ulasan kita kali ini. Nama Keynes tentu sudah tidak asing ditelinga para pelajar ekonomi. Sebab nama Keynes sering disebutkan dalam berbagai literature ekonomi terutama saat teman-teman mempelajari ekonomi makro. Bahkan sejarah lahirnya ekonomi makro pun tidak terlepas dari peran teori yang dibawa oleh Keynes.

Baca juga: Sejarah lahirnya ekonomi makro

Baca juga: Pengantar ekonomi makro

Tentu kita menjadi sangat penasaran dengan salah satu sosok ekonom hebat ini. Bagaimana riwayat kehidupannya dan bagaimana pemikiran-pemikiran ekonomi yang dibawah oleh Keynes serta bagaimana pengaruh pemikiran Keynes. Untuk membahas ini kita akan membagi pembahasan kedalam dua sub bagian yaitu:

  • Profil Keynes
  • Pemikiran Ekonomi John Maynard Keynes

 

Profil Keynes

Keynes yang menjadi tokoh utama ekonomi Keynesian memiliki nama lengkap John Maynard Keynes. Ia lahir pada 5 Juni 1883 di Cambridge Inggris. John Maynard Keynes merupakan putra dari seorang ekonom bernama John Neville Keynes. John Maynard Keynes terlahir dari keluarga yang tergolong hidup berkecukupan. Keynes mendapatkan gelar B.A pada tahun 1905 dan mendapatkan gelar M.A pada tahun 1909.

King’s College Cambridge merupakan almamater dari Keynes. Di Cambridge, Keynes banyak di pengaruhi oleh ekonom Alfred Marshall. Marshal yang menganjurkan Keynes untuk mengubah minat akademiknya dari matematika dan teori klasik beralih menjadi politik dan ekonomi. Di Cambridge juga Keynes mengenal berbagai perkumpulan penting untuk penulis dan artis.

John Maynard Keynes pernah menggeluti berbagai profesi seperti jurnalis, ahli keuangan dan ekonom. Setelah menamatkan pendidikannya, Keynes bekerja sebagai pegawai pemerintah di Whitehall. Setelah itu, Keynes kembali ke kampus untuk mengajar ilmu ekonomi hingga tahun 1915. Karena dampak perang dunia 1, Keynes kembali menjadi pegawai pemerintah dibidang perbendaharaan.

Keynes wafat pada 21 April 1946 di Sussex pada usia 62 tahun. Pada tahun 1937, ia sempat mengalami serangan jantung. Dua tahun setelah mendapatkan serangan jantung, Keynes kembali mengajar di Cambridge meskipun dalam kondisi kesehatan yang belum sepenuhnya pulih. Saat kembali mengajar ini, Keynes artikel yang berpengaruh yang berjudul How to Pay for the War (940). Keynes juga terlibat dalam Bretton Woods Conference. Meskipun demikian, IMF dan World lebih memilih theory dari US Treasury daripada pemikiran Keynes. Pengabdian terakhir Keynes untuk pelayan public yaitu dengan negosiasi dalam pada hibah pinjaman multibillion-dollar dari US kepada Inggris pada 1945. Keynes meninggal pada tahun setelahnya.

 

Pemikiran Ekonomi John Maynard Keynes

Pemikiran ekonomi John Maynard Keynes banyak dipengaruhi oleh para ekonom hebat yang menjadi gurunya ketika menempuh pendidik. Reputasi Keynes memang sedikit berbeda, dia dikenal sebagai murid paling cerdas dari salah seorang ekonom ternama Marshall. Keynes juga mempelajari pemikiran ekonom dari A.C Pigou. Dari proses belajar dan pekerjaan yang digeluti Keynes, ia banyak mempelajari tentang bagaimana pasar bekerja, bagaimana bisnis dijalankan dan bagaimana seseorang menghabiskan pendapatan mereka.

Pemikiran ekonomi Keynes mendorong lahirnya cabang utama ilmu ekonomi yang sekarang kita kenal sebagai ekonomi makro. Saat depresi ekonomi yang hebat pada awal abad ke 20, konsep ekonomi klasik tidak terlalu banyak membantu mengatasi depresi yang terjadi. Konsep ekonomi yang banyak diterapkan sebelumnya memang konsep ekonomi dari kaum klasik. Hadirnya pemikiran Keynes menjadi alternatif pemikiran ekonomi yang mengatasi depresi ekonomi yang terjadi saat itu. Dari sinilah sejarah lahirnya ekonomi makro yang banyak mendasari dari pemikiran ekonomi John Maynard Keynes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top