Contoh Pembangunan Ekonomi di daerah dan Indonesia saat ini

Contoh Pembangunan ekonomi yang dilakukan di daerah dan di Indonesia saat ini sangat banyak bentuknya. Pembangunan yang dilakukan mulai dari bentuk fisik berupa infrastruktur hingga yang non fisik seperti pada bidang pendidikan dan kesehatan. Namun sebelum dipaparkan contoh-contoh pembangunan ekonomi yang ada di daerah dan di Indonesia saat ini, ada baiknya melihat secara singkat apa yang di maksud ekonomi pembangunan.

Dalam pandangan Todaro dan Smith bahwa ekonomi pembangunan secara mendasar fokus pada ekonomi, social, dan mekanisme institusi yang dibutuhkan untuk membawa perubahan yang cepat and perbaikan dalam skala besar dalam standar hidup orang-orang miskin secara masal pada negara berkembang.

Secara konsekuen, berarti ekonomi pembangunan harus konsen dengan formulasi kebijakan publik yang tepat yang didesain untuk memiliki dampak besar dalam ekonomi, institusional dan transformasi sosial pada seluruh lapiran masyarakat dalam waktu yang singkat. Dengan demikian, pembangunan ekonomi akan mengarah pada hal-hal tersebut.

Dari penjelasan singkat diatas dapat mengantarkan kita memahami contoh-contoh yang diberikan berikut ini.

 

Contoh pembangunan ekonomi di indonesia saat ini

  1. Infrastruktur

Sudah bukan rahasia umum lagi pada masa pemerintahan Presiden Jokowi sangat gencar akan pembangunan infrastruktur. Pembangunan Infrastruktur ini tertuang dalam program strategis nasional (PSN) yang dicanagkan pemerintah. Infrastruktur yang ingin dibangun seperti jalan tol, kereta api, bandara, pelabuhan hingga urusan infrastruktur listrik.

Beberapa diantara alasan gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan yaitu karena biaya logistik Indonesia yang masih mahal. Artinya biaya untuk transportasi barang dan jasa cukup tinggi sehingga mempengaruhi mahalnya harga jual barang dan jasa. Selain itu, dalam penilaian kemudahan persaingan bisnis di Indonesia, salah satu masalah dalam dunia bisnis yang dihadapi yaitu masalah infrastruktur yang kurang.

Contoh pembangunan ekonomi di indonesia yang sudah terealisasi saat ini dalam bidang infrastruktur yaitu pada jalan tol dan bandara. Berdasarkan laporan pada semester ke 2 tahun 2019, telah terbangun jalan tol sepanjang 904 km selama periode 2015-2019. Panjang tol tersebut melebih pembangunan jalan tol yang terjadi pada tahun 1976-2014 yang hanya mencapai 821 km. Sedangkan dari pembangunan infrastruktur bandara telah beroperasi 5 dari 7 bandara yang masuk PSN dalam 5 tahun terakhir.

Dengan pembangunan infrastruktur diharapkan mampu menekan biaya logistik dan meningkatkan arus barang dan jasa. Selain itu, penambahan infrastruktur juga akan memenuhi kebutuhan dunia bisnis akan adanya infrastruktur. Sehingga, adanya pembangunan tersebut diharapkan meningkatkan perekonomian.

 

  1. Pembangunan bidang pendidikan: LPDP, BIDIKMISI & KIP

Pembangunan ekonomi merupakan proses yang melingkupi multidimensi. Jadi tidak bisa disempitkan maksudnya. Pendidikan menjadi kebutuhan dasar manusia dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kualitas ekonomi. Pendidikan dalam sudut pandang ekonomi dimasukkan sebagai sumber daya manusia. Investasi publik maupun swasta pada SDM memang tergolong jangka panjang namun memiliki peran penting dalam ekonomi.

Contoh pembangunan ekonomi di Indonesia saat ini yaitu dengan peningkatan pendidikan. Pemerintah telah menyiapkan berbagai program beasiswa. Beasiswa yang disiapkan mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga tingkat pascasarjana. Diantara beasiswa tersebut yaitu KIP, Bidikmisi, dan LPDP. Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diperuntukkan untuk tingkat SD hingga SMA. Program tersebut bertujuan meningkatkan akses pendidikan, meringankan biaya personal pendidikan, mencegah kemungkinan putus sekolah, dan menarik siswa putus sekolah untuk mendapatkan layanan pendidikan di SKB/PKBM/BLK atau satuan non formal lainnya.

Sedangkan pada perguruan tinggi terdapat beasiswa Bidik Misi. Beasiswa ini diperuntukkan bagi masyarakat miskin yang berprestasi agar mendapatkan bantuan dana untuk kuliahnya. Sedangkan untuk beasiswa pada tingkat pascasarjana terdapat beasiswa LPDP. LPDP sekarang membuka beasiswa dengan banyak jenis dan cakupannya. Seperti beasiswa pendidikan pasca untuk S2 dan S3, baik dalam negeri maupun diluar negeri. Ada yang diperuntukkan bagi dosen maupun regular, dan cakupan lainnya.

Pendidikan ini penting karena merupakan faktor sumber daya manusia. Dalam pertumbuhan ekonomi, salah satu variabel pentingnya yaitu Sumber daya manusia (pendidikan). Dengan SDM yang baik yang mendorong tenaga kerja menjadi lebih produktif, membuka peluang kerja lebih luas, meningkatkan kuaitas tenaga kerja, dan memberikan pendapatan yang lebih tinggi.

 

Contoh pembangunan ekonomi di daerah

Pada contoh pembangunan ekonomi di daerah ini akan sedikit dipaparkan yang ada di NTB. Dua contoh pembangunan ekonomi di daerah NTB diantaranya Lembaga Pengembangan Pendidikan NTB dan Mandalika.

  1. Lembaga Pengembangan Pendidikan NTB (LPP NTB)

Salah satu contoh program pembangunan ekonomi di daerah NTB yang dilakukan Gubernur Terpilih, Zulkifliemansyah, yaitu dengan LPP NTB. Lembaga ini memiliki tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia. Cara yang dilakukannya yaitu dengan beasiswa NTB untuk mengirimkan 1000 pelajar untuk sekolah di luar negeri dari jenjang S1-S3. Dan program lainnya dengan rumah Bahasa untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Asing. Dengan bantuan program Bahasa akan mendorong masyarakat NTB lebih memudahkan memeuhi syarat Bahasa dalam beasiswa maupun menempuh pendidikan di luar negeri.

Peningkatan pendidikan keluar negeri diharapkan masyarakat NTB mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Dengan pendidikan yang lebih tinggi dan kualitas bagus akan mendorong peningkatan SDM. Hal tersebut penting bagi pembangunan ekonomi daerah.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika

Salah satu bentuk pembangunan ekonomi yang dilakukan pemerintah yaitu dengan mengembangkan kawasan ekonomi khusus Mandalika (KEK Mandalika). KEK Mandalika menjadi salah satu contoh pengembangan ekonomi di daerah NTB. Meskipun pembangunan ini masuk dalam PSN pemerintah pusat.

Pembangunan KEK Mandalika akan menawarkan wisata bahari yang memiliki pantai serta pesona bawah laut yang memukau. Selain itu pengembangan KEK Mandalika juga menjadi Sport Tourism kelas dunia dengan menjadi tempat penyelenggaraan MotoGP pada 2021. KEK Mandalika berpotensi mendatangkan wisatawan mancanegara hingga jutaan orang pertahun dan memiliki nilai investasi triliunan rupiah.

Dengan adanya KEK Mandalika akan membawa multiplier efek yang besar. Sektor pariwisata akan tumbuh serta membawa dampak tumbuhnya sektor-sektor ekonomi yang lainnya. Dari kegiatan ini tentu diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

 

Be the first to comment

Leave a Reply