Sebaran Penduduk Indonesia 2020

Pada kesempatan ini kita akan membahas sebaran penduduk Indonesia berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2020. Sebagaimana diketahui bersama bahwa pada tahun 2020 yang lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) telah melakukan sensus penduduk. Hasil sensus penduduk inilah yang ingin kita ulas khususnya mengenai sebaran penduduk Indonesia tahun 2020.

Dengan luas daratan Indonesia sebesar 1,92 juta kilometer persegi, maka kepadatan penduduk Indonesia sebanyak 141 jiwa per kilometer persegi. Angka ini meningkat dari hasil  SP2010 yang mencatat kepadatan penduduk Indonesia sebanyak 124 jiwa per kilometer persegi dan hasil SP2000 yang mencapai 107 jiwa per kilometer persegi.

Sebaran penduduk Indonesia masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Meskipun luas geografisnya hanya sekitar tujuh persen dari seluruh wilayah Indonesia, Pulau Jawa dihuni oleh 151,59 juta penduduk. Sebaran penduduk dengan jumlah tersebut setara dengan 56,10 persen penduduk Indonesia. Lebih dari separuh penduduk Indonesia mendiami pulau Jawa. Sebaran penduduk ini memang tidak terlalu imbang.

Sebaran Penduduk 2020
Sumber: Berita Resmi Statistik No. 7/01/Th. XXIV, 21 Januari 2021

Sebaran penduduk terbesar kedua terdapat di Pulau Sumatera. Jumlah penduduk di pulau Sumatera sebanyak 58,56 juta orang. Jumlah sebaran penduduk tersebut setara dengan 21,68 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Populasi penduduk di pulau Sumatera menjadi kedua yang terbanyak setelah pulau Jawa.

Jumlah sebaran penduduk terbanyak selanjutnya ditempati oleh pulau Sulawesi dan Kalimantan. Pulau Sulawesi mempunyai sebaran penduduk sebesar 7,36 persen dan Pulau Kalimantan mempunyai sebaran sebesar 6,15 persen. Jumlah sebaran penduduk tersebut menjadikan pulau Sulawesi menjadi wilayah urutan ke tiga yang paling banyak dihuni di Indonesia dan pulau Kalimantan pada urutan ke empat.

Sebaran penduduk paling sedikit berada di wilayah Bali-Nusa Tenggara dan Maluku Papua. Wilayah Bali-Nusa Tenggara menempati urutan kedua terbawah untuk urusan jumlah sebaran penduduk. Sebaran penduduk di wilayah ini hanya sebesar 5,54 persen dari penduduk Indonesia. Meskipun demikian, wilayah Bali-Nusa Tenggara tergolong tidak terlalu luas. Sedangkan wilayah Maluku-Papua yang tergolong luas memiliki jumlah sebaran penduduk paling kecil di Indonesia dengan sebaran hanya sebesar 3,17 persen.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa penduduk Indonesia mayoritas mendiami wilayah barat Indonesia. Sebagian kecil penduduk saja yang mendiami wilayah timur Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top