Kurva penawaran pasar dan kurva penawaran individu serta penjelasan

Penawaran pasar adalah gabungan dari seluruh penawaran-penawaran individu yang ada didalam pasar. Penting bagi kita untuk membedakan antara penawaran pasar dan penawaran individu. Pada kesempatan ini akan dijelaskan mengapa perlu dibedakan dan akan diberikan kurva penawaran pasar dan kurva penawaran individu agar kita dapat memahami lebih mendalam.

Pada pembahasan teori permintaan dan penawaran, kita salah satunya membahas bagaimana penawaran individu. Penawaran individu disini maksudnya yaitu penawaran dari satu perusahaan atau satu produsen. Karena satu perusahaan dengan perusahaan lain memiliki kuantitas penawaran barang yang berbeda, maka perlu dibedakan dengan penawaran pasar juga.

Pembahasan teori permintaan dan penawaran tidak berhenti hanya sampai pada membahas teori permintaan dan teori penawaran secara terpisah. Pembahasan sebelumnya berlanjut, hingga sedikit menyinggung terkait keseimbangan pasar atau harga keseimbangan pasar. Masuk pada pembahasan keseimbangan pasar inilah kita harus meluruskan pemahaman kita. Keseimbangan pasar tidak membahas mengenai penawaran dari satu perusahaan, tapi terkait dengan penawaran pasar.

Sebelum berlanjut mempelajari keseimbangan pasar, kita harus sedikit flashback terlebih dahulu pada pembahasan penawaran pasar. Apa yang sebenarnya dimaksud dengan penawaran pasar? Sebaiknya, membaca juga pembahasan sebelumnya mengenai permintaan dan penawaran, agar tidak bingung dengan pembahasan ini.

Penawaran pasar sebagaimana kita katakana diatas bahwa merupakan gabungan dari permintaan individu yang ada di pasar. Katakan saja di dalam pasar atau suatu perekonomian ada 3 perusahaan/produsen. Penawaran pasar merujuk pada gabungan penawaran dari ketiga perusahaan tersebut. Kalau dalam pasar ada 100 produsen, maka penawaran pasar merujuk pada 100 perusahaan tersebut. Sejatinya dalam perekonomian, bisa saja perusahaan yang ada berjumlah banyak bahkan hingga ribuan atau bahkan lebih.

Mari kita dalami bagaimana penawaran tiap perusahaan dapat membentuk penawaran pasar. Kita akan buat ilustrasi dengan contoh 3 perusahaan. Perhatikanlah gambar kurva penawaran pasar dan kurva penawaran individu berikut:

 

Gambar Kurva Penawaran Pasar dan Penawaran Individu

Katakanlah didalam perekonomian ada perusahaan A, perusahaan B, dan perusahaan C. Karakteristik penawaran berdasarkan hukum penawaran yaitu semakin tinggi harga barang, maka akan semakin banyak penawaran barang. Hal itulah yang terlihat dari kurva penawaran diatas dimana, kurva bergerak dari kiri bawah ke kanan atas.

Pada saat harga barang murah, katakanlah seharga 10 rupiah per unit barang, barang yang ingin dijual perusahaan sangat sedikit. Saat harga sebesar 10 rupiah per unit barang, perusahaan A ingin menjual barang hanya sebanyak 10 unit, perusahaan B hanya ingin menjual sebanyak 2 unit barang, sedangakn perusahaan C hanya ingin menjual 3 unit barang.

Bagaimana dengan penawaran pasar dari ketiga perusahaan didalam perekonomian tersebut? Penawaran pasar yang terjadi yaitu sebesar 10 unit barang pada saat harga 10 rupiah per unit barang. Penawaran pasar tersebut terbentuk dari gabungan penawaran perusahaan A sebesar 5, perusahaan B sebesar 2, dan perusahaan C sebanyak 3 unit barang.

Begitu pula pada saat harga barang sebesar 20 rupiah per unit barang, maka penawaran pasar yang terbentuk yaitu sebesar 20 unit barang. Penawaran pasar tersebut datang dari penawaran barang oleh perusahaan A sebesar 10 unit, penawaran perusahaan B sebesar 4 unit, dan penawaran perusahaan C sebesar 6 unit barang.

Sederhanya, penawaran pasar ini jumlah dari penawaran yang dilakukan masing-masing individu perusahaan. Sehingga pada tingkat harga sebesar 30 rupiah per unit barang, penawaran pasar yang terbentuk yaitu sebanyak 30 unit barang. Saat harga barang sebesar 40 rupiah per unit barang, maka penawaran pasar nya yaitu sebanyak 40 unit barang. Begitu juga, saat harga barang senilai 50 rupiah per unit barang, penawaran pasar yang terbentuk sebesar 50 unit barang.

Pembahasan penawaran pasar dan kurva penawaran pasar serta kurva penawaran individu diatas sebenarnya tidak sulit. Karakteristik penawarannya sebenarnya masih sama. Yang penting sebenarnya kita menyadari bahwa ada perbedaan penawaran individu dan penawaran pasar. Pembedaan ini penting, karena yang dimaksud penawaran pada saat membahas keseimbangan pasar yaitu penawaran pasar. Semoga kita tidak keliru memahami pembahasan keseimbangan pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top