Ketimpangan ekonomi di Indonesia meningkat selama 2020

Ketimpangan ekonomi di Indonesia telah meningkat selama tahun 2020. Dampak dari adanya krisis kesehatan akibat covid telah merambah pada munculnya potensi krisis ekonomi. Indikator ekonomi berupa ketimpangan ekonomi di Indonesia telah meningkat. Hal tersebut terlihat dari ukuran ketimpangan berupa indeks gini yang mengalami peningkatan.

Baca juga: Ukuran ketimpangan distribusi pendapatan

Baca juga: Distribusi pendapatan

Indeks gini telah meningkat mencapai 0,385 pada tahun 2020. Tahun sebelumnya nilai indeks gini masih sebesar 0,380. Peningkatan nilai indeks gini tersebut berarti telah terjadi peningkatan ketimpangan ekonomi di Indonesia. Meskipun ketimpangan ekonomi mengalami kenaikan, namun ketimpangan di Indonesia masih tergolong rendah.

Ketimpangan ekonomi ini banyak disumbang oleh daerah perkotaan. Indeks gini untuk daerah perkotaan pada tahun 2020 sebesar 0,399. Telah terjadi peningkatan nilai indeks gini sebesar 0,008 dari tahun sebelumnya sebesar 0,391. Ketimpangan ekonomi di daerah perkotaan lebih tinggi dari daerah pedesaan. Pada tahun 2020 ketimpangan ekonomi pedesaan lebih rendah dari perkotaan yaitu dengan indeks gini sebesar 0,319.  Indeks gini pedesaan pun hanya meningkat sebesar 0,004 dari tahun sebelumnya sebesar 0,315. Sepanjang tahun 2020 telah terjadi peningkatan nilai indeks gini yang lebih tinggi di daerah perkotaan.

Kenaikan nilai indeks gini tersebut menandakan telah terjadi peningkatan ketimpangan ekonomi di Indonesia selama tahun 2020. Kenaikan ketimpangan ekonomi tersebut terjadi baik di perkotaan maupun di pedesaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top