Marginal Product (MP) dan Marginal Revenue Product (MRP)

Pembahasan marginal product (MP) dan marginal revenue product (MRP) berkaitan dengan pembahasan penambahan input produksi. Dalam teori produksi kita menjelaskan bahwa input akan diolah/diubah menjadi output. Jumlah penggunaan input akan mempengaruhi output yang dihasilkan. Pada kesempatan ini kita ingin memfokuskan pembahasan dalam hal tambahan satu input (tenaga kerja) yang membuat perubahan dalam output dan pendapatan perusahaan. Untuk itu kita membahas konsep marginal product (MP) dan marginal revenue product (MRP).

Baca juga: Teori perilaku produsen

Baca juga: Teori produksi jangka panjang

Baca juga: Jangka pendek dan jangka panjang

 

Marginal Product

Marginal product yang dibahas disini yaitu marginal product dari tenaga kerja. Pengertian marginal product dari tenaga kerja adalah tambahan output yang dihasilkan dari penambahan satu unit tenaga kerja. Dari pengertian marginal product diatas yang dilihat adalah dengan menambah satu tenaga kerja mengakibatkan terjadinya sejumlah tambahan output.

Agar lebih memahami bagaimana konsep marginal product, perhatikanlah ilustrasi dalam tabel berikut ini:

Tenaga kerjaTotal Output yang diproduksiMarginal product (MP)HargaMarginal Revenue Product (MRP)
00100
115151001500
235201002000
350151001500
460101001000
5655100500
6672100200
76701000

Pada tabel diatas kita ingin membuat ilustrasi mengenai konsep dan cara perhitungan marginal product. Ada tiga kolom yang perlu diperhatikan untuk membahas marginal product yaitu kolom tenaga kerja, total output, dan marginal product. Bayangkan bila teman-teman mempunyai perusahaan. Awalnya perusahaan belum berjalan dan belum mempunyai tenaga kerja. Sesuai dengan kolom tenaga kerja yang berjumlah 0. Karena tidak ada tenaga kerja dan tidak beroperasi, maka output produksinya tidak ada (kolom produksi total bernilai 0).

Lantas, perusahaan saudara menambah satu orang tenaga kerja agar perusahaan dapat beroperasi. Dengan tenaga kerja yang berjumlah satu ini, perusahaan mampu menghasilkan output sebanyak 15 unit barang. Akibat menambah satu tenaga kerja ini perusahaan mampu menambah jumlah output yang dihasil sebanyak 15 unit barang. Artinya nilai marginal productnya sebesarnya 15 unit barang. Posisi disini yaitu tenaga kerja berjumlah satu, total output produksi sebanyak 15 unit barang dan marginal product juga 15 unit barang.

Marginal product diperoleh dari nilai total output saat ini dikurangi nilai total output sebelum ditambahkan satu tenaga kerja baru. Pada saat menambah satu tenaga kerja menjadi 1 orang, ada tambahan output sebesar 15 unit barang yang dihasilkan.

Lalu perusahaan menambah lagi satu orang tenaga kerja sehingga jumlah tenaga kerja menjadi 2 orang. Perhatikan kolom tenaga kerja berjumlah 2 orang. Dengan tambahan satu orang tenaga kerja tadi sehingga produksi total (output) yang dihasilkan menjadi 35 unit barang. Artinya dua orang tenaga kerja mampu menghasilkan total output sebesar 35 unit barang. Namun yang perlu dicatat bahwa menambah satu orang tenaga kerja baru tadi ternyata membuat kenaikan output sebesar 20 unit barang dari output sebelumnya yang hanya 15 unit barang.. Posisi disini yaitu jumlah tenaga kerja 2 orang, total output yang dihasilkan sebesar 35 unit barang, dan tambahan satu tenaga kerja yaitu tenaga kerja kedua mampu membuat kenaikan jumlah output sebesar 20 unit barang. Nilai tambahan output sebesar 20 unit barang akibat menambah satu tenaga kerja baru inilah yang disebut sebagai marginal product.

Bila tenaga kerja ditambahkan satu lagi sehingga menjadi 3 orang tenaga kerja, maka akan didapatkan total output sebesar 50 barang. Sedangkan akibat tambahan satu tenaga kerja tersebut memberikan tambahan output (marginal product) sebesar 15 unit brang. Begitu seterusnya, saat menambah tenaga kerja menjad 4 akan didapatkan marginal product sebesar 10. Menambah tenaga kerja menjadi 5 orang akan didapatkan marginal product sebesar 5. Menambah tenaga kerja menjadi 6 akan mendapatkan marginal product sebesar 2 unit barang. Hingga menambah tenaga kerja menjadi 7 orang akan didapatkan nilai marginal product sebesar 0.

Bila nilai marginal product diperhatikan dengan teliti anda akan menemukan bahwa nilai marginal product semakin menurun. Pada awalnya saat tenaga kerja berjumlah satu orang, memang marginal productnya mengalami kenaikan. Tapi setelah itu nilai marginal product mengalami penurunan. Saat tenaga kerja ditambah menjadi 2 orang hingga menjadi 7 orang, akan akan melihat nilai marginal product yang terus mengalami penurunan bahkan menjadi nol. Peristiwa menurunnya marginal product ini dikatakan sebagai diminishing return (hasil yang semakin menurun). Diminishing return ini terjadi dalam produksi jangka pendek karena adanya faktor produksi yang bersifat tetap.

 

Marginal Revenue Product

Disini kita akan membicarakan mengenai marginal revenue product (MRP) dari input variabel. Marginal revenue product adalah tambahan pendapatan/penerimaan yang diperoleh perusahaan akibat menggunakan satu input tambahan, ceteris paribus. Bila tenaga kerja misalkan kita anggap sebagai input variabel, MRP membicarakan tambahan pendapatan akibat menambah satu tenaga kerja.

Agar lebih memahami konsep ini, perhatikan kurva marginal revenue product berikut:

Marginal Product dan Marginal Revenue Product - MP - MRP

Pada kurva diatas kita dapat melihat ilustrasi kurva marginal product dan kurva marginal revenue product. Marginal product yang dibahas diatas, secara kurva Nampak pada kurva MP diatas. Nilai marginal product awalnya mengalami kenaikan, lalu selanjutnya mengalami diminishing return.

Baca juga: Produksi marginal dan diminishing return

Saat kita mengilustrasikan perusahaan anda menambah satu input variabel berupa tenaga kerja. Saat tambahan tenaga kerja dilakukan, ada tambahan output yang tercipta. Sebagaimana dijelaskan diatas kita menyebutnya sebagai marginal product. Nah, ketika tambahan output atau marginal product tadi dijual, maka akan diperoleh pendapatan. Tambahan pendapatan yang diperoleh dari menjual tambahan output (marginal product) yang dihasilkan oleh satu tambahan tenaga kerja inilah yang disebut sebagai marginal revenue product.

Dengan demikian, marginal revenue product dirumuskan dari marginal product (MP) dikali dengan harga barang (P). MRP dapat dituliskan dalam bentuk persamaan berikut:

MRP = MP x P

Marginal revenue product (MRP) digambarkan oleh kurva MRP. Secara angka bagaimana kurva MRP ini terbentuk, dapat diperhatikan pada tabel diatas. Kolom marginal revenue product diperoleh dari hasil perkalian marginal product dengan harga barang. Harga barang disini 100 rupiah per unit barang. Oleh karena marginal revenue product berasal dari marginal product dengan harga, maka bentuk kurva marginal revenue product mirip dengan kurva MP. Kurva marginal revenue product (MRP), tampak mengalami kenaikan terlebih dahulu lalu selanjutnya mengalami penurunan.

Pada marginal product dihitung dalam satuan unit barang, sedangkan pada marginal revenue product dihitung dalam satuan rupiah (nilai uang). Saat tambahan satu input variabel seperti tenaga kerja digunakan akan membuat tambahan output tercipta. Hal tersebut dikatakan sebagai marginal product. Marginal product ini bila dihitung secara nilai pendapatan (marginal product dikali dengan harga), maka akan didapatkan nilai marginal revenue product.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top