Penyebab kegagalan pasar

Penyebab kegagalan pasar dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Kegagalan pasar terjadi ketika sumber daya salah dialokasi, atau dialokasikan secara tidak efisien. Hasilnya adalah pemborosan atau nilai yang hilang. Dalam ekonomi riil yang terjadi bahwa pasar bisa saja berjalan tidak sebagaimana mestinya. Ekonomi yang tidak berjalan sesuai dengan mekanisme pasar disini dianggap tidak berjalan efisien. Padahal dalam ekonomi, salah satu poin penting yang harus dilakukan yaitu efisiensi.

Kita perlu mengetahui faktor faktor penyebab kegagalan pasar terjadi. Dari hal tersebut pemerintah dapat mengambil peran dalam perekonomian untuk menyesuaikan agar pasar bisa berjalan kearah yang lebih tepat.

Terdapat empat faktor faktor kegagalan pasar yaitu:

(1) Struktur pasar yang tidak sempurna, atau perilaku non-kompetitif.

(2) Keberadaan barang publik. Baca disini

(3) Adanya biaya dan manfaat eksternal. Hal ini kita sebut sebagai eksternalitas. Baca disini

(4) Informasi yang tidak sempurna. Baca disini

 

Faktor faktor penyebab kegagalan pasar

Apakah sistem pasarnya baik atau buruk? Haruskah pemerintah terlibat dalam ekonomi, atau haruskah ia menyerahkan alokasi sumber daya ke pasar bebas? Sejauh model persaingan sempurna mencerminkan cara pasar benar-benar beroperasi, tampaknya ada beberapa keuntungan yang jelas dari sistem pasar. Ketika kita melonggarkan asumsi dan memperluas diskusi kita untuk memasukkan perilaku non-kompetitif, barang publik, eksternalitas, dan kemungkinan informasi yang tidak sempurna, kita melihat setidaknya peran potensial pemerintah.

Baca juga: Peran Pemerintah dalam perekonomian

Sistem pasar mungkin tidak memberi peserta insentif untuk menimbang biaya dan manfaat dan untuk beroperasi secara efisien. Jika tidak ada eksternalitas atau jika biaya atau manfaat tersebut diinternalisasi dengan benar, perusahaan akan mempertimbangkan manfaat dan biaya sosial dalam keputusan produksi mereka. Dalam keadaan ini, motif laba harus memberikan insentif kepada perusahaan kompetitif untuk meminimalkan biaya dan memproduksi produk mereka dengan menggunakan teknologi yang paling efisien. Demikian pula, pasar input yang kompetitif harus memberi rumah tangga insentif untuk menimbang nilai waktu mereka terhadap nilai sosial dari apa yang dapat mereka hasilkan dalam angkatan kerja.

Namun, pasar masih jauh dari sempurna. Pasar yang berfungsi bebas di dunia nyata tidak selalu menghasilkan alokasi sumber daya yang efisien, dan hasil ini memberikan peran potensial bagi pemerintah dalam perekonomian. Banyak yang meminta keterlibatan pemerintah dalam ekonomi untuk mengoreksi kegagalan pasar — ​​yaitu, membantu pasar berfungsi lebih efisien. Akan tetapi, seperti yang akan Anda lihat, banyak yang percaya bahwa keterlibatan pemerintah dalam perekonomian menciptakan lebih banyak inefisiensi daripada menyembuhkan.

Selain itu, sejauh ini kita hanya membahas kriteria efisiensi, tetapi sistem ekonomi dan kebijakan ekonomi harus dinilai dengan banyak kriteria lain, tidak sedikit di antaranya adalah keadilan, atau kewajaran. Memang, beberapa orang berpendapat bahwa hasil pasar bebas pada akhirnya tidak adil karena beberapa menjadi kaya sementara yang lain tetap miskin.

 

Semoga pembahasan singkat mengenai penyebab kegagalan pasar diatas dapat bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply