Total revenue dan Marginal revenue

Total revenue dan marginal revenue adalah salah satu bagian penting dalam pembahasan ekonomi mikro terutama terkait biaya produksi dan maksimalisasi laba. Total revenue yang dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai penerimaan total. Sedangkan marginal revenue diartikan sebagai penerimaan marginal.

Dalam berbagai tulisan di website ini, ketika membahas laba/profit kita mengatakan bahwa laba diperoleh dari selisih total revenue dikurangi dengan biaya. Sebelumnya kita telah membahas mengenai biaya total. Pada kesempatan ini kita fokus dan mendalami mengenai total revenue.

Baca juga: Biaya Total

Baca juga: Laba/profit

Baca juga: Teori produksi

Pada pembahasan total revenue dan marginal revenue ini kita akan mempelajari lebih dalam mengenai:

  • Pengertian total revenue dan marginal revenue
  • Contoh cara menghitung total revenue, marginal revenue dan laba

 

Pengertian Total revenue dan marginal revenue

Pengertian total revenue adalah jumlah keseluruhan penerimaan yang diperoleh dari penjualan produk yang mereka lakukan. Penerimaan dari penjualan ini dihitung dari harga per unit produk dikalikan dengan jumlah produk yang ingin dijual produsen. Dari gambaran tersebut kita dapat mengetahi cara menghitung total revenue dengan persamaan:

TR = P x q

Dimana:

TR = total revenue (penerimaan total)

P = Harga per unit barang

q = Jumlah barang

Dalam asummsi pasar persaingan sempurna, dianggap bahwa harga barang diasumsikan sama. Produsen tidak punya kemampuan untuk mengatur harga dipasar. Total revenue ini sederhananya dapat kita indikasikan sebagai gambaran keputusan seberapa besar jumlah barang yang ingin diproduksi dan dijual oleh produsen.

Baca juga: Teori penawaran barang

Baca juga: Faktor yang mempengaruhi penawaran

 

Pengertian marginal revenue adalah tambahan penerimaan yang diterima oleh perusahaan ketika menaikkan satu tambahan output yang diproduksi. Kurva marginal revene akan menunjukkan seberapa banyak yang akan perusahaan dapatkan dengan menaikkan output sebesar 1 unit pada setiap tingkat output yang dihasilkan.

Perlu diingat bahwa dalam pelajaraan ini, kita mengasumsikan ekonomi berjalan dalam sistem pasar yang terjadi persaingan sempurna. Pada pasar persaingan, kurva marginal revenue dari perusahaan akan menunjukkan seberapa besar penerimaan yang diperoleh dengan menaikkan satu unit output. Karena pasar persaingan, pada tingkat harga yang akan akan terjadi juga pertemuan antara kurva permintaan dan kurva marginal revenue. Sehingga dapat ditulis sebagai berikut:

P* = d = MR

Produsen tidak punya kemampuan untuk menentukan harga pasar. Sehingga harga (P*), akan sama dengan permintaan (d) dari konsumen, dan sama dengan marginal revenue (MR) yang diperoleh.

 

Contoh cara menghitung total revenue, marginal revenue, dan laba

Pada bagian ini kita ingin membuat ilustrasi perhitungan total revenue, marginal revenue dan laba. Contoh perhitungan total revenue dan marginal revenue serta perhitungan laba dapat digambarkan pada tabel berikut:

Jumlah OutputTFCTVCMCP=MRTotal Revenue (Pxq)TC (TFC+TVC)Profit (TR-TC)
010015010-10
1101010151520-5
2101551530255
31020515453015
410301015604020
510502015756015
61080301590900

Sumber: Case, Fair, Oster

 

Pada tabel diatas, kita melihat ada beberapa kolom yaitu:

  1. Jumlah output (q)
  2. Total Fixed Cost (TFC)
  3. Total Variable Cost (TVC)
  4. Marginal Cost (MC)
  5. Marginal Revenue (MR)
  6. Total Revenue (TR)
  7. Total Cost (TC)
  8. Profit

Bila anda tidak paham dengan maksud dari kolom-kolom tersebut, bisa membaca terlebih dahulu pada link teks diatas.

Pada persamaan diawal kita menghitung total revenue dari harga barang dikali dengan jumlah barang. Oleh sebab itu, kolom total revenue sebenarnya didapatkan dari hasil perkalian kolom jumlah output (q) dengan kolom harga barang.

Baca juga: Teori penawaran: hubungan jumlah output dengan harga barang

Baca juga: Teori perilaku produsen (penentuan jumlah output produksi)

Sesuai dengan sistem pasar, marginal revenue yang dicari oleh produsen harus sama dengan harga pasar. Sehingga nilai marginal revenue disini dibuat sama dengan harga pasar. Oleh karenanya, kolom harga (P) = MR (marginal revenue).

Pada pelajaran mengenai laba/profit, kita menjelaskan bahwa laba diperoleh dari total revenue dikurangi dengan total biaya (TC). Total biaya sendiri didapatkan dari penjumlahan biaya tetap total (TFC) ditambah biaya variabel total (TVC). Sehingga kolom TC didapatkan dari penjumlahan kolom TFC+TVC. Sehingga, ketika kolom total revenue (TR) dikurangi kolom TC (biaya total) maka akan diperoleh hasil pada kolom laba/profit.

 

Sekian pembahasan singkat mengenai total revenue dan marginal revenue ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top