10 Cara mencari jurnal ekonomi

Ada 10 cara mencari jurnal ekonomi yang akan dipaparkan pada kesempatan ini. 10 cara ini akan membantu anda menemukan referensi jurnal ekonomi baik yang nasional maupun internasional. Referensi seperti jurnal, buku, prosiding, atau sumber lainnya sangat penting bagi kita. Terutama saat melakukan melakukan penulisan artikel ilmiah/karya ilmiah seperti skripsi, tesis dan publikasi artikel ilmiah. Karena kebutuhan akan jurnal sangat penting, perlu bagi kita untuk memahami bagaimana cara mencari jurnal.

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa cara mencari jurnal ekonomi yang dapat teman-teman coba. Baik itu jurnal yang diakui secara nasional maupun internasional. Pembahasan ini akan 10 cara mencari jurnal ekonomi ini akan dibahas dalam 2 bagian yakni mencari jurnal nasional dan mencari jurnal internasional.

Cara mencari jurnal nasional ekonomi

Cara mencari jurnal nasional ekonomi bisa dilakukan paling tidak dengan 5 website berikut. Penggunaan 5 jurnal akan sangat membantu teman-teman menemukan referensi dari jurnal nasional yang tepat.

1. Google Scholar

Selain menggunakan layanan pencarian google (google search), teman-teman wajib menggunakan layanan google scholar sebagai wadah untuk mencari referensi/sumber ilmiah secara langsung. Pada penggunaan google search (mesin pencari google), teman-teman akan diarahkan pada banyak alternatif pencarian seperti link youtube, link website, bahkan ppt dan pdf. Hal ini akan berbeda bila teman-teman menggunakan layanan google scholar. Pencarian yang dilakukan pada google scholar, akan langsung memberikan hasil berupa referensi ilmiah (umumnya file pdf atau link ke artikel jurnal ilmiah). Jadi bila ingin mencari referensi ilmiah, akan sangat mantap bila menggunakan google scholar.

Untuk dapat menggunakan google scholar, cukup kunjungi website scholar.google.com dan kemudian silahkan melakukan pencarian biasa seperti pada mesin pencari google.

Baca juga: Cara menggunakan google scholar

 

2. Garuda

Meskipun tidak sepopuler google scholar, namun salah satu alternatif mencari jurnal ekonomi yakni memanfaatkan layanan Garuda dari Kemendikbudristek. Untuk menggunakan Garuda kemendikbud dapat dilakukan:

Melalui website https://garuda.kemdikbud.go.id/

Pada halaman pencarian, dapat diketikkan judul artikel yang diinginkan.

3. Sinta Kemendikbud

Cara mencari jurnal ekeonomi selanjutnya bisa dilakukan melalui website Sinta Kemendikbud melalui alamat

sinta.kemendikbud.go.id

Terdapat banyak pilihan pencarian jurnal yang dapat dilakukan melalui website sinta kemendikbud seperti berdasarkan penulis, jurnal, departemen, dan lainnya. Dari website sinta kemendikbud sebenarnya tidak hanya dapat mengecek jurnal, namun juga berbagai macam buku dan profil pada dosen beserta karyanya.

 

4. Perpustakaan Online / Repository

Salah satu cara untuk mencari jurnal ekonomi yaitu menggunakan perpustakaan online / repository. Pada perpustakaan-perpustakaan yang ada di kampus terkadang memiliki database jurnal yang dihasilkan oleh civitas akademik dikampus tersebut. Yang paling umum, jurnal-jurnal yang dihasilkan tersebut akan disimpan dalam repository yang dimiliki oleh kampus. Repository ini terkadang dibuka untuk umum yang berarti bebas diakses oleh siapa saja. Namun tidak jarang dibatasi hanya untuk kalangan internal kampus saja.

5. Website Jurnal

Dengan cara mengunjungi langsung website jurnal ekonomi. Semisal: langsung mengunjungi website Jurnal Ilmu Ekonomi di https://risetekonomi.com/jurnal/index.php/jie atau Journal of Finance, Economics and Business di https://risetekonomi.com/jurnal/index.php/feb

Dengan mengunjungi langsung website jurnal kita dapat memperoleh jurnal ekonomi yang mereka terbitkan. Hasil terbitan dari website jurnal ini biasanya akan diindeks oleh mesin pencari seperti google scholar. Sehingga ketika kita mencari di google scholar, terkadang diarahkan langsung ke website jurnal tempat artikel tersebut diterbitkan.

Cara mencari jurnal internasional ekonomi

Cara mencari jurnal internasional ekonomi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kita dapat menemukan banyak jurnal ekonomi dengan memanfaat beberapa situs penting berikut ini:

6. DOAJ

Cara mencari jurnal ekonomi yang terindeks secara internasional teman-teman dapat memanfaatkan layanan dari DOAJ. DOAJ sendiri pada dasarnya merupakan lembaga pengindeks jurnal internasional, sehingga teman-teman dapat memanfaatkan database jurnal yang mereka indeks. Sehingga pencarian jurnal ekonomi internasional sangat memungkinkan untuk dilakukan melalui DOAJ. Caranya, cukup dengan mengunjungi website DOAJ:

https://doaj.org/

pada Halaman depan akan langsung tersedia menu untuk melakukan pencarian.

 

7. Proquest

Proquest ini bisa diibaratkan seperti google atau google scholar, yang merupakan mesin pencari jurnal. Sobat studiekonomi.com yang ingin mencari jurnal internasional bidang ekonomi dapat menggunakan layanan proquest. Bentuknya benar-benar mirip mesin pencari namun hasil yang ditampilkan adalah karya-karya ilmiah seperti jurnal, prosiding dan lainnya. Layanan ini pada dasarnya berbayar. Namun bagi sivitas akademika, biasanya layanan ini bisa dinikmati secara gratis di kampus (khusus kampus yang telah berlangganan). Biasanya kampus-kampus besar telah berlangganan layanan dari proquest.

Untuk mengakses proquest dapat dilakukan melalui website proquest.com

Untuk mendapatkan layanan gratis di kampus, biasanya proquest.com bisa diakses menggunakan wifi kampus. Praktek pada beberapa kampus besar, proquest hanya dapat diakses dari dalam kampus dan menggunakan wifi kampus. Mengakses proquest dari luar kampus pada dasarnya bisa dilakukan, hanya tidak dibahas disini.

 

8. Science Direct

Untuk mengakses science direct bisa langsung menuju ke halaman https://www.sciencedirect.com/

Science direct memiliki fungsi yang mirip dengan proquest

9. Emerald

Emerald juga tidak jauh berbeda dari science direct.

Untuk mengakses emerald dapat melalui website emerald.com

Yang perlu diingat bahwa proquest, science direct, dan emerald pada dasarnya layanannya berbayar agar bisa diakses. Namun pada beberapa kampus, layanan ini tersedia gratis melalui wifi kampus atau harus diakses dari dalam kampus.

10. Website jurnal internasional ekonomi

Pada website jurnal internasional ini sama penjelasannya dengan poin 5. Hanya saja disini kita langsung mengakses pada publisher jurnal internasional. Namun sayangnya, pada banyak layanan jurnal internasional bereputasi tidak dapat diakses dengan mudah dan gratis, banyak website jurnal internasional bereputasi harus menggunakan layanan berbayar untuk dapat mengaksesnya. Alternatifnya bisa menggunakan proquest, science direct atau emereld. Biasanya publish jurnal internasional bereputasi banyak bernaung disana atau sudah terindeks di database proquest.

Jurnal ekonomi yang telah didownload, dapat dimanfaatkan untuk bahan referensi penulisan skripsi, tesis atau artikel. Jangan lupa menggunakan mendeley untuk mengatur referensi dan daftar pustaka pada tulisan karya ilmiah teman-teman.

Be the first to comment

Leave a Reply