Perubahan Keseimbangan Pasar

Perubahan keseimbangan pasar akibat pergeseran permintaan (Bagian 2): Akibat perubahan harga barang lain

Pada part 2 ini, kita akan mempelajari bagaimana perubahan keseimbangan pasar akibat pergeseran permintaan. Jangan lupa untuk membaca juga part 1 agar memahami secara utuh. Penyebab terjadinya pergeseran yang kita bahas pada bagian 2 ini yaitu akibat perubahan harga barang lain. Perubahan harga barang lain akan menyebabkan terjadinya pergeseran permintaan, baik pada jenis barang substitusi maupun komplementer.

 

a.       Perubahan keseimbangan pasar karena pergeseran permintaan: akibat perubahan harga barang lain yang bersifat komplementer

Kita awali pembahasan kita dengan melihat bagaimana pergeseran permintaan akibat perubahan harga barang lain yang bersifat komplemener dapat mempengaruhi perubahan keseimbangan pasar. Untuk memudahkan penjelasan, mari kita perhatikan kurva perubahan keseimbangan pasar berikut:

Perubahan Keseimbangan pasar akibat pergeseran permintaan-karena kenaikan harga lain yang bersifat barang komplementer

Pada kurva diatas kita dapat melihat anak panah warna orange yang menunjukkan arah ke kiri yang berarti bahwa kurva permintaan bergeser ke kiri. Pergeseran kurva permintaan kekiri menandakan terjadinya penurunan jumlah permintaan barang. Pergeseran kurva permintaan ke kiri ini disebabkan oleh perubahan harga barang lain yang bersifat komplementer. Harga barang lain dalam hal ini mengalami kenaikan harga.

Kita ambil contoh sedang mengamati permintaan bensin. Jumlah permintaan bensin ternyata juga dipengaruhi oleh harga barang lain, sebutkan saja dipengaruhi harga kendaraan (motor atau mobil). Hubungan bensin dan kendaraan bermotor dalam hal ini bersifat komplementer. Ketika harang barang lain (kendaraan) mengalami kenaikan, maka jumlah permintaan barang lain (kendaraan) akan berkurang. Karena jumlah kendaraan berkurang, maka jumlah permintaan bensin juga akan mengalami penurunan.

Pada kurva diatas ingin memperlihatkan bahwa kenaikan pada harga barang lain juga akan menyebabkan penurunan pada jumlah permintaan barang yang ingin dibeli pada jenis barang yang bersifat komplementer. Hal inilah yang ditunjukkan pergeseran kurva permintaan dari D0 ke D1.

Keseimbangan pasar pada awalnya pada titik E0 dengan tingkat harga keseimbangan sebesar 6.000 per barang. Jumlah permintaan dan penawaran barang pada keseimbangan awal (E0) yaitu sebanyak 6 barang. Karena terjadinya penurunan jumlah permintaan menjadi sebanyak 2 barang pada tingkat harga 6.000 membuat jumlah penawaran kelebihan. Sehingga tercipta kondisi kelebihan penawaran.

Kondisi kelebihan penawaran ini akan menyebabkan terjadinya penurunan jumlah permintaan dan juga penurunan harga barang. Hal inilah yang membuat titik keseimbangan pasar berubah dari E0 ke keseimbangan baru pada E1. Harga barang mengalami penurunan dari semula 6.000 menjadi 4.000 per barang. Jumlah penawaran dan permintaan juga mengalami penurunan menjadi sebanyak 4 barang.

 

Perubahan keseimbangan pasar karena pergeseran permintaan akibat perubahan pendapatan : PAGE 1

Perubahan keseimbangan pasar karena pergeseran permintaan akibat perubahan harga barang lain : PAGE 2

Perubahan keseimbangan pasar karena perubahan penawaran : PAGE 3

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top