Perubahan Keseimbangan Pasar

Perubahan keseimbangan pasar dalam pelajaran ekonomi mikro dapat terjadi akibat perubahan dalam permintaan atau penawaran. Pada pembahasan keseimbangan pasar, kita memahami bahwa keseimbangan pasar terjadi pada saat jumlah permintaan barang oleh konsumen sama dengan jumlah penawaran barang oleh produsen. Dalalm kondisi ini dianggap bahwa jumlah permintaan, jumlah penawaran dan harga keseimbangannya cenderung untuk tidak berubah.

Namun, disatu sisi kita juga memahami kuantitas barang yang diminta dan kuantitas barang yang ditawarkan mempunyai faktor yang masing-masing mempengaruhi. Apabila terjadi kondisi perubahan pada faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, hal ini tentu akan menyebabkan terjadinya perubahan keseimbangan pasar.

Sebelum membahas perubahan keseimbangan pasar lebih dalam, terdapat beberapa materi persyaratan yang harus sudah dipahami sebelumnya. Materi tersebut yaitu:

  1. Mekanisme pasar tentang teori permintaan dan penawaran
  2. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
  4. Permintaan pasar dan permintaan individu
  5. Penawaran pasar dan penawaran individu
  6. Keseimbangan pasar (harga keseimbangan)
  7. Kelebihan permintaan dan penawaran

Topik perubahan keseimbangan pasar ini menjadi materi terakhir dalam rangkaian pembahasan mekanisme pasar (teori permintaan dan penawaran). Karena merupakan materi terakhir, sehingga dituntut untuk mengetahui topik-topik pembahasan sebelumnya, agar tidak kebingungan memahami pembahasan ini. Saya anggap teman-teman yang melanjutkan membaca tulisan ini sudah memahami semua pembahasan sebelumnya. Bila belum memahami, silahkan membaca kembali topik sebelumnya.

Perubahan keseimbangan pasar dapat terjadi disebabkan karena pergeseran permintaan atau pergeseran penawaran. Mengingat banyaknya variabel yang dapat mempengaruhi pergeseran permintaan dan penawaran, maka pembahasan disini akan dibuat dalam 2 topik pembahasan:

  1. Perubahan keseimbangan pasar akibat pergeseran permintaan
  2. Perubahan keseimbangan pasar akibat pergeseran penawaran

 

Perubahan keseimbangan pasar akibat pergeseran permintaan (Bagian 1)

Ketika terjadi pergeseran kurva permintaan, maka sejatinya hubungan antara harga barang dan jumlah permintaan barang berubah. Permintaan pasar yang bergeser, tentu membuat kurva keseimbangan pasar akan ikut berubah pula. Dengan adanya pergeseran kurva permintaan dari sisi konsumen, tentu hal tersebut akan direspon pula oleh produsen sehingga jumlah penawaran barang akan berubah.

Tapi bagaimana perubahan keseimbangan pasar ini terjadi dan bagaimana terbentuknya keseimbangan pasar yang baru? Untuk memaparkan lebih detail, disini akan dibahas satu per satu faktor yang menyebabkan perubahan keseimbangan pasar. Pada part 1 ini, saya ingin menjelaskan mengenai bagaimana perubahan pendapatan menyebabkan pergeseran kurva permintaan dan akhirnya membuat keseimbangan pasar berubah.

 

a.       Perubahan keseimbangan pasar karena pergeseran permintaan: akibat kenaikan pendapatan

Perhatikanlah kurva perubahan keseimbangan pasar karena pergeseran permintaan yang disebabkan oleh kenaikan pendapatan berikut ini:

Perubahan Keseimbangan pasar akibat pergeseran permintaan yang dipicu oleh kenaikan pendapatan

 

  1. Kondisi keseimbangan pasar yang awal

Pada mulanya, keseimbangan pasar terjadi pada titik E0, dengan tingkat harga 4.000 per barang dan kuantitas permintaan ataupun penawaran sebesar 4 barang. Kurva permintaan awal yaitu pada kurva permintaan D0. Sedangkan permintaan awalnya pada kurva penawaran S.

  1. Kenaikan pendapatan

Perubahan terjadi pada pendapatan. Asumsi kita, pada barang yang diamati yaitu pada jenis barang normal. Pada kurva diatas kita mengasumsikan terjadinya kenaikan pendapatan. Inti yang terjadi disini bahwa telah terjadi kenaikan pendapatan. Kenaikan pendapatan lantas membuat kurva permintaan bergeser ke kanan (panah orange menunjukkan bahwa kurva permintaan bergeser ke kanan). Karena terjadi kenaikan pendapatan, sehingga membuat kurva permintaan bergeser dari D0 menjadi kurva permintaan baru yaitu pada kurva permintaan D1.

  1. Kelebihan Permintaan

Ingat bahwa pada kondisi keseimbangan pasar yang awal, harga barang yaitu sebesar 4.000 per barang. Karena terjadi kenaikan pendapatan membuat pergeseran kurva permintaan ke kanan di D1. Pergeseran kurva permintaan kekanan menunjukkan bahwa kenaikan pendapatan membuat konsumen ingin membeli lebih banyak barang. Pada contoh kurva diatas, jumlah barang yang ingin dibeli bertambah yaitu dari sebesar 4 barang menjadi 8 barang.

Namun sayangnya, jumlah barang yang ingin dijual oleh produsen pada tingkat harga 4.000 masih sejumlah 4 barang. Artinya, disini telah terjadi kelebihan permintaan. Jumlah barang yang diminta lebih besar dari jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen.

  1. Perubahan keseimbangan pasar (terbentuk keseimbangan pasar yang baru)

Implikasi dari kelebihan permintaan yaitu terjadinya kenaikan harga. Karena jumlah permintaan oleh konsumen lebih besar dari jumlah barang yang tersedia, maka konsumen akan bersaing untuk mendapatkannya. Konsumen yang ingin membayar lebih mahal lah yang akan mendapatkan barang. Hal ini menjadikan terjadinya kenaikan harga. Karena harga naik, jumlah konsumen yang ingin membeli akan berkurang.

Sedangkan dari sisi produsen, dengan adanya kenaikan harga barang maka produsen akan menawarkan barang lebih banyak. Dengan demikian jumlah penawaran barang meningkat.

Kenaikan harga barang akan terjadi sampai pada tingkat harga keseimbangan yang baru yaitu di E1. Kenaikan jumlah penawaran juga akan menyesuaikan hingga pada titik keseimbangan pasar yang baru. Jumlah penawaran yang baru menjadi sebanyak 6 dengan tingkat harga sebesar 6.000.

Jumlah permintaan barang yang semula 4, karena adanya kenaikan pendapatan ingin menambah permintaan jadi 8 pada tingkat harga 4.000. Namun karena barang yang ingin dijual produsen hanya tersedia 4, maka jumlah permintaan oleh konsumen harus melakukan beberapa penyesuaian yaitu bersedia membayar lebih mahal sehingga harga meningkat jadi 6.000 per barang. Sehingga hal itu mendorong produsen untuk meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan menjadi 6. Dan jumlah permintaan yang ingin dibeli konsumen juga mengalami kenaikan menjadi 6 barang. Sehingga penyesuaian kedua yaitu dari jumlah barang. Konsumen tidak meningkatkan jumlah permintaan jadi 8 barang, tapi hanya meningkatkan permintaan menjadi 6 barang.

 

Perubahan keseimbangan pasar karena pergeseran permintaan akibat perubahan pendapatan : PAGE 1

Perubahan keseimbangan pasar karena pergeseran permintaan akibat perubahan harga barang lain : PAGE 2

Perubahan keseimbangan pasar karena perubahan penawaran : PAGE 3

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top