Trickle Down Effect dan Trickle Up Effect

Trickle Down Effect dan Trickle Up Effect

Trickle Down Effect dan Trickle Up Effect adalah istilah yang sering muncul pada pembahasan pembangunan ekonomi. Teori trickle down efffect dan trickle up effect membicarakan bagaimana pembangunan merembes/mengalir dari pihak ke pihak lainnya.

Trickle Down Effectbagi sebagian orang mungkin sudah sering didengar. Namun arti dari kata itu sendiri kadang masih samar-samar bagi sebagian orang. Untuk trickle up effect mungkin lebih jarang dibahas. Pada kesempatan ini kita akan mengulas mengenai kedua istilah tersebut.

 

Pengertian Trickle Down Effect

Pengertian Trickle down effect adalah suatu pembangunan (dalam pembangunan secara tradisional) yang dipandang sebagai fenomena dimana percepatan pembangunan ekonomi yang diukur dengan pertumbuhan PDB. Pertumbuhan tersebut pada akhirnya akan memecahkan berbagai masalah seperti pengangguran, kemiskinan, dan ketimpangan distribusi pendapatan.

Baca juga: PDB dan Pertumbuhan ekonomi 

Baca juga: Pengangguran

Baca juga: Ketimpangan distribusi pendapatan

 

  • Tokoh Pemikir

Pemikiran-pemikiran awal mengenai teori pembangunan ini diusung oleh banyak ekonom seperti Harrod Domar, Arthur Lewis, W W Rostow, Hirschman, Rosenstein Rodan, Nurkse, dan Leibenstein. Pemikiran-pemikiran mereka tertuang dalam buku yang ditulis Arthur Lewis, The Theory of Economic Growth.

Dalam buku ini, kerangka teori melahirkan konsep pertumbuhan dan pertumbuhan ekonomi sebagai tujuan utama dari setiap kebijakan ekonomi di negara mana pun. Sepanjang dasawarsa 1950-an, pembangunan ekonomi selalu diidentikkan dengan pertumbuhan ekonomi.

Ekonomi pembangunan sebagai cabang ilmu ekonomi yang relatif baru. Memusatkan perhatian pada faktor-faktor penentu pertumbuhan ekonomi.

 

Cara Kerja Trickle Down Effect

Didalam Teori trickle-down effect dijelaskan bahwa kemajuan yang didapatkan oleh sekelompok masyarakat pada gilirannya akan sendirinya menetes ke bawah. Sehingga bisa menciptakan lapangan kerja serta berbagai peluang ekonomi yang akan menumbuhkan perekonomian diberbagai sektor dan demi terciptanya distribusi hasil-hasil pertumbuhan ekonomi yang merata.

Teori trickle down effect tersebut memberikan implikasi bahwa pertumbuhan ekonomi akan disertai oleh aliran vertikal dari penduduk yang kaya kepada penduduk miskin yang terjadi dengan sendirinya.

Dengan demikian, Manfaat dari pertumbuhan ekonomi akan dirasakan terlebih dahulu oleh penduduk kaya. Dan selanjutnya penduduk miskin mulai memperoleh manfaat pada saat penduduk kaya mulai membelanjakan hasil yang telah diterimanya dari pertumbuhaan ekonomi.

Teori trickle down menganggap, jika kebijakan ditujukan untuk memberi keuntungan bagi kelompok orang-orang kaya. Maka keuntungan itu akan menetes kebawah kepada golongan miskin. Melalui perluasan kesempatan kerja, distribusi pendapatan melalui upah dan perluasan pasar.

Baca juga: Ukuran distribusi pendapatan

Baca juga: Jenis-jenis pasar

Teori trickle-down effect menjelaskan bahwa akan ada efek menetes kebawah dari orang kaya kepada orang miskin. Yaitu pada saat orang kaya membelanjakan hasil pertumbuhan ekonomi yang dinikmatinya yang selanjutnya manfaatnya akan dirasakan juga oleh kelompok miskin. Dengan demikian, maka pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap penuruan angka kemiskinan merupakan efek tidak langsung oleh adanya aliran vertikal dari penduduk kaya ke penduduk miskin.

Hal ini berarti juga bahwa kemiskinan akan berkurang dalam skala yang sangat kecil. Bila penduduk miskin hanya menerima sedikit manfaat dari total manfaat yang ditimbulkan dari adanya pertumbuhan ekonomi.

Kondisi ini dapat membuka peluang terjadinya peningkatan kemiskinan sebagai akibat dari meningkatnya ketimpangan pendapatan. Yang disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang lebih memihak penduduk kaya dibanding penduduk miskin.

 

Strategi Pertumbuhan Ekonomi

Pada mulanya upaya pembangunan Negara Sedang Berkembang (NSB). Diidentikkan dengan upaya meningkatkan ukuran spesifik dari pendapatan nasional riil yang dinikmati masyarakatnya. Yaitu pendapatan per kapita atau populer disebut strategi pertumbuhan ekonomi. Pada awalnya pandangan tradisional membedakan antara negara maju dengan NSB dalam hal pendapatan masyarakatnya.

Baca juga: PDB riil dan PDB nominal

Baca juga: Perbedaan PDB dan PNB

Terdapat sebuah keyakinan bahwa pada konsep trickle down effect ini menganggap dengan ditingkatkannya pendapatan per kapita diharapkan supaya masalah-masalah ekonomi lain semisal kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan distribusi pendapatan pada Negara Sedang Berkembang (NSB) otomatis akan dapat terpecahkan. Misalkan melalui apa yang dikenal dengan istilah “dampak merembes ke bawah” (trickle down effect).

Baca juga: Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi

Indikator berhasil tidaknya pembangunan semata-mata dilihat dari meningkatnya pendapatan nasional bruto (PNB) atau pendapatan domestik bruto (PDB) riil per kapita. Dalam arti tingkat pertumbuhan pendapatan nasional dalam harga konstan (setelah disesuaikan dengan tingkat harga) harus lebih tinggi dibandingkan tingkat pertumbuhan penduduk.

 

TRICKLE UP EFFECT

Trickle up ffect atau Efek menetes keatas atau efek air mancur adalah teori ekonomi yang digunakan untuk menggambarkan keseluruhan kemampuan masyarakat kelas menengah untuk mendorong dan mendukung perekonomian.

Teori ini didirikan oleh John Maynard Keynes (1883-1946)

Hal ini kadang-kadang disebut ekonomi Keynesian. Dimana pertumbuhan ekonomi meningkat ketika pemerintah menurunkan pajak di kelas menengah dan meningkatkan pengeluaran pemerintah.

Teori trickle up mengemukakan, bahwa pembangunan yang ditujukan untuk kepentingan golongan miskin. Pada akhirnya akan mengalirkan manfaat itu kepada golongan kaya di lapisan atas. Alasannya, orang-orang miskin yang secara umum mempunyai marginal propensity to consume (kecenderungan pengeluaran untuk konsumsi dari tambahan pendapatan yang diterima) yang lebih besar.

Penduduk miskin cenderung mengeluarkan bagian dari pendapatannya yang lebih besar dari setiap tambahan pendapatan yang diterima dibandingkan dengan bagian pengeluaran orang kaya dari tambahan pendapatannya. Maka tambahan penerimaan orang-orang miskin itu akan meluaskan pasaran bagi barang-barang yang dihasilkan oleh orang-orang kaya.

Baca juga: Peran pemerintah

Baca juga: Marginal Propensity to Consume (MPC)

Baca juga: Teori Konsumsi

 

Yang Kaya Tambah Kaya

Dengan demikian dapat dibayangkan, kalau pembangunan yang dilakukan untuk kepentingan golongan miskin saja dapat mengalirkan manfaatnya kepada golongan kaya (trickle up). Apalagi kalau kebijakan itu tidak ditujukan untuk kepentingan golongan miskin. Maka akan memberikan manfaat pula bagi orang kaya.

Menurut sebuah artikel di Pusat Ekonomi Progresif: “Libertarian bersaing bahwa kemakmuran yang dihasilkan di puncak ekonomi terakhir akan menetes ke orang lain. Tapi masalah dengan ekonomi laissez faire murni adalah bahwa kekayaan yang dihasilkan di atas tidak menetes ke masyarakat lain sampai batas yang memadai .

Teori redistribusi kreatif Keynes dan implementasinya oleh FDR dan Perang Dunia II mulai memecahkan masalah ini. Dan membuat resirkulasi kekayaan dari bawah ke atas, yang dapat disebut sebagai “tetesan.”

Orang dapat membantah bahwa itu menetes efeknya lebih realistis, yaitu dengan membantu orang miskin maka efeknya akan melonjak ke orang kaya dan makmur.

Namun sejumlah ekonom menunjukkan bahwa uang yang mengalir dari orang miskin ke makmur jauh lebih banyak daripada uang yang mengalir dari orang kaya kepada orang miskin.

Efek trickle-up tersebut menyatakan bahwa kebijakan yang menguntungkan kelas menengah secara langsung akan meningkatkan produktivitas masyarakat secara keseluruhan. Dengan demikian manfaat tersebut akan “menetes” bagi orang kaya.

Pada tanggal 17 Februari 2009, Obama menandatangani undang-undang Pemulihan Amerika dan Reinvestasi Act, paket stimulus ekonomi senilai $ 787 miliar yang ditujukan untuk membantu pemulihan ekonomi dari resesi di seluruh dunia yang terus berlanjut. Tindakan tersebut mencakup peningkatan belanja pemerintah federal untuk perawatan kesehatan, infrastruktur, pendidikan, berbagai keringanan pajak dan insentif, dan bantuan langsung kepada individu.

Para pendukung trickle-up effect berpendapat bahwa pertumbuhan cenderung meningkatkan ketidaksetaraan; dan itu membuat orang kaya lebih baik daripada orang miskin. Kenaikan ketidaksetaraan yang meningkat cenderung meningkatkan kemiskinan. Aghion dan Bolton, memajukan pentingnya kebijakan redistribusi, untuk memperbaiki secara permanen efisiensi ekonomi.

 

Apakah Indonesia sebagai Contoh trickle down effect atau Trickle Up Effect?

Perkembangan distribusi pendapatan Indonesia yang dinikmati oleh kelompok 40% penduduk termiskin mengalami penurunan dari 20,92 tahun 2002 menjadi 19,2 pada tahun  2006.

Namun Ironisnya bahwa penurunan kue nasional yang dapat dinikmati oleh kelompok 40% penduduk termiskin. Justru diikuti kenaikan kue nasional yang dapat dinikmati oleh 20% kelompok terkaya. Yaitu dari semula 44,7% menjadi sebesar 45,7%.

Singkatnya, ada indikasi kuat adanya trickle up effect. Efek “muncrat” ke atas, dalam proses pembangunan di Indonesia. Teori dampak menetes ke bawah (trickle down effect) agaknya tidak berlaku untuk negeri kita menurut Mudrajad Kuncoro.

 

Demikian pembahasan singkat mengenai Trickle Down Effect dan Trickle Up Effect, semoga bermanfaat.

 

Be the first to comment

Leave a Reply