Jenis-Jenis Pasar

Jenis-jenis pasar yang menjadi arena terjadi interaksi antar pelaku ekonomi terdiri atas 3 jenis pasar. Pasar adalah dimana terjadinya interaksi/transaksi antara penjual dan pembeli. Pasar dapat merujuk pada tempat secara fisik namun bisa juga pasar itu tidak nampak secara fisik. Kita akan membahas jenis-jenis pasar dimana transaksi antara penjual dan pembeli terjadi.

Dalam ilmu ekonomi, terminology pasar tidak disempitkan hanya sebatas pasar yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari. Bagi sebagian orang mungkin memahami pasar hanya sebatas pasar dalam bentuk fisik yang dilihat semisal pasar tradisional yang menjual ikan, sayur, dan lainnya. Atau mungkin pasar modern seperti mall, supermarket. Pasar tidak sebatas itu. Contoh pasar yang sering kita pahami tersebut hanya salah satu jenis pasar dalam pandangan ilmu ekonomi.

Bila kita memahami bagaimana interaksi antar pelaku ekonomi terjadi, kita akan dapat mengetahui jenis-jenis pasar. Terdapat 4 pelaku ekonomi yang kita kenal dalam perekonomian yaitu rumah tangga, produsen, pemerintah dan sektor luar negeri. Bila anda membaca tulisan kami sebelumnya tentang interaksi 4 sektor ekonomi tersebut, anda akan mendapatkan gambaran bagaimana interaksi ekonomi antar mereka. Transaksi/Interaksi diantara 4 pelaku ekonomi tersebut terjadi dalam 3 jenis pasar.

Jenis-jenis pasar yang menjadi arena dimana ke 4 pelaku ekonomi tersebut berinteraksi terdiri atas:

  • Pasar Output
  • Pasar Input
  • Pasar Uang

Pada kesempatan ini kita akan mengulas mengenai ketiga jenis pasar tersebut. Namun bila yang anda mencari tulisan mengenai macam-macam struktur pasar yang membahas pasar persaingan sempurna, monopoli, oligopoli, dan monopolistik dapat dibaca pada link berikut:

Baca juga: Macam-Macam Struktur Pasar

Pada tulisan ini akan fokus pada 3 jenis pasar yang membahas pasar output, input dan pasar uang.

 

Pasar Output (Pasar Barang dan Jasa)

Pasar output adalah pasar yang menjual output atau hasil produksi dari perusahaan. Output yang dihasilkan perusahaan dapat berupa barang dan jasa. Oleh karenanya, pasar output juga dikenal dengan istilah pasar barang dan jasa.

Interaksi yang terjadi pada pasar output yaitu dimana perusahaan berperan untuk menjual barang hasil produksinya. Produsen mempunyai aktivitas untuk menghasilkan barang dan jasa. Barang dan jasa tersebut dijual di pasar output. Dengan menjual barang tersebut produsen mendapatkan keuntungan.

Pihak yang akan membeli barang dan jasa yang dijual di pasar output bisa berasal dari pelaku ekonomi seperti rumah tangga, pemerintah, sektor luar negeri, dan perusahaan lain. Rumah tangga membeli untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga itu sendiri sehingga mendapatkan utilitas. Pemerintah membeli barang dan jasa karena dibutuhkan aktivitas atau kebutuhan pemerintah dalam menjalankan perannya. Sektor luar negeri membeli karena butuh, aktivitas pembelian yang dilakukan pihak luar negeri dapat dianggap sebagai kegiatan impor. Sektor luar negeri juga dapat menjual outputnya ke perekonomian dalam negeri yang dikenal dengan kegiatan ekspor. Sedangkan perusahaan lain dapat membeli barang dan jasa karena akan digunakan sebagai input produksi perusahaan mereka.

Aktivitas pembelian oleh konsumen dan penjualan oleh produsen di pasar output, dijelaskan lebih detail dalam pembahasan teori permintaan dan penawaran barang.

 

Pasar Input (Pasar Faktor Produksi)

Pasar input adalah pasar dimana ditransaksikan input yang digunakan dalam proses produksi. Input yang digunakan dalam produksi dikenal juga dengan istilah faktor produksi. Pada pasar input (pasar faktor produksi) akan terjadi permintaan untuk faktor produksi dan penawaran dari faktor produksi. Salah satu faktor produksi yang penting yaitu tenaga kerja. Sehingga yang paling melekat dengan pasar input disini yaitu permintaan dan penawaran tenaga kerja. Sehingga dalam beberapa pembagian jenis pasar terkadang kita mendapati jenis pasar ini dikerucutkan hanya dengan pasar tenaga kerja.

Transaksi yang terjadi pada pasar input misalnya yaitu terjadinya permintaan dan penawaran tenaga kerja. Permintaan tenaga kerja dapat berasal dari perusahaan, pemerintah maupun sektor luar negeri. Ketika ketiga sektor tersebut membutuhkan tenaga kerja maka mereka akan meminta tenaga kerja yang berasal dari sektor rumah tangga. Sebaliknya, rumah tangga sebagai penyedia faktor produksi (sebagai tenaga kerja), rumah tangga akan melakukan penawaran tenaga kerja.

Baca juga: Perbedaan pasar input dan output

Baca juga: Permintaan tenaga kerja

Baca juga: Penawaran tenaga kerja

 

Pasar Uang (Pasar Keuangan)

Pada pasar uang atau pasar keuangan yang terjadi salah satunya adalah rumah tangga akan membeli saham atau obligasi dari perusahaan. Sektor rumah tangga berperan sebagai penyedia uang. Motif bagi rumah tangga melakukan hal tersebut yaitu untuk mendapatkan penghasil. Sumber-sumber pendapatan rumah tangga dapat bersalah dari bunga bila membeli obligasi atau mendapatkan deviden bila membeli saham. Sedangkan perusahaan yang meminjam atau mendapatkan dana akan digunakan untuk kegiatan perusahaannya.

Pada dasarnya aktivitas meminjam atau meminjamkan dana ini dapat dilakukan oleh berbagai pihak. Ilustrasi pada paragraph sebelumnya hanya salah satu contoh. Pihak yang meminjamkan dana bukan hanya rumah tangga saja, bisa juga dilakukan perusahaan, pemerintah bahkan luar negeri. Sedangkan yang meminjam dana juga bukan hanya perusahaan, tapi juga bisa dilakukan oleh pemerintah dan sektor luar negeri.

Kegiatan pada pasar uang pada intinya mengarah pada aktivitas meminjam dana atau meminjamkan dana. Aktivitas meminjam atau meminjamkan dana ini dilakukan dan dikoordinasikan pada lembaga keuangan. Lembaga keuangan disini seperti bank komersial, asuransi, lembaga simpan-pinjam, dan lembaga keuangan lainnya.

 

Jenis-jenis pasar dimana terjadinya transaksi ekonomi diantara para pelaku ekonomi pada dasarnya terjadi pada pasar output, pasar input dan pasar uang. Semoga pembahasan ketiga jenis pasar tersebut memberikan kita wawasan bagaimana interaksi ekonomi terjadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top