Keseimbangan produksi dalam jangka panjang

Pada kesempatan ini kita akan membahas keseimbangan produksi. Keseimbangan produksi disini mengulas bagaimana equilibrium yang terjadi dalam produksi. Kita akan melihat kondisi biaya dan kuantitas produksi pada kondisi ekuilibrium. Pembahasan keseimbangan produksi menjadi rangkaian-rangkaian akhir dari pembahasan teori produksi dan biaya produksi. Penting untuk memahami berbagai konsep dalam pembahasan teori produksi dan biaya produksi sebelum membaca pembahasan ini.

Baca juga: Teori produksi jangka pendek

Baca juga: Teori produksi jangka panjang

Baca juga: Teori biaya produksi jangka pendek

Baca juga: Teori biaya produksi jangka panjang

Dalam konsep ini kita menjelaskan keseimbangan produksi dalam sistem pasar persaingan. Pada keseimbangan produksi yang dihadapi perusahaan, terjadi pada saat sebagai berikut:

SRMC = SRAC = LRAC  …………….. (1)

Adapun SRMC = Short Run Marginal Cost. SRMC ialah biaya marginal dalam jangka pendek (Baca disini). SRAC = Short Run Average Cost. SRAC ialah biaya rata-rata jangka pendek (Baca disini). LRAC = Long Run Average Cost. LRAC ialah biaya rata-rata jangka panjang (Baca disini).

Dari persamaan diatas dapat dipahami bahwa kondisi keseimbangan terjadi saat biaya marginal jangka pendek sama dengan biaya rata-rata jangka pendek sama dengan biaya rata-rata jangka panjang. Biaya rata-rata yang dimaksud disini yaitu biaya total rata-rata. Pada pembahasan mengenai biaya rata-rata jangka panjang (LRAC) dikatakan bahwa LRAC berasal dari serangkaian/kumpulan dari biaya rata-rata jangka pendeknya (SRAC).

Baca juga: Biaya rata-rata jangka pendek (SRAC)

Baca juga: Biaya rata-rata jangka panjang (LRAC)

Baca juga: Biaya Marginal jangka pendek (SRMC)

LRAC ini terbentuk dari SRAC minimum. Serangkaian biaya rata-rata jangka pendek yang minimum inilah yang pada akhirnya membentuk LRAC. Yang perlu diketahui juga bahwa disini kita menganggap bahwa kurva LRAC berbentuk U. Kondisi keseimbangan produksi sebagaimana yang rumuskan persamaan 1 diatas sejatinya terjadi pada titik dimana kurva LRAC berpotongan dengan kurva SRAC dan sekaligus berpotongan juga dengan kurva SRMC pada titik tersebut.

Baca juga: Kurva U dalam biaya produksi rata-rata

Pada saat keseimbangan produksi ini terjadi, kondisi perusahaan tidak mendapatkan kelebihan laba/profit. Perlu diingat bahwa konsep profit disini yaitu profit ekonomi. Profit disini bukan berarti tanpa untung, perusahaan sejatinya sudah mendapatkan keuntungan hanya sebatas tingkat pengembalian normal (normal return rate). Sehingga keseimbangan produksi dihadapi saat harga sebagai berikut:

P = SRMC = SRAC = LRAC  …………….. (2)

Dengan demikian, kKondisi keseimbangan produksi terjadi pada saat tingkat harga pasar sebesar P.

Baca juga: Tingkat pengembalian normal (normal return rate)

 

Semoga pembahasan singkat tentang keseimbangan produksi ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top