Permasalahan ekonomi makro

Permasalahan ekonomi makro sangat berbeda dengan masalah ekonomi yang dibahas dalam pembahasan ekonomi mikro. Pada pembahasan yang lalu, kita membedakan ekonomi mikro untuk  permasalahan ekonomi pada tingkat individu atau rumah tangga, sedangkan ekonomi makro mengarah pada tingkat agregat. Dengan adanya perbedaan sudut pandang ini tentu masalah ekonomi mikro dan makro akan berbeda.

Pada kesempatan ini kita ingin fokus membahas tentang permsalahan ekonomi makro. Untuk menguraikan hal ini, kita akan membagi pembahasan kedalam dua bagian yaitu:

  • Permasalahan ekonomi makro
  • Contoh masalah yang dibahas dalam ekonomi makro

 

Permasalahan ekonomi makro

Ekonomi makro berkaitan dengan ekonomi secara keseluruhan atau agregat. Masalah yang dibahas dalam ekonomi makro akan berhubungan dengan ekonomi secara agregat. Sehingga masalah yang dibahas dalam ekonomi makro tidak berkaitan dengan kegiatan ekonomi secara individu, melainkan berkaitan kegiatan ekonomi secara keseluruhan.

Baca juga: Ilmu Ekonomi

Baca juga: Ekonomi Mikro

Baca juga: Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

 

Pada umumnya terdapat 3 permasalahan ekonomi makro yang menjadi fokus pembahasan yaitu:

  1. Pertumbuhan ekonomi dan Pendapatan Nasional (agregat output)

Permasalahan ekonomi makro yang menjadi fokus pertama yaitu pendapatan nasional dan pertumbuhan ekonomi. Pendapatan nasional atau agregat output adalah kuantitas barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatu perekonomian dalam periode tertentu. Sehingga, agregat output akan engambarkan kondisi bisnis yang terjadi dalam perekonomian tersebut. Agregat output ini dalam bahasa sehari-hari lebih sering disebut dengan istilah produk domestik bruto (PDB).

Produk Domestik Bruto (PDB) akan memperlihatkan keseluruhan output yang ada dalam suatu perekonomian dalam satu periode tertentu. Persentase perubahan PDB dari waktu ke waktu akan digambarkan dalam bentuk  pertumbuan ekonomi.

Baca juga: Produk Domestik Bruto dan Pertumbuhan Ekonomi

Baca juga: Perbedaan PDB nominal dan PDB Riil

 

  1. Inflasi dan tingkat harga

Permasalahan ekonomi makro yang menjadi pembahasan yaitu tingkat harga. Yang dilihat dari tingkat harga ini yaitu terjadi inflasi. Inflasi adalah kondisi kenaikan tingkat harga secara umum. Inflasi menjadi permasalahan ekonomi makro yang diperhatikan pemerintah. Sebab, inflasi pada tingkat tertentu dapat membawa dampak negative bagi masyarakat.

Baca juga: Pengertian dan konsep Inflasi

Baca juga: Faktor Penyebab inflasi

Baca juga: Hiperinflasi

 

  1. Pengangguran

Tingkat pengangguran adalah persentase angkatan kerja yang menganggur. Tingkat pengangguran menjadi salah satu indicator atas kondisi kesehatan ekonomi. Keberadaan pengangguran menggambarkann pasar tenaga kerja secara agregat tidak dalam kondisi keseimbangan.

Pengangguran ini menjadi salah satu permasalahan ekonomi makro yang penting diperhatikan. Isu mengenai pengangguran seringkali menjadi topik hanya bagi banyak stakeholder seperti ekonom hingga politisi.

Baca juga: Pengangguran

Baca juga: Permintaan tenaga kerja

Baca juga: Penawaran tenaga kerja

 

Contoh masalah yang dibahas dalam ekonomi makro

Contoh masalah yang dibahas dalam ekonomi makro adalah pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan pengangguran.

Data dan Grafik Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2001-2019

Pertumbuhan ekonomi Indonesia sejak tahun 2001 hingga 2019 terus mengalami pertumbuhan ekonomi yang positif. Dengan pertumbuhan ekonomi yang positif artinya ekonomi Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Jumlah output yang dihasilkan oleh bisnis yang berjalan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan.

Baca selengkapnya: Pertumbuhan ekonomi Indonesia 20 tahun terakhir sejak 2001 hingga 2019

Baca selengkapnya: Perkembangan ekonomi Indonesia

Kondisi pertumbuhan ekonomi ini begitu diperhatikan sebab dapat dijadikan ukuran untuk melihat terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi yang positif dapat membawa berbagai dapat positif pada berbagai indikator ekonomi lainnya.

 

Demikian pembahasan singkat mengenai permasalahan ekonomi makro. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top